Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online

strategi pemasaran online. Selamat membaca.



Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk mensukseskan penjualan barang secara online di internet dengan berbagai cara atau teknik penjualan yang beragam pula. Kabar baiknya, hampir seluruh media yang ada di internet bisa kita gunakan berpomosi secara gratis. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Google atau bisa juga memanfaatkan forum online sebagai media promosi online secara gratis.

Selain media sosial dan forum, masih banyak media atau tempat lain yang juga bisa digunakan untuk mempromosikan barang yang ingin Anda jual, seperti misalnya :


Itu untuk medianya, sementara untuk teknik atau cara promosi online ada banyak juga, sebagai contoh yang paling populer dan banyak digunakan para internet marketer untuk menjual produk mereka secara mudah dan cepat adalah dengan teknik cross selling, yaitu sebuah teknik menjual produk dua sekaligus dengan cara menawarkan produk lain yang berkaitan dengan produk utama.

Jadi, bisa diambil kesimpulan sementara bahwa tips sukses cara menjual barang secara online adalah dengan memilih tempat / media promosi yang tepat dan menggunakan teknik menjual yang tepat pula.

Dan tentunya kunci sukses menjual barang secara online tidak cukup dengan kedua hal tersebut, dimana kita juga butuh apa yang dinamakan Riset Produk, Riset Persaingan, SEO dan SMO, karena tanpa riset, promosi dan optimasi maka bisnis online kita bisa dibilang tidak akan mampu bersaing dengan para kompetitor.

Namun Anda tak perlu khawatir karena di artikel saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara melakukan itu semua, mulai dari riset produk & persaingan serta cara SEO & SMO toko online.

Baik, langsung saja berikut adalah tahapan dalam belajar cara menjual barang secara online agar produk yang dijual bisa laris manis dan terjual sampai habis.

Baca Juga
Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara OnlineTips Sukses Bisnis Toko Online

Pelajari rahasia bagaimana cara mengoptimalkan toko online, baik dari segi Fitur, Tampilan maupun SEO.

anda bisa langsung membaca tips tahap 2, jika anda sudah memiliki / menentukan barang yang akan dijual.

Tahap 1 : Penentuan Produk


Riset Produk


Ada banyak cara yang bisa kita gunakan, dalam melakukan riset barang atau produk, salah satu contohnya adalah menggunakan bantuan Tool dari Google. Yap, yang saya maksud adalah dengan Adwords Keyword Planner, sebuah tool online gratis dari Google yang akan menampilkan jumlah pencarian sebuah kata kunci atau dalam hal ini adalah produk / barang dalam rentang waktu 1 bulan.

Sederhananya, Adwords Keyword Planner akan membantu kita dalam memilih produk apa yang laris di pasaran, karena seperti yang saya kataka diatas, tool ini bisa menampilkan jumlah pencarian suatu produk / barang.

Jika Anda ingin menggunakan Adwords Keyword Planner sebenarnya tidak terlalu susah, karena hanya perlu mengunjungi situs Google Adwords, lalu memilih silahkan pilih tool Keyword Planner untuk menggunakannya. Untuk tutorial lebih jelasnya (disertai gambar tahap demi tahap) silahkan pelajari disini Cara Riset Kata Kunci.

Riset Persaingan


Setelah menentukan produk / barang apa yang akan Anda jual, sekarang saatnya mencari tahu berapa jumlah persaingan dari produk yang ingin Anda jual tersebut, fungsinya antara lain adalah untuk menyiapkan budget untuk marketing, karena semakin tinggi persaingan tentu akan semakin besar pula budget yang harus dikeluarkan, baik untuk promosi (SMO) maupun optimasi (SEO).

Nah, lantas bagaimana cara mencari tahu jumlah persaingan pada sebuah produk ? Lagi-lagi kita akan menggunakan bantuan Google dan tool yang akan kita gunakan kali ini adalah Google Search. Untuk langkah-langkahnya kurang lebih seperti ini.

  1. Buka https://www.google.com


    Jika, halaman Google sudah terbuka, selanjutnya masukkan nama / jenis produk yang Anda jual, lalu tambahkan kata jual, jadi formatnya seperti ini 'jual + produk'. Sebagai contoh disini saya menjual meja laptop protable dan ingin mencari tahu jumlah persaingannya, maka di Google saya ketikkan 'jual meja laptop protable'.

  2. Ubah start=10 menjadi start=990


    Untuk mengetahui berapa jumlah persaingan yang sesungguhnya, kita perlu mengubah url pada hasil pencarian Google, karena jika dilihat dari hasil pencarian 'About 326,000 results' jumlah tersebut bukanlah jumlah persaingan yang sebenarnya, maka kita perlu mengubah urlnya dari start=10 menjadi 990.

Setelah mengetahui jumlah persaingan, lantas apa yang harus kita lakukan ? tentunya kita harus melakukan optimalisasi dari segi SEO maupun SMO, yang nanti akan kita bahas pada tahap 2.

Riset Nama Toko Online


Untuk nama toko online ada dua jenis pilihan nama yang bisa Anda guanakan, yang pertama adalah menggunakan nama Brand dan yang kedua adalah EMD (Exact Match Domain). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

EMD memudahkan Anda dalam mendapatkan ranking 1 di Google, namun tidak memberikan loyalitas pada pengunjung.
Brand akan mningkatkan loyalitas pengujung, namun kekurangannya akan lebih sulit bersaing di SERP.

Jika Anda seoarang dropshipper atau reseller, maka EMD adalah pilihan yang tepat, namun jika Anda adalah seorang pebisnis, pengusaha atau wirausaha yang membuat produk sendiri, maka domain dengan nama Brand adalah pilihan terbaik untuk nama toko online Anda.

Tahap 2 : Optimalisasi Toko Online


SEO


Saya yakin sebagian dari Anda, khususnya para Blogger atau IMer, tentu sudah sangat paham tentang apa itu SEO, bukan ? yap, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazation atau jika diterjemahkan secara harfiah artinya adalah Optimalisasi Mesin Pencari, sebuah teknik yang digunakan untuk mencapai ranking 1 di Google.

Jika Toko Online diibaratkan tanaman, maka SEO ini ibarat pupuk, yang akan menyuburkannya, jadi bisa dibilang Toko Online tanpa SEO itu 90% akan mati (baca: sepi).

Pertanyaannya, bagaimana cara seo toko online ? apakah seo toko online sama dengan cara seo blog pada umumnya ? kalau menurut saya pribadi, ada beberapa perbedaan dari SEO Blog dan SEO Toko Online, jika SEO Blog dikatakan bahwa Content is King, maka untuk SEO Toko Online tidak berlaku seperti itu, karena King pada SEO Toko Online adalah Backlink bukan Content.

Sementara untuk cara mendapatkan backlink, tidak akan saya jelaskan lagi, karena Anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya tentang Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas atau bisa juga Download Ebook Belajar SEO Otodidak yang saya bagikan secara gratis beberapa hari yang lalu.

SMO


SMO (Social Media Optimization) adalah teknik mengoptimalkan media sosial untuk menarik pengunjung ke situs kita atau dalam hal ini adalah web toko online kita. Sebenarnya, SEO & SMO sangat berkaitan erat, artinya SMO secara tidak langsung juga bisa meningkatkan SEO, karena dalam dunia SEO juga dikenal istilah Social Signal, dan untuk meningkatkan Social Signal diperlukan SMO atau teknik optimalsiasi media sosial.

Jika dilihat dari segi manfaat, selain untuk mendatangkan pengunjung ke toko online kita, SMO juga memiliki fungsi lain, seperti :

  • Memudahkan pengenalan produk baru
  • Meningkatkan popularitas brand
  • Mencari feedback dari konsumen
  • Meningkatkan kepercayaan

Saat ini ada 3 situs media sosial besar yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan online dan social signal pada SEO, yaitu Facebook, Twitter dan Google+.

Dari ketiga media sosial tersebut, saya pribadi lebih sering menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk, alasannya sederhana, selain karena banyaknya jumlah pengguna Facebook, alasan lain karena Facebook seolah benar-benar memberikan fasilitas kepada paa penjual online yang ingin menjual barang dagangannya di media sosial ini.

Fasilitas yang saya maksud adalah Facebook Fanpage dan Facebook Store, kabar baiknya, kedua fitur ini bisa Anda dapatkan secara gratis, hanya saja untuk Facebook Store kita memerlukan bantuan pihak ketiga untuk membuatnya.

Tahap 3 : Mindset


Inovasi dan Kreasi


Tidak selamanya bisnis berjalan lancar adakalanya penjualan menurun, pada titik inilah diperlukan inovasi, baik dari produk (jasa / barang) yang Anda jual, maupun dari segi penjualan atau pemasaran (marketing).

Dalam bisnis ada saatnya kita harus berhenti sejenak untuk melihat celah mana yang harus dilewati.

Stay Foolish And Keep Hungry For Success


Kata inspirasi ini merupakan kunci sukses bisnis dari almarhum Steve Job, yang jika diterjemahkan kurang lebih sebagai berikut 'tetap semangat untuk selalu 'haus' dalam mencapai kesuksesan'. Makna dari kata tersebut sebenarnya mengajarkan kita untuk tidak cepat puas dan jangan sekali-kali merasa hebat, karena dari situlah sumber kegagalan.

Terus Mencoba dan Pantang Menyerah


Dalam bisnis kegagalan adalah hal yang biasa dan wajar, jadikan kegagalan pelajaran yang berharga dan jangan sampai kegagalan membuat Anda berhenti dan menyerah, coba dan coba lagi, sampai kegagalan tersebut lelah untuk datang kembali.

Integritas


Ada satu hal yang bisa meruntuhkan kesuksesa dalam sekejap yaitu Integritas. Jadi, tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa integritas itu mahal harganya, dan itu benar adanya.



Itulah, Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online yang bisa saya baikan kepada Anda, jika disimpulkan maka cara untuk bisa bertahan dalam bisnis atau usaha adalah dengan memilih produk dan cara promosi yang tepat serta selalu berusaha membuat inovasi dan menjaga integritas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel