Peluang Bisnis Terlaris Saat Ramadhan Dan Menjelang Lebaran



Tak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, tak bisa dipungkiri bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana hampir seluruh usaha mengalami peningkatan omset khususnya para pelaku bisnis yang bergerak di bidang fashion muslim. Namun sebenarnya masih banyak peluang usaha lain yang tak kalah laris dibanding busana muslim. Melalui artikel ini saya akan mencoba berbagi peluang usaha apa saja yang dipastikan akan mengalami peningkatan omset saat bulan puasa ramadhan dan menjelang lebaran.

Pada dasarnya pada bulan ramadhan dan mendekati lebaran, orang cenderung lebih royal dalam mengeluarkan uangnya, hal ini dikarenakan adanya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi saat ramadhan maupun menjelang lebaran. Keroyalan orang dalam mengeluarkan uang inilah yang akan membuka beberapa peluang usaha baru dan sekaligus membantu para pebisnis untuk meningkatkan omset jualan produk mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja peluang bisnis di bulan ramadhan yang memiliki potensi keuntungan yang bagus, silahkan Anda simak daftar peluang usaha terlaris di bulan ramadhan dan menjelang lebaran berikut ini.

1. Bisnis Makanan Takjil


Bisnis makanan takjil atau makanan ringan yang disediakan saat berbuka puasa merupakan salah satu bisnis yang mengalami peningkatan omset tertinggi saat bulan Ramadhan. Takjil selalu menjadi incaran, aneka makanan dengan cita rasa manis seperti klepon, kurma dan pisang goreng menjadi pilihan utama untuk mengganjal perut sejenak setelah berbuka puasa.

Diakui oleh beberapa penjual bahwa mereka bisa meraup keuntungan lebih dari Rp 75.000 hanya dalam waktu kurang dari 3 jam, karena prime time saat berjualan takjil adalah pada pukul 03.00 - 06.00.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis makanan takjil terbilang cukup murah, dengan modal Rp 500.000 - Rp 1.000.000 sudah bisa untuk membuka bisnis ini.

2. Bisnis Kue Lebaran


Menjelang datangnya hari kemenangan di hari raya Idul Fitri, banyak cara yang dilakukan untuk merayakan kemenangan yang mereka raih, salah satu caranya adalah dengan menyediakan berbagai aneka kue. Kue yang paling sering disajikan dan seolah sudah menjadi makanan khas lebaran adalah kue nastar dan kue keju kastengel.

Peluang bisnis kue lebaran sangat cocok untuk ibu-ibu rumah tangga yang gemar membuat kue, Anda bisa memulai usaha ini dengan modal yang tidak terlalu banyak (tergantung pesanan) namun biasanya berkisar antara 1 - 2 juta, mengingat harga untuk kue berukuran toples ¼ kg biasanya berkisar antara Rp 25.000-35.000 dengan asumsi penjualan mencapai > 50 toples.

3. Bisnis Busana Muslim


Beberapa orang menyakini baju baru merupakan lambang kembalinya kesucian hati di hari Idul Fitri. Daya beli masyarakat terhadap baju baru, khususnya busana muslim di hari idul fitri bisa dipastikan akan mengalami peningkatan.

Untuk mempromosikan bisnis fashion yang kita jalani bisa menggunakan berbabagi media promosi, baik secara offline (media telivisi, selebaran, poster, dll) maupun online (media sosial, toko online, dll).

Bagi Anda yang menggunakan sistem promsosi online, Anda pun tidak perlu menyetok barang sendiri, karena ada sistem baru dalam berbisnis online fashion yaitu dengan menjadi dropshipper, dimana tugas seorang dropshipper hanya sebatas mepromosikan produk / barang. Namun tentunya Anda harus memiliki relasi dengan supplier busana muslim.

Baca Juga : Belajar Cara Memulai Bisnis Dropship Jual Baju Online Gratis

4. Bisnis Salon


Jelang lebaran, masyarakat muslim tentu ingin tampil rapi. Salon merupakan tempat yang sering dipilih untuk mempercantik diri untuk wanita atau sekedar merapikan rambut untuk para pria.

Mendirikan atau membuka bisnis salon memang bukan hal yang mudah, selain itu juga membutuhkan modal yang tidak sedikit, mengingat kita perlu menyewa tempat yang strategis dan belum lagi harus memilih pegawai yang kompeten, namun semua itu akan terbayar jika bisnis salon yang kita jalankan berada pada puncak kesuksesan.

5. Bisnis Rental Mobil


Bagi para perantau, libur menjelang lebaran merupakan momen yang tepat untuk pulang ke kampung halaman dan melepas rindu dengan sanak saudara. Saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat untuk bisa bertemu dengan keluarga tercinta.

Meski ada berbagai macam alternatif transportasi umum, namun tidak semua orang ingin menggunakanannya, beberapa orang lebih memilih untuk memakai jasa penyewaan mobil atau rental mobil.

Dalam bisnis rental mobil, keuntungan yang didapat dengan modal yang dikeluarkan bisa dibilang sama-sama besar, karena biasanya penyewaan mobil tersebut per harinya berkisar Rp 300.000 - Rp 500.000.

6. Bisnis Parsel


Kiriman parsel dari rekan-rekan merupakan barang yang paling ditunggu saat menjelang lebaran. Diakui oleh beberapa penjual, permintaan parsel saat lebaran bisa mengalami peningkatan hingga 300% dari hari biasa.

Ada berbagai jenis parsel yang tersedia saat ini, bukan hanya makanan namun juga ada parsel perlengkapan ibadah, parsel kue kering dan jenis-jenis parsel lainnya.

Kunci kesuksesan dalam bisnis parsel adalah kerapian dalam menyusun barang, karena tak sedikit orang yang rela mengeluarkan ratusan ribu untuk dapat memiliki parsel dengan tampilan yang unik dan menarik.

7. Bisnis Agen Tiket


Bagi kaum urban, cara paling tepat untuk merayakan hari kemenangan adalah dengan pulang ke kampung halaman dengan menggunakan berbabagi macam modal transportasi, baik darat, air maupun udara. Tingginya antusias masyarakat untuk menggunakan transportasi umum membuat penjualan tiket selalu ludes terjual.

Situasi seperti ini, tentunya menjadi peluang bisnis baru untuk membuka jasa pemesanan tiket. Ya, Anda bisa menjadi agen tiket dengan menawaarkan reservasi tiket transportasi.

Baca Juga : Daftar Produk Jualan Online Terlaris di Indonesia

Ketujuh peluang bisnis saat ramadhan dan menjelang lebaran yang saya sebutkan diatas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memulai usaha baru. Intinya apapun jenis yang Anda pilih, pastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan tersebut memiliki blueprint yang baik agar bisnis yang Anda jalankan tersebut bisa tetap berjalan dan tetap menuai kesuksesan meski bulan ramadhan & hari raya idul fitri telah berakhir.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Bisnis Terlaris Saat Ramadhan Dan Menjelang Lebaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel