Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin Bekerja

Tantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapatkan gelar sarjana Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin BekerjaTantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapatkan gelar sarjana, karena tantangan yang sebenarnya adalah bagaimana cara mendapatkan pekerja pertama yang sesuai dengan keinginan.

Kalau boleh jujur, sebenarnya ada banyak pekerjaan yang bisa Anda lakukan meskipun belum memiliki gelar sarjanan, salah satunya adalah dengan berbisnis.

Dalam bisnis kita tidak mengenal apa yang dinamakan ijasah, gelar atau semacamnya, karena yang dibutuhkan untuk memulai bisnis adalah Niat, Kerja Keras dan (sedikit) Modal. Jadi suksesnya seorang pebisnis bukan ditentutan dari deretan gelar yang ada di nama, melainkan dari usaha yang mereka lakukan.

Berikut ini adalah 2 Peluang Bisnis Terbaik untuk Mahasiswa yang bisa Anda kerjakan tanpa perlu mengeluarkan banyak modal.

Baca Juga
Tantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapatkan gelar sarjana Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin BekerjaBisnis Usaha Kecil Menengah

Artikel ini berisi informasi mengenai daftar Bisnis Usaha Kecil Menengah / UKM yang paling menjanjikan untuk Mahasiswa.

Bisnis di Internet ( Online )


Mahasiswa dan gadget sudah ibarat sepasang tali sepatu yang selalu bersama dan tak terpisahkan. Namun sayangnya dalam penggunaan gadget masih jauh dari kata bermanfaat, bahkan cenderung kurang bermanfaat, karena gadget seringkali hanya dijadikan sebagai media peranttara untuk ngobrol lebih parahnya dijadikan sebagai ajang sebar gosip.

Nah, daripada kita menggunakan gadget tersebut untuk hal-hal yang kurang bermanfaat , akan jauh lebih baik jika kita juga menggunakannya untuk menjalankan bisnis.

Jika bingung ingin berbinis apa, beberapa peluang bisnis online dibawah ini bisa Anda jadikan referensi :

1. Buzzer

Buzzer adalah seseorang yang menghubungkan antara pengiklan dengan pengguna twitter (promosi via twitter).

Untuk memulai bisnis dengan menjadi seorang buzzer, terlebih dahulu Anda harus memiliki akun dengan Twitter dengan jumlah followers yang banyak (ratusan ribu), langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menawarkan jasa ngebuzz kepada advertiser.

Beberapa kriteria yang digunakan oleh Advertiser dalam memilih seorang Buzzer biasanya dilihat dari beberapa faktor berikut ini :

  • Jumlah Follower
  • Dominasi Gender Follower
  • Usia Rata-rata Follower

Dan beberapa hal lain, seperti misalnya Niche atau Topik dari akun yang Anda gunakan untuk negbuzz, juga sangat berpengaruh apakah advertiser bersedia memakai jasa Anda.

2. Affiliater

Affiliater adalah seseorang yang bekerja untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli (perantara / makelar).

Jika Anda tertarik dengan bisa affiliate marketing, maka langkah awal untuk memulainya adalah dengan mendaftar di situs-situs penyedia layanan affiliate, seperti misalnya :

  • Amazon (global)
  • Clickbank (global)
  • Lazada (lokal)

Setelah menjadi member, selanjutnya Anda perlu memilih sebuah produk lalu mempromosikannya melalui Facebook, Twitter, Blog atau bisa juga kita promosikan melalui situs pasang iklan online.

3. Publisher

Publisher adalah seorang penerbit iklan yang menyediakan blog atau websitenya untuk dipasangi iklan oleh para advertiser (pengiklan).

Untuk menjadi seorang publisher online tentunya Anda harus memiliki sebuah Blog. Karena, nantinya Blog tersebutlah yang kita gunakan sebagai media untuk memasang iklan. Jika sudah memiliki blog, maka tugas Anda selanjutnya adalah mendaftar sebagai pubisher di :

  • Google AdSense
  • Media.net
  • IBN (Indonesia Blogger Network)

Dari ketiga network diatas, saran saya cobalah untuk mendaftar terlebih dahulu di Google AdSense, jika tidak terima Anda bisa mencoba Media.net dan jika tidak diterima lagi, maka alternatifnya Anda bisa bergabung dengan menjadi publisher lokal di IBN.

4. Content Writer

Content Writer adakah seorang penulis artikel, yang mana tugas Anda adalah membuat sebuah artikel sesuai pesanan.

Dari keempat contoh kerja part time online diatas sangat cocok untuk Anda seorang maahsiswa yang ingin kerja online namun terkendala akan modal, karena dari keempat contoh bisnis online diatas bisa Anda kerjakan secara gratis, hanya bermodal laptop dan koneksi internet. Namun, jika dari keempat pekerjaan online diatas dirasa terlalu susah untuk Anda jalankan, silahkan Anda baca pengalaman saya tentang Cara Mencari Uang di Internet, besar harapan saya artikel tersebut bisa membantu mencerahkan dalam memilih dan memulai bisnis online yang terbaik dan tepat untuk Anda jalankan.

Baca Juga
Tantangan terbesar seorang mahasiswa sejatinya bukanlah untuk mendapatkan gelar sarjana Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin BekerjaPekerjaan Freelance Terbaik

Jika Anda tidak memiliki waktu lebih untuk menjalankan sebuah bisnis, maka kerja freelance adalah solusi terbaik.

Bisnis di Dunia Nyata ( Offline )


Bisnis offline juga bisa menjadi alternatif untuk mahasiswa yang ingin bekerja reel, meskipun perlu diakui bahwa berbisnis offline akan jauh lebih menguras tenaga, karena kita akan lebih bergerak dan dituntut untuk tepat waktu, ini jelas berbeda dengan berbisnis online, dimana kita bisa bekerja dimana saja dan kapan saja.

Meskipun sekilas bisnis offline jauh lebih melelahkan dibanding bisnis online, namun hasil atau uang yang akan didapat juga akan sebanding dengan kerja keras yang Anda lakukan, jadi jangan khawatir.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut adalah beberapa contoh peluang bisnis terbaik yang bisa dikerjakan dengan modal kecil, dan tentu saja sangat cocok untuk mahasiswa :

1. Bimbingan Belajar

Mahasiswa itu identik dengan kecerdasan yang tinggi, atau minimal jauh lebih tinggi dari anak SMA. Kepandaian tersebut bisa Anda manfaatkan, salah satunya dengan cara membuka Bisnis Bimbingan Belajar (bimbel).

Sejujurnya, tidak terlalu susah untuk memulai bisnis bimbel, karena yang Anda perlu persiapkan hanyalah :

  • Pemilihan jenis bimbel

    Secara garis besar ada dua jenis bimbel yaitu, bimbel klasikal dan bimbel les private. BimBel Klasikal adalah program bimbingan belajar yang terdiri dari banyak murid (lebih dari 1) dan berada di suatu tempat, sementara untuk pengertian BimBel Private adalah program bimbingan belajar intensif untuk 1 siswa.

  • Pilih mapel

    Anda harus pintar mengenali potensi atau keahlian yang ada diri Anda, dan pastikan untuk membuka bimbel dengan mapel yang benar-benar Anda kuasai, hal ini penting untuk menjaga kualitas dari bisnis bimbingan belajar yang akan Anda jalankan.

  • Tentukan tarif

    Cara paling tepat untuk menentukan tarif adalah dengan mengenali tingkat perekonomian masyarakat. Sebagai contoh jika Anda berada di kawasan perkotaan maka tarif bimbel bisa Anda patok mahal, dan jika di pedesaan Anda bisa memasang tarif lebih murah, jika tidak ingin bisnis bimbel Anda sepi.

Yang paling wajib Anda perhatikan dalam membuka bisnis bimbel sebenarnya ada pada pemilihan jenis bimbel, jangan sampai Anda berpusat hanya karena uang dan melupakan kemampuan Anda, karena semisal Anda memilih untuk membuka bisnis bimbel klasikal, maka Anda harus siap berhadapan dengan karakter-karakter yang berbeda selain itu Anda juga harus siap menjawab pertanyaan yang keluar dari mereka.

2. Bisnis T-Shirt

Bisnis T-Shirt atau Kao termasuk dalam peluang bisnis modal kecil yang sangat cocok untuk dikerjakan oleh Mahasiswa, pasalnya T-Shirt atau Kaos merupakan salah satu atribut yang paling dicari oleh mahasiswa, karena T-Shirt dianggap bukan hanya sebagai pakaian yang melindungi tubuh, tapi seklaigus juga sebagai atribut untuk meningkatkan status sosial seseorang. Jadi jangan heran jika seorang mahasiswa rela mengeluarkan ratusan ribu hanya untuk membeli kaos branded.

Lagi-lagi hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Caranya adalah dengan mencari supplier kaos oblong yang tepat, yang memiliki harga murah namun memiliki kualitas yang bagus.

Setelah dirasa mendapatkan supplier yang tepat, maka Anda bisa mulai memasarkan T-Shirt tersebut ke teman, sahabat atau organisasi yang ada di Kampus, dan untuk permulaan Anda perlu menggunakan strategi pemasaran khusus agar jualan Anda bisa diterima oleh banyak orang.

Selanjutnya, silahkan kembangkan bisnis T-Shirt tersebut, misalnya dengan membuka Toko Online atau mendirikan Stand khusus untuk memerkan desain dari T-Shirt Anda tersebut.

3. Jasa Fotografi

Pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang didasarkan atas hobi. Inilah yang akan Anda rasakan jika memiliki hobi Fotografi. Pasalnya, bagi sebagian orang, aktifitas fotografi bukan lagi menjadi hobi melainkan sudah menjadi sebuah profesi.

Memulai bisnis dengan membuka jasa fotografi saya akui memang bukan pekerjaan mudah, dimana Anda dituntut untuk memiliki jiwa seni jika ingin mendapatkan hasil foto yang berseni. Jadi sebaiknya sebelum terjun ke dalam bisnis fotografi ini, sebaiknya Anda mengambil kursus untuk menjadi fotografer profesional, atau cara lain yang lebih murah (bahkan gratis) adalah dengan bergabung dengan komunitas fotografi yang ada di kota Anda.

Setelah dirasa memiliki ilmu fotografi yang cukup, maka saatnya untuk menawarkan jasa fotografi Anda ke teman / mahasiswa yang ada di kampus, dengan cara memperlihatkan portofolio atau hasil karya yang sudah Anda buat. Disinilah kekreatifitasan Anda dalam membuat portofolio yang menarik diuji.

Dari ketiga peluang bisnis offline diatas, saya rasa membuka jasa fotografi adalah pilihan pekerjaan / bisnis terbaik yang paling tepat untuk mahasiswa yang ingin bekerja namun terkendala modal / biaya. Karena pada dasarnya untuk menjadi seorang fotografer, maka kita hanya perlu bermodalkan kamera saja, kalau dihitung untuk membeli 1 buah kamera slr / dslr mungkin sekitar 3 - 5 juta, dan untuk selanjutnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, dan hasil / uangnya bisa langsung Anda nikmati, setiap kali melakukan proses pemprotetan. Jika butuh Anda bingung ingin memulai Usaha apa, silahkan pelajari cara menemukan Ide Wirausaha Unik Untuk Mahasiswa beserta contoh usaha yang pas untuk mahasiswa muda di Indonesia.

Alternatif lain jika Anda tidak ingin menjalankan bisnis namun tetap ingin mendapatkan uang, maka solusi terbaik adalah dengan mencari Info Lowongan Kerja di Situs Penyedia Informasi Lowongan Pekerjaan, lalu mengirimkan surat lamaran kerja, tapi untuk membuat sebuah surat lamaran pekerjaan juga harus sesuai aturan, untuk itu silahkan pelajari Contoh Surat Lamaran Kerja yang sudah saya tulis dengan baik dan benar berdasarkan aturan yang ada.

Namun, tentu saja semua kembali kepada Anda, baik itu bisnis online maupun bisnis offline, pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan pashion Anda, karena bisnis yang didasarkan atas pashion akan membuat Anda nyaman dalam bekerja. Tetapi juga harus diperhatikan peluang bisnis tersebut di masa depan, apakah memiliki prospek bagus atau tidak dan yang tak kalah penting Anda juga harus rajin membaca Tips Menjadi Pengusaha Sukses, intinya kita perlu belajar dari kesuksesan orang lain. Itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa Yang Ingin Bekerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel