Tips Sukses Belajar Cara Memasarkan Produk Yang Baik

Tips Sukses Belajar Cara Memasarkan Produk Yang Baik Tips Sukses Belajar Cara Memasarkan Produk Yang Baik

Dalam bisnis / usaha apapun itu, marketing selalu memegang peranan penting, atau dengan kata lain, suatu bisnis / usaha tidak akan bisa menjadi besar tanpa adanya pemasaran produk yang baik. Jadi, peran pemasaran disini bisa dibilang sangat vital, tanpanya sebuah usaha tidak akan bisa berjalan dan bertahan.

Masalahnya, marketing / pemasaran biasanya membutuhkan dana yang besar, namun tidak bagi saya. Karena sebenarnya ada cara memasarkan produk dengan biaya murah tapi tetap efektif dan efisien.

Nah, di artikel inilah saya akan berbagi tips sukses belajar bagaimana cara memasarkan produk yang baik untuk meningkatkan penjualan.

Apa yang akan Anda pelajari disini ? Di artikel ini Anda akan belajar strategi pemasaran online dan offline.

Mungkin langsung saja, mari kita bahas satu per satu cara memasarkan produk yang baik.

Baca Juga
Tips Sukses Belajar Cara Memasarkan Produk Yang Baik Tips Sukses Belajar Cara Memasarkan Produk Yang BaikCara Memasarkan Barang Online

Pelajari lebih dalam tentang cara menjual barang secara online dengan Media Sosial dan SEO.

Gunakan kalimat yang pursuasif


Bukan hanya harus pursuasif, tapi juga harus jelas dan bisa dengan mudah ditangkap oleh pendengar, karena orang tidak akan bisa menerima informasi yang Anda sampaikan jika intonasi dan kalimat yang diucapkan tidak jelas dan susah dipahami.

Mudahnya, Anda bisa mencontoh gaya bicara para motivator terkenal, seperti mario teguh. Usahakan jangan sampai nada bicara Anda monoton dan terdengar monoton.

Untuk melatih dan mengetahui apakah suara Anda sudah cukup baik atau belum, salah satu caranya adalah dengan merekam suara, lalu putar ulang, dan dengarkan apakah sudah baik atau belum, selain itu minta juga pendapatan teman terdekat Anda.

Kenali siapa target atau pasar Anda


Menjual produk tanpa mengetahui siapa yang menjadi pelanggan Anda adalah kesalahan fatal dalam pemasaran. Karena jika kita mempromosikan produk kepada orang yang salah maka, sekeras apapun usaha Anda dalam menjual produk tersebut akan berakhir sia-sia (tidak terjadi closing) karena pada daasrnya mereka tidak membutuhkan apa yang Anda jual.

Untuk itulah, penting dan wajib hukumnya untuk melakukan identifikasi siapa-siapa saja yang menjadi target pasar Anda.

Sebagai contoh jika Anda menjual produk di bidang fashion baju korea, maka target pasar Anda adalah anak muda usia belasan tahun yang notabenya fashion mereka berkiblat pada artis-artis korea.

Contoh lagi jika Anda menjual mobil sport dengan harga ratusan juta, lantas jangan sampai Anda mempromosikannya kepada karyawan yang berpenghasilan kurang dari 5 juta per bulan, karena itu bukan target yang tepat.

Pahami produk yang akan Anda pasarkan


Penguasaan atau pemahaman yang baik tentang produk yang Anda jual, secara tidak langsung akan membantu meningkatkan penjualan. Karena dengan pemahaman yang baik, maka setiap jawaban yang Anda berikan akan semakin memantapkan calong pelanggan untuk segera membeli. Beda ceritanya jika Anda sama sekali tidak memahami produk yang dijual, jika ada pelanggan yang bertanya, maka bisa dipastikan jawaban Anda tidak akan membuat pelanggan puas dan yakin, justru hal tersebut membuat mereka ragu untuk membeli produk Anda.

Semakin luas pehaman akan produk yang Anda jual, maka semakin mudah pula Anda bisa menjualnya, karena dengan pemahaman yang baik, maka Anda bisa menjelaskan kelebihan dari produk tersebut dan sekaligus bisa memberikan solusi dari kekurangan produk yang Anda pasarkan tersebut.

Gunakan teknik pemasaran produk yang tepat


Tidak cukup mengandalkan pemahaman produk saja, lebih dari itu Anda juga harus menguasai teknik atau strategi pemasaran produk yang baik dan benar, karena jika teknik pemasaran yang Anda gunakan tidak tepat, maka jangan marah jika tidak terjadi banyak closing.

Secara garis besar ada 3 cara memasarkan produk yang tepat, ketiga teknik ini saya pelajari dari teman saya yang berprofesi sebagai pengusaha / pebisnis sekaligus pemain affiliate marketing :

  1. Gunakan Media Video : Jika gambar mampu mengekspresikan ribuan kata, maka video mampu mengeskpresikan jutaan kata.
  2. Sarankan Produk Lain : Cobalah untuk menyarankan produk lain kepada pelanggan, strategi pemasaran seperti ini mampu untuk menggandakan penjualan.
  3. Jangan Beri Waktu Berfikir : Untuk meningkatkan persentase closing, 'desak' agar pelanggan segera membeli, jangan berikan waktu untuk berfikir, misalnya dengan memberi diskon dengan waktu terbatas.

Dengan teknik diatas, persentase untuk terjadi closing atau penjualan akan jauh lebih besar.

Manfaatkan internet marketing


Internet Marketing merupakan strategi pemasaran terbaik di era internet sekarang ini, karena boleh percaya atau tidak, kini masyarakat kita lebih suka belanja online di online shop dibanding datang ke toko konvensional.

Selain itu, kini orang juga mengandalkan internet untuk mencari informasi tentang produk yang ingin mereka beli. Manfaatkan peluang ini dengan membuat blog yang berisi informasi suatu produk, lalu arahkan pembaca ke online shop atau lapak jualan Anda.

Cara Promosi Online melalui media internet terbilang sangat mudah dan murah, karena kini semakin banyak situs yang menyediakan layanan untuk membuat toko online, seperti salah satu contohnya adalah TokoPedia, dan bahkan Facebook pun kini juga telah memiliki fitur online shop meski masih harus dengan bantuan pihak ke tiga seperti ShopIfy.

Namun perlu dicatat bahwa, sekalipun Anda memiliki toko online, tetapi jika tidak dibarengi dengan pengoptimalan yang benar maka hasilnya juga tidak akan maksimal, untuk itu silahkan pelajari juga Rahasia Sukses Toko Online.

Berikan layanan After Sales


Sebagian penjual mungkin akan puas dan merasa sudah menyelesaikan tugasnya jika berhasil menjual suatu produk, padahal tugas mereka sebenarnya tidak hanya sampai disitu, karena kita masih harus memberi layanan after sales yaitu sebuah layanan setelah penjualan.

Layanan after sales ini sangat cocok untuk membangun loyalitas konsumen untuk melakukan repeat buying atau pembelian ulang.

Itulah pentingnya untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, karena salah satu kunci sukses berbisnis adalah pelayanan yang baik, jadi jangan heran jika ada yang bilang loyalitas itu mahal harganya, itu memang benar, karena untuk mendapatkannya juga susah dan butuh waktu lama dan sekali rusak, hampir mustahil untuk dikembalikan.

Intinya, jika ingin sukses memasarkan produk maka cara yang paling baik adalah dengan memposisikan diri sebagai pelannggan, dari situlah kita akan belajar dan menemukan cara paling tepat dalam pemasaran produk, dan yang terpenting jangan malas untuk terus belajar memasarkan produk dari orang lain yang lebih dulu sukses, selain itu jangan lupa untuk mengikuti trend bisnis prospektif guna menyesuaikan produk yang Anda jual agar tetap mampu bersaing.

Itu saja tips sukses belajar cara memasarkan produk yang baik dari saya, selamat mencoba dan semoga brhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sukses Belajar Cara Memasarkan Produk Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel