Rahasia Cara Sukses Bisnis Toko Online Agar Laris & Untung

 khususnya mereka yang terjun dalam bisnis toko online Rahasia Cara Sukses Bisnis Toko Online Agar Laris & Untung

Sebagai seorang pebisnis online, khususnya mereka yang terjun dalam bisnis toko online, tentu memiliki keinginan besar agar produk yang dijual bisa laris dengan cepat dan menghasilkan uang yang berlipat. Namun, terkadang keinginan tak berbanding lurus dengan kenyataan, sudah bekerja mati-matian tapi hasil masih belum memuaskan.

Jika Anda termasuk orang yang kesulitan dalam menjual produk via online, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat, karena disini Anda akan mendapatkan rahasia bagaimana cara sukses bisnis toko online dan meningkatkan penjualan online hingga 3x lipat.

Lantas apa yang akan Anda pelajari di artikel ini ?

  • Membuat Toko Online Responsive
  • Fitur Widget Wajib Toko Online
  • Media Promosi Online
  • Strategi Promosi Online
  • Memanfaatkan SEO

* dulu ini adalah Rahasia sekarang menjadi Rahasia Umum

Oke kita mulai saja pembahasan yang pertama tentang membuat toko online responsive, lalu dilanjut mengupas mana saja tempat promosi online terbaik, tak lupa ada juga pembahasan tentang strategi promosi online dan pemanfaatan SEO untuk meningkatkan penjualan online.

Baca Juga
 khususnya mereka yang terjun dalam bisnis toko online Rahasia Cara Sukses Bisnis Toko Online Agar Laris & UntungBisnis Online

Selain toko online, masih banyak contoh bisnis online lain yang bisa Anda kerjakan tanpa modal (gratis).

Membuat Toko Online Responsive


Salah satu aspek terpenting agar toko online yang Anda mampu memberikan kenyamanan kepada pengunjung, khususnya untuk pengguna mobile saat ingin berbelanja online adalah dengan memnambahkan fitur responsive pada template. Sebenarnya tidak terlalu susah untuk meresponsivekan template toko online kita, karena cukup download template toko online gratis yang responsive lalu menguploadnya, kabar baiknya hampir seluruh template toko online yang ada saat ini sudah memiliki fitur responsive.

Contoh template toko online blogger responsive :

  • Blogger Store
  • Johny Ganteng Store
  • Shoppaholic
  • Kiddiez Shop

Contoh template toko online magento responsive :

  • e-Fashion Pro
  • Autoparts
  • Jewellery Design

Semua template diatas bisa Anda download secara gratis melalui situs resmi penyedia template toko online masing-masing, caranya cukup dengan mengetikkan nama template, misal 'Blogger Store' lalu tambahkan kata 'Download Template' & 'Gratis', jadi 'Download Template Blogger Store Gratis'.

Fitur Wajib Toko Online


Sebagai seorang pebisnis online, kita harus mampu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan user dan berusaha memberikan fasilitas yang terbaik. Salah satu caranya adalah memberikan fitur yang bisa mempermudah pengunjung, beberapa fitur yang sebaiknya ada pada toko online yang Anda buat, beberapa diantaranya adalah.

Kotak Pencarian : Untuk memudahkan pengunjung mencari barang yang diinginkan
Cek Ongkir : Fitur yang juga tidak boleh dilewatkan di toko online Anda adalah fasilitas cek tarif ongkos kirim.
Shooping Cart : Banyak calon pembeli yang ingin membeli produk lebih dari 1, dan shooping cart jelas akan memudahkan mereka untuk mengetahui total harga dan memudahkan dalam hal pembelian.

Setidaknya ketiga fitur diatas harus sudah wajib ada pada toko online Anda, meskipun ada beberapa fitur lain yang juga tak boleh Anda lupakan seperti List Katalog, Testimonial dan Jaminan Keamanan (SSL / HTTPS).

Media Promosi Online


Jujur ada banyak sekali media yang bisa Anda gunakan untuk mempromsikan produk yang ada di toko online Anda. Salah satu media yang paling ampuh tentu saja adalah Social Media, seperti Facebook, Twitter, Google+ dan Instagram. Promosi produk via media sosial sekaligus dapat meningkatkan elektabilitas dari Toko Online yang ujung-ujungnya akan memudahkan kita dalam men-SEO-kan Toko Online tersebut untuk menjaring lebih banyak pengujung dari mesin pencari seperti Google.

Tips mempromosikan produk di media sosial Facebook :

  1. Buat Fanpage dan beri nama yang sama dengan toko online Anda.
  2. Promosikan melalui group, gunakan kotak pencarian Facebook, misalnya dengan mengetikkan 'jual beli *nama kota*'.
  3. Gunakan foto profil asli dan nama asli agar menambah kepercayaan pelanggan.

Sengaja saya memilih Facebook karena dari segi fitur, Facebook benar-benar menyediakan layanan yang sangat memudahkan para penjual online untuk mempromosikan produk mereka, dari mulai tersedianya Fanpage sampai fitur Foto Album.

Strategi Promosi Online


Meskipun media yang Anda gunakan sudah tepat namun jika dalam penerapan, teknik atau strategi yang Anda gunakan dalam memasarkan produk tidak tepat, maka hasilnya juga tidak akan terjadi closin. Untuk itu berikut saya berikan strategi promosi online yang efektif dan efisien.

  • Waktu

    Ketahui kapan waktu yang tepat untuk berpromosi, saran saya lakukan promosi di jam-jam berikut ini : pagi jam 5, siang jam 12, sore jam 5, malam jam 7.

  • Kepercayaan

    Lakukan pendekatan untuk mendapatka kepercayaan dari pengunjung.

  • Closing

    Jangan sampai Anda gagal menjual produk karena salah melontarkan pertanyaan, contoh jika Anda ingin menanyakan kepastian, gunakan pertanyaan seperti 'jadi, mau ambil produk a atau b' dan hindari melontarkan pertanyaan seperti 'jadi, beli atau tidak pak ?'.

Kurang lebih seperti itulah strategi yang harus Anda perhatikan jika ingin meningkatkan penjualan online, dari mulai menentukan waktu promosi, mencari kepercayaan pengunjung agar terjadi closing sesuai yang kita inginkan.

Memanfaatkan SEO


Manfaatkan SEO untuk mendongkrak penjualan produk di Toko Online Anda. Untuk pengguna wordpress sudah tersedia berbagai macam plugin SEO yang bisa kita gunakan secara gratis seperti salah satunya adalah All In One. Untuk pengguna blogger mungkin hanya bisa bermain pada Heading Tag, misal memberikan Tag H1 pada judul produk dan memberikan tag H2 atau H3 pada label harga, karena tak sedikit orang yang mengetikkan 'harga -nama barang-' di Google.

SEO Toko Online saya akui memang terbilang sangat susah, selain karena persaingan yang tinggi, juga disebabkan minimnya teks dalam suatu halaman. Solusinya adalah dengan mengandalkan Backlink, khususnya backlink dari sesama situs web toko online.

Satu lagi tips dari saya agar toko online yang Anda buat bisa sukses laris dan menghasilkan keuntungan besar adalah dengan menggunakan media video untuk menjelaskan suatu produk, karena video akan menghasilkan gambar dan suara secara bersamaan, jadi informasi yang kita sampaikan akan lebih mudah ditangkap oleh audience (calon pembeli).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rahasia Cara Sukses Bisnis Toko Online Agar Laris & Untung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel