Teknik Rahasia Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik

Teknik Rahasia Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik Teknik Rahasia Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik

Sebagai seorang penulis di blog (blogger) sudah selayaknya kita menguasai cara membuat artikel yang baik dan benar, karena apa yang kita tulis tersebut akan mencerminkan kualitas dari kemampuan kita dalam mengolah kata, yang pada akhirnya akan berdampak pada kenyamanan pengunjung dalam membaca artikel yang Anda tulis.

Sederhananya, jika pengunjung menikmati dan merasa nyaman saat membaca sebuah artikel, maka bisa dipastikan mereka akan melanjutkan dan mencari artikel lain untuk dibaca. Hal ini jelas akan memberikan banyak keuntungan untuk blog kita, diantaranya dalah :

  • Menurunkan Bounce Rate
  • Meningkatkan Page View

Intinya akan banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari menulis artikel yang baik. Namun, bagi sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa untuk membuat artikel yang baik dan benar (berkualitas) adalah hal yang susah. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena disini saya akan membagikan teknik rahasia atau lebih tepatnya sebuah tips tentang bagaimana cara membuat artikel yang disukai oleh Pengunjung maupun Google Spider.

Cara Membuat Artikel Yang Baik


Tidak banyak tips yang akan saya berikan, karena hanya terdiri dari 7 tips membuat artikel / tulisan yang baik. Saya yakin Anda sudah tidak sabar ingin segera membaca apa saja tips untuk membuat artikel berkualitas, bukan ? mungkin langsung saja silahkan Anda baca tutorial membuat artikel yang baik dan benar berikut ini.

1. Buat Judul Yang Menarik


Hal terpenting untuk membuat artikel berkualitas yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan Judul. Judul yang baik dan benar adalah judul yang mampu mempengaruhi emosional dari pembaca,  sebagai contoh jika Anda membuat artikel yang mempunyai target anak kecil, maka Anda perlu membuat judul yang berhubungan dengan kegembiraan / keceriaan, karena kedua hal tersebut erat kaitannya dengan dunia anak-anak.

Faktor lain yang harus diperhatikan untuk membuat judul artikel yang baik agar menarik adalah memilih kata yang mampu membuat orang penasaran. Sebagai contoh bisa Anda lihat pada judul artikel diatas, dimana saya menggunakan kata 'Teknik Rahasia' yang jelas akan membuat orang penasaran apa isi dari artikel tersebut.

2. Jelaskan Isi Artikel di Paragraf Pertama


Faktor lain yang tak kalah penting dari pemilihan judul adalah penulisan artikel pada paragraf pertama, pasalnya paragraf pertama haruslah mampu membuat pengunjung tertarik untuk melanjutkan membaca ke paragraf berikutnya. Salah satu caranya adalah dengan menjelaskan apa yang akan di dapat oleh pengunjung dari membaca artikel tersebut.

Selain berguna untuk menjelaskan isi artikel kepada pengunjung, penempatan isi di paragraf pertama juga akan membantu artikel tersebut untuk meraih ranking yang lebih baik di Google, karena 150 karakter pertama akan dijadikan sebagai Meta Description yang akan membantu Mesin Pencari seperti Google / Bing dalam menentukan apa topik dari artikel tersebut.

3. Tambahkan Gambar Untuk Memperjelas Isi Artikel


Selain menjelaskan isi pada paragraf pertama, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjelaskan kepada pengunjung tentang artikel yang Anda tulis adalah menambahkan gambar yang berkaitan dengan isi artikel. Dalam pemilihan gambar, usahakan untuk tidak memilih gambar yang bersifat imajiner, seperti contohnya menggabungkan foto manusia (asli) dengan efek-efek yang dibuat oleh software.

Mudahnya jika artikel Anda tersebut berhubungan dengan IT maka gunakan foto asli yang berhubungan dengan IT semisal orang bermain laptop atau semacamnya, dan jika Anda kesulitan untuk menemukan gambar / foto yang cocok, maka alternatif lain cobalah untuk menggunakan gambar yang bertuliskan teks.

4. Libatkan Pembaca Pada Artikel Anda


Melibatkan pembaca pada artikel yang Anda tulis adalah cara terbaik untuk mempertahankan pembaca agar tertarik untuk membaca dari awal sampai akhir artikel. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menambahkan kata seperti Anda / Kamu, atau bisa juga dengan mengajak bicara pengunjung, sebagai contoh :

Sebagai seorang penulis, tentu kita ingin bisa menulis artikel dengan baik dan benar, bukan ?
Tahukah Anda, bahwa menulis artikel yang baik dan benar itu ada tekniknya ?

Dengan menambahkan kata-kata atau kalimat seperti itu, maka akan membuat pengunjung tidak merasa dicuekkan, karea mereka berfikir telah dilibatkan di dalam artikel tersebut.

5. Pilihlah Istilah Yang Sederhana


Artikel yang baik adalah artikel yang bisa dicerna oleh semua kalangan. Salah satu caranya adalah dengan memilih istilah yang sederhana dan mudah dicerna. Karena seperti yang kita semua ketahui bahwa, tingkat pendidikan dari setiap pembaca tentu tidaklah sama, jadi usahakan untuk menghindari penggunaan istilah-istilah baru yang kurang umum, karena itu hanya akan mempersulit pembaca.

Penggunaan istilah kata yang sederhana juga akan membantu para pembaca untuk lebih mudah memahami isi dari artikel yang Anda tulis, karena setiap kata yang mereka baca sudah tersimpan baik di dalam otak, jadi setiap kata bisa dengan cepat dicerna tanpa harus berpikir terlalu lama.

6. Hindari Menulis Pendapat Pribadi


Menulis artikel dari hasil karya sendiri adalah cara terbaik untuk membuat artikel yang berkualitas, karena sifatnya yang original. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua apa yang Anda pikirkan boleh dituangkan ke dalam tulisan. Dimana ada batasan-batasan tertentu, sebagai contoh Anda membenci Anjing karena dulu pernah digigit, tapi tidak seharusnya Anda membuat tulisan yang isinya menjelek-jelek.an anjing.

7. Gunakan Format Penulisan Yang Baik dan Benar


Format penulisan artikel yang baik dan benar akan mempermudah pengunjung dalam membaca artikel yang Anda buat. Salah satu cara untuk membuat penulisan artikel yang baik adalah dengan menggunakan Paragraf Justify (rata kiri - rata kanan), selain itu ada juga faktor lain yang harus Anda perhatikan, seperti :

  • Penggunaan italic pada kata asing
  • Penggunaan bold pada kata / kalimat yang dirasa penting
  • Penggunaan tanda seru dan tanda tanya untuk memperkuat makna dari sebuah kalimat
  • Penggunaan tanda koma dan tanda titik untuk memberitahu kapan harus berhenti membaca
  • Pemilihan kata yang sebaiknya disesuaikan dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) & tidak disingkat

Intinya sebisa mungkin buatlah pengunjung nyaman dalam membaca artikel yang Anda tulis. Baik dari segi pemilihan jenis font, warna font dan juga warna background yang Anda gunakan juga harus disesuikan agar mampu membuat artikel tersebut enak dibaca.

Sebagai seorang penulis kita harus mempunyai sifat objektif, berpikir terbuka dan mau menerima saran dan keritikan dari siapapun dan yang terpenting adalah sudi mengakui bahwa tulisan kita belum sempurna dan mau belajar untuk memperbaikinya.

Menurut Anda, sudahkah saya menulis artikel yang baik dan benar pada postingan ini ?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Rahasia Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel