Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat Duit

Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat Duit Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat DuitNgeblog itu ibarat menanam pohon, kita perlu menentukan tujuan dari kita menanam pohon tersebut, apakah hanya sebagai hiasan untuk mempercantik halaman rumah atau ingin dibudidayakan lalu dijual untuk mendapatkan uang / duit. Jika kita sudah menentukan tujuan dari kita menanam pohon, selanjutnya tentu saja kita harus merawat pohon tersebut hingga menjadi besar. Begitu pula dengan blog, diawal ngeblog kita dituntut untuk menentukan tujuan dari kita ngeblog, apakah untuk mencari uang di internet atau sekedar hobi untuk mengisi waktu luang.

Untuk yang ngeblog hanya sekedar hobi, mungkin tidak ada aturan pasti yang harus dikerjakan, namun jika tujuan Anda membuat blog adalah untuk mendapatkan uang dari internet, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan dan hal-hal inilah yang akan kita bahas di artikel ini.

Karena artikel ini saya khususkan untuk Blogger Pemula, jadi isi dari artikel juga akan saya bahas secara lengkap dari dasar, dengan tujuan agar bisa dengan mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Lantas apa yang akan Anda pelajari di artikel ini ?

  1. Belajar Cara Membuat Blog
  2. Belajar Mendesain Blog
  3. Belajar SEO
  4. Belajar Mempromosikan Blog
  5. Belajar Memonetisasi Blog

Jadi, secara garis besar yang akan kita pelajari di artikel ini adalah belajar bagaimana cara membuat blog, belajar untuk mendesain blog agar tampil menarik, menerapkan SEO di Blog, belajar bagaimana cara yang baik dan benar dalam mempromosikan blog, dan yang terakhir adalah kita akan belajar memonetisasi blog untuk mendapatkan uang dari internet menggunakan media blog.

Baca Juga
Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat Duit Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat DuitDaftar Blogger Indonesia Yang Sukses

Artikel ini berisi informasi mengenai daftar blogger terbaik dan terkenal dari indonesia yang sudah sukses ngeblog.

1. Belajar Cara Membuat Blog


Sebelum membuat blog, pertama kita harus menentukan terlebih dahulu platform blogging apa yang akan kita gunakan. Sekedar informasi saja bahwa saat ini ada setidaknya 5 Platform Blogging yang paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia. Kelima platform blogging yang saya maksud tersebut adalah :

  • Blogger
  • Wordpress
  • Tumblr
  • Typepad
  • Mywapblog

Dari kelima platform blogging diatas, pertanyaan yang mungkin muncul dibenak para blogger pemula tentunya adalah 'mana yang platform blogging yang terbaik / apa perbedaan dari kelima platform blogging tersebut'. Akan saya jawab singkat saja, dari kelima platform blogging diatas yang terbaik menurut saya adalah Blogger, sementara untuk perbedaanya terletak pada UI (user interface) selebihnya sebenarnya sama saja.

Lanjut, setelah memilih Platform, selanjutnya kita akan belajar membuat blog. Bagi sebagian orang mungkin aktifitas membuat blog bukanlah pekerjaan yang susah untuk dilakukan, namun tidak demikian untuk para pemula. Untuk itulah disini saya juga akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog di blogger (khusus untuk pemula).

  1. Silahkan Anda buka https://www.blogger.com/
  2. Masukkan email dan password akun Gmail, jika belum punya buat dulu disini
  3. Cari lalu klik tombol yang bertuliskan 'New Blog'
  4. Masukkan judul dan alamat blog
  5. Klik 'Create Blog' untuk menyelesaikan pembuatan blog baru

Jika tutorial buat blog diatas dirasa terlalu susah untuk dipahami, silahkan Anda baca versi lengkap cara buat blog di blogger yang disertai dengan gambar dan video disini Cara Membuat Blog.

2. Belajar Mendesain Blog


Sampai sini saya anggap Anda sudah memiliki setidaknya 1 blog. Selanjutnya kita akan belajar cara untuk mendesain blog baru tersebut agar tampil lebih keren dan menarik untuk dilihat. Ada banyak manfaat yang akan kita dapat dari mendesain blog, diantaranya adalah :

  • Membuat pengunjung betah berlama-lama
  • Menurunkan bounce rate
  • Meningkatkan pageview blog

Intinya kita akan mendapatkan banyak manfaat jika kita berhasil mengedit template blog menjadi lebih keren. Namun perlu diakui memang untuk mengeditnya juga bukanlah pekerjaan yang mudah, kita dituntut untuk benar-benar menguasai paling tidak dasar dari bahasa HTML / CSS.

Namun jangan khawatir, karena kini sudah ada situs yang menyediakan tool untuk membuat template secara online, jadi tidak perlu pusing-pusing belajar bahasa pemrograman HTML / CSS. Situs yang saya maksud adalah DoTemplate, di situs ini kita bisa mengeksport template yang kita buat ke dalam berbagai platform blog, mulai dari Blogger, Wordpress atau bisa juga ke dalam format HTML. Untuk mendesain template di DoTemplate sebenarnya sangat mudah, karena kita hanya perlu drag and drop saja, namun untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

  1. Kunjungi situs http://www.dotemplate.com/


    Tunggu beberapa saat hingga halaman utama terload sempurna, jika sudah selanjutnya silahkan Anda klik 'Browse all editable templates'.

  2. Pilih template yang ingin Anda edit


    Tersedia setidaknya 24 Tenplate Blog gratis yang bisa Anda edit sesuai selera. Pada contoh ini saya akan mengedit template nomor 1.

  3. Manfaatkan semua tool yang ada untuk mengedit template


    Ada banyak sekali tool yang disediakan, silahkan Anda coba satu-satu dan buatlah template sesuai dengan selera Anda.

  4. Simpan template dengan cara mengeksportnya ke Platform yang Anda ingingkan


    Pada menu Save / Download, silahkan Anda eksport template yang baru saja Anda buat tersebut ke platform yang Anda inginkan, terdapat 4 pilihan, yaitu HTMl, Wordpress, Blogger dan Joomla.

Jika sudah di download, selanjutnya silahkan pasang template tersebut di Blog, dengan cara mengupload file template yang baru saja Anda download, khusus untuk format HTML Anda bisa langsung mengupload melalui Index agar bisa tampil di halaman homepage.

3. Belajar SEO


Untuk mendapatkan banyak pengunjung, tidak cukup hanya mengandalkan kualitas artikel dan tampilan blog yang menarik, ada satu hal penting yang harus Anda lakukan yaitu mengoptimalkan SEO pada Blog. Bagi pemula tentu saja akan bingung, sebenarnya apa itu seo ? sederhananya, pengertian seo adalah sebuah teknik yang digunakan oleh Blogger untuk mengoptimalkan blog miliknya agar bisa berada di urutan pertama pada halaman hasil pencarian Mesin Pencari seperti Google / Bing. Kalau blog kita berada di urutan pertama, maka otomatis pengunjung juga pasti akan datang dengan sendirinya.

Secara garis besar, Teknik SEO dibedakan menjadi 2 jenis :

  • Teknik SEO On-Page
  • Teknik SEO Off-Page

Dari namanya saja, saya yakin Anda sudah bisa membedakan tujuan atau cara pengunaan dari kedua teknik SEO tersebut, bukan ? yap, SEO On-Page bisa kita artikean sebagai sebuah teknik mengoptimalkan blog yang dilakukan dari dalam blog, sementara untuk SEO Off-Page mempunyai arti kebalikannya yaitu sebuah teknik mengoptimalkan blog dari luar blog.

Pertanyaanya adalah bagaimana cara menggunakan SEO On-Page dan Off-Page yang baik dan benar ? Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa Anda temukan di artikel berikut ini Panduan Cara SEO Yang Benar Untuk Blog Baru.

4. Belajar Mempromosikan Blog


Setelah membuat, mendesain dan men-seo-kan blog, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan Blog, cara mepromosikan blog sebenarnya tidaklah terlalu susah selama kita mengetahui tempat yang tepat untuk melakukan promosi. Tempat yang saya maksud disini adalah :

  • Social Media (Facebook, Twitter & Google)
  • Social Bookmark (Infogue, Lintas, Populerkan)
  • Blog Directories (Dmoz, Blogtopsites, Blogcatalog)

Dan tentunya masih banyak tempat-tempat lain yang bisa Anda manfaatkan untuk memrpomosikan blog secara gratis. Namun, perlu perlu dicatat dalam mempromosikan, sebaiknya dilakukan secara natural / wajar, hal tersebut untuk mencegah blog kita ditandai spam oleh Google.

5. Belajar Memonetisasi Blog


Jika pengunjung blog dirasa sudah cukup banyak, maka itu artinya kita sudah siap untuk memonetisasi / menguangkan blog tersebut. Sebagai seorang pemula, tentu akan dibuat bingung mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari blog ? Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena disini saya akan menjelaskan cara apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari blog.

  • Pay Per Click (PPC)

    Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia untuk mendapatkan uang dari Blog adalah dengan ikut serta dalam program PPC, dan jika ditanya 'apa program ppc yang terbaik saat ini' tentu saja jawabannya adalah Google AdSense. Karena nilai per klik yang akan Anda peroleh bisa sangat besar, bahkan bisa mencapai 3$ per klik. Itu artinya jika ada orang yang klik iklan di blog Anda 1x saja, maka Anda akan mendapatkan uang sebesar $3 atau setara dengan Rp. 30.000 lebih. Jika tertarik dan ingin mencoba PPC Google AdSense, silahkan pelaajri caranya disini Belajar Google AdSense.

  • Pay Per Review (PPR)

    Cara mendapatkan duit dari blog selanjutnya adalah dengan membuka jasa Pay Per Review (PPR). Untuk menerapkan jas ini tentu saja Anda harus memiliki blog dengan jumlah pengunjung yang banyak, jika masih kesulitan untuk mendapatkan pengunjung silahkan baca Cara Meningkatkan Pengujung Blog. Selain banyaknya jumlah pengunjung, niche blog yang Anda pilih juga menentukan, apakah akan ada banyak orang yang memakasi jasa Anda atau tidak. Untuk sekali review, biasanya blogger / pemilik blog akan mematok harga 100 ribu - 1 juta.

Selain kedua cara mendapatkan uang dari blog yang saya sebutkan diatas, tentu saja masih banyak cara-cara lain yang tak kalah ampuh untuk mendapatkan uang dari Blog, seperti misalnya menjual eBook di blog.

Kesimpulan


Jika artikel tentang tips sukses belajar cara ngeblog diatas kita ambil kesimpulannya, maka hal-hal yang perlu Anda lakukan agar dapat duit dari Blog adalah dengan cara membuat, mendesain, men-seo-kan, mempromosikan dan yang terakhir adalah memonetisasi blog.

Masalahnya, banyak blogger pemula yang merasa bahwa dirinya telat untuk memulai (andai aku mulai ngeblog dari dulu, pasti persaingan tak seketat sekarang), padahal menurut saya pribadi tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Itu saja dari saya, akhir kata saya ucapakan selamat belajar ngeblog dan semoga sukses.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sukses Belajar Cara Ngeblog Untuk Pemula Agar Dapat Duit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel