Tips Belajar Cara Menjadi Penulis Artikel Yang Produktif

Tips Belajar Cara Menjadi Penulis Artikel Yang Profuktif Tips Belajar Cara Menjadi Penulis Artikel Yang Produktif

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, kini dengan bantuan internet ada peluang bisnis baru untuk mendatangkan lebih banyak uang ke kantong Anda. Bisnis yang saya maksud adalah penulis artikel online. Untuk menjalankan bisnis ini tidak diperlukan modal yang besar, karena cukup dengan koneksi internet dan keahlian menulis maka Anda sudah bisa memulai bisnis online dengan menjadi penulis artikel.

Meskipun perlu diakui bahwa ada berbagai macam cara mendapatkan uang dari internet selain sebagai penulis artikel, namun saya rasa menjadi penulis artikel merupakan salah satu yang terbaik, mengingat peluang bisnis ini cukup menjanjikan dan saya lihat juga belum begitu banyak pesaing atau setidaknya kebutuhan akan artikel jauh lebih besar dibanding penyedia jasa penulisan artikel. Jadi kesempatan untuk terjun ke dalam bisnis online ini masih terbuka lebar.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dalam bisnis ini, maka saya akan mencoba berbagi tips untuk belajar bagaimana menjadi seorang penulis artikel yang produktif agar bisa menelurkan karya tulisan tiap hari. Tips menjadi penulis artikel yang ada di artikel sebagian besar ditulis dari pengalaman penulis yang kebetulan merupakan mantan penyedia jasa penulisan artikel.

1. Kuasai Sebagian Niche Populer


Menjadi penulis artikel maka itu artinya anda dituntut untuk menguasai topik artikel sesuai dengan yang dipesan oleh pelanggan. Atau dengan kata lain, Anda harus mampu menyajikan artikel berkualitas berdasarkan niche pesanan pelanggan.

Beberapa topik atau niche populer seperti Bisnis, Kesehatan, Teknologi wajib hukumnya untuk Anda kuasai, karena tema inilah yang lebih sering dipesan.

Meskipun tidak menutup kemungkinan ada niche lain seperti Tutorial Blogging, Review Handphone namun itu semua sangat jarang sekali, jadi lebih baik fokus dengan permintaan pasar terbesar atau dalam hal ini adalah niche bisnis, kesehatan dan teknologi.

2. Beri Kesan Yang Kuat di Awal Kalimat


Tugas seorang penulis sebenarnya bukan hanya sebatas menulis sebuah kalimat saja, namun lebih dari itu ia juga harus membuat sebuah kalimat yang mampu untuk menarik minat orang agar mau membaca tulisannya.

Pembukaan awal pada kalimat sama pentingnya dengan penentuan judul, jadi usahakan untuk memberikan kesan yang mampu "mencuri" perhatian pembaca agar mereka mau untuk terus melanjutkan membaca sampai akhir artikel.

Jika kalimat pembuka tidak menarik, maka jangan harap artikel Anda akan dibaca sampai tuntas. Untuk itulah penting sekali memberikan kesan yang kuat di awal kalimat pada artikel yang Anda buat.

3. Jaga Orisinalitas Karya Tulisan


Dalam dunia bisnis jasa penulisan artikel, orisinalitas adalah sesuatu yang mutlak didapatkan oleh pembeli. Jadi tidak hanya unik saja, namun juga harus orisinil dan yang terpenting bukan hasil translate apalagi hasil spin.

Mereka membayar untuk mendapatkan artikel yang original, berkualitas dan tentunya unik, jangan sampai hanya karena ingin medapatkan banyak masukan, namun justru mengorbankan kualitas artikel, hal seperti itu tidak akan membuat bisnis Anda bertahan lama.

Perlu diakui untuk mendapatkan artikel orisinil memang bukan pekerjaan yang mudah, jadi ada baiknya tidak perlu menerima semua orderan yang masuk, cukup terima saja orderan yang sekiranya sesuai dengan kemampuan atau keahlian Anda.

4. Temukan Gaya Tulisan Anda Sendiri


Seorang penulis artikel pastilah memiliki gaya penulisan mereka sendiri atau istilahnya self writing style. Ada yang gaya penulisannya mengarah ke business style dengan menggunakan kata "Saya" & "Anda" namun tak sedikit pula yang menggunakan conversational style yang bisa dikenali dengan penggunaan kata "Aku" & "Kamu".

Apapun gaya penulisan yang dipilih tentunya harus disesuaikan dengan target pembaca, misalnya untuk artikel bisnis yang seperti kita tau target pembaca adalah orang-orang kalangan bisnis yang notabennya berada dalam keadaan "serius" jadi artikel dengan gaya penulisan business style sangat cocok.

Sementara untuk artikel teknologi, yang notabennya dibaca oleh anak muda, penyampaian terbaik adalah menggunakan coversational style karena bersifat lebih ringan dan tentunya membuat pembaca merasa nyaman karena diperlakukan seperti teman.

5. Tingkatkan Kemampuan Menulis Dengan Membaca


Membaca karya tulisan dari penulis lain adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis Anda, karena dari membaca itulah Anda akan belajar kosakata baru yang tentunya akan memperkaya kamus kosata yang Anda miliki.

Semakin banyak kosakata yang Anda kuasai, maka akan semakin meningkatkan kualitas karya tulisan yang Anda buat. Selain itu, dengan banyaknya kosakata yang dikuasai, maka semakin mudah pula merangkai atau menyusun sebuah kalimat.

Jika ditanya tempat yang tepat untuk belajar kosakata baru, maka saya sarankan untuk membaca artikel di kompasiana, karena notabenya user disana adalah para penulis buku yang go online, jadi karya tulisan yang ada disana, sebagian besar sangat berisi dan berkualitas.

6. Gunakan Media Sosial


Tak bisa dipungkiri besarnya pengguna sosial saat ini merupakan pasar yang sangat potensial. Jadi tidak ada salahnya memanfaatkan media sosial seperti Facebook ataupun Twitter untuk mempromosikan jasa Anda.

Namun perlu diketahui pula bahwa, ada aturan yang tak tertulis ketika kita hendak melakukan promosi di media sosial, seperti misalnya jangan suka tag orang sembarangan, karena itu hanya akan membuat citra Anda menjadi jelek.

Solusinya adalah menggunakan fitur fanpage yang di facebook atau bisa juga dengan menggunakan twitter, dengan cara membuat akun twitter baru... yang dikhususkan untuk berjualan jasa penulisan artikel.

Itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan kepada Anda yang ingin belajar menjadi penulis artikel profesional atau setidaknya bisa mendapatkan banyak uang dari bisnis penulisan artikel, karena jujur saja sebelumnya saya juga merupakan seorang penulis artikel lepas.

Oke, intinya menjadi penulis artikel itu harus tetap produktif, karena tentunya pengalaman adalah guru terbaik, itu saja dari saya semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Belajar Cara Menjadi Penulis Artikel Yang Produktif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel