Memaksimalkan Seo Blog Dengan Berbagai Produk Google

Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk tersebut menyediakan layanan gratis atau dengan kata lain kita bisa menggunakan produk-produk dari Google tersebut tanpa harus mengeluarkan uang.

Produk gratis dari Google inilah yang juga sering saya gunakan untuk membantu saya dalam memaksimalkan SEO blog. Jadi Anda sendiri sebenarnya bisa meningkatkan seo blog tanpa harus memesan jasa seo, namun tentunya harus ada waktu dan tenaga yang Anda korbankan.

Mengingat belum banyak yang tahu tentang apa saja produk yang dimiliki Google untuk memaksimalkan SEO, maka melalui artikel ini saya akan mencoba menjelaskan berbagai macam produk Google yang bisa kita manfaatkan untuk memaksimalkan SEO blog / website dan tentunya semua ini gratis.

Secara garis besar akan ada 6 produk yang nanti kita gunakan untuk memaksimalkan seo blog, keenam produk tersebut diantaranya adalah :

  1. Google AdWords Keyword Planner
  2. Google Analytic
  3. Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster)
  4. Google Plus
  5. Google Trends
  6. Google Search + Google Suggest

Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu mengenai apa saja fungsi dari kelima produk atau bisa juga Anda sebut sebagai tool dari Google diatas.

1. Google AdWords Keyword Planner


Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google

AdWords KeywordPlanner adalah tool yang awalnya dibuat Google untuk para pemain AdWords (layanan periklanan Google), namun kini siapa saja bisa mengunakannya untuk melakukan riset kata kunci dan untuk mengetahui berapa jumlah pencarian kata kunci tersebut dalam 1 tahun terakhir.

Fitur yang ada pada AdWords Keyword Planner cukup banyak, bahkan sekarang Google menambahkan fitur Display Planner untuk melakukan riset keyword berdasarkan pencarian video (youtube dan google search) tool ini sebenarnya hasil transformasi dari tool sebelumnya yang bernama Youtube Keyword Tool.

Cara menggunakan Google Adwords Keyword Planner / Display Planner tidaklah terlalu susah, Anda hanya perlu mengunjungi situs Google AdWords: Keyword Planner lalu pilih 'search for keyword' dan selanjutnya masukkan kata kunci yang Anda inginkan.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca panduan yang saya tulis tentang Cara Riset Kata Kunci dengan Google AdWord Keyword Planner.



2. Google Analytic


Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google

Mengintegrasikan blog dengan Google Analytic akan membantu kita dalam mengamati blog, seperti contohnya melihat asal pengunjung, total kunjungan (per hari / mingug / bulan), asal negara pengunjung, jenis browser pengunjung dan kita juga bisa melihat keyword yang menjadi sumber trafik.

Fitur lain dari Google Analytic yang menjadi andalan saya adalah fitur untuk melihat artikel terakhir apa yang dibaca oleh pengunjung dan rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel tersebur, informasi atau data yang diberikan oleh Gooogle Analytic ini sangat membantu saya dalam menganalisa apakah artikel yang saya buat sudah mampu menarik minat pembaca atau belum.

Intinya, Google Analytic bisa kita gunakan untuk menganalisa atau melihat berbagai macam aktifitas dari blog yang terintegrasi olehnya. Untuk para SEOer kita juga bisa melihat keyword yang masuk ke blog dan juga melihat halaman mana saja pada blog kita yang paling banyak mendapatkan kunjungan.



3. Google Search Console


Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google

Search Console (sebelumnya bernama webmaster tool) merupakan tool yang dikembangkan Google untuk para webmaster atau para pemilik blog yang ingin memaksimalkan seo blog mereka. Ya, tool ini memang dibuat khusus untuk para bloger.

Beberapa fitur yang terdapat pada tool Google Search Console adalah :

  • Melihat jumlah dan asal backlink (inbound link)
  • Informasi kata kunci pada blog beserta peringkatnya di Google (search queries)
  • Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada blog (crawl error)

Untuk menggunakan berbagai fitur tersebut Anda harus mendaftarkan blog ke Google Search Console dan memverifikasi kepemilikan blog Anda dengan cara memasang kode meta tag yang diberikan oleh Google ke dalam template blog.

Ohya, ada satu lagi fitur yang saya yakin sangat disukai oleh para blogger atau para praktisi SEO pada khususnya, yaitu fitur Fetch as Google yang akan membantu proses pengindexan artikel blog menjadi jauh lebih cepat. Fitur ini bisa Anda akses melalui Google Searcj Console > Crawl > Fetch as Google.



4. Google Plus


Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google

Dalam SEO adalah istilah Social Signal atau faktor yang mempengaruhi ranking blog pada hasil pencarian yang didasarkan jumlah artikel tersebut dibagikan melalui media sosial seperti Google Plus, Facebook dan Twitter.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Moz, dari sekian banyak media sosial yang ada, Google Plus merupakan media sosial yang memiliki dampak tertinggi dalam hal pengoptimalan blog, dengan kata lain kita bisa mengatakan bahwa Google Plus raja social signal.

Ada satu trik khusus yang mungkin sudah banyak yang tau, trik ini sangat berguna untuk memaksimalkan SEO blog dengan bantun akun Google Plus, caranya adalah dengan memasukkan link ke dalam halaman About atau tepatnya pada form Introduction, link yang Anda dapat sifatnya adalah DoFollow, jadi link tersebut akan terindex Google dan sangat berkhasiat meningkatkan posisi blog di SERP.

Efek ini hanya berlaku jika Anda memiliki akun Google+ yang terkenal atau memiliki banyak follower, jika belum tau caranya silahkan pelajari Cara Menambah Followers Google Plus.



5. Google Trends


Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google

Satu lagi produk Google yang gratis namun memiliki manfaat yang sangat fantastis, yap produk yang saya maksud adalah Google Trends. Sesuai namanya, tool gratisan dari Google ini akan menampilkan informasi mengenai tren terkini yang terjadi di (hampir) seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Jika kita membuka halaman utama Google Trends, maka akan ada 3 kolom yang terdiri dari :

  • kolom 1. Sedang Tren =  Informasi berita apa yang sedang tren saat ini
  • kolom 2. Bagan 2014 = Informasi mengenai berbagi hal yang menjadi tren di tahun 2014
  • kolom 3. Jelajahi Secara Mendalam = Mencari informasi tentang suatu istilah

Dengan Google Trends kita juga bisa melakukan riset kata kunci berdasar tahun, jadi tidak seperti AdWords Keyword Planner yang hanya menampilkan statistik pencarian 12 bulan terakhir, dengan Google Trends kita bisa melakukan lebih dari itu, bahkan kita juga bisa melihat statistik pencarian di tahun 2004 - sekarang.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang bisa dilakukan di Google Trends, silahkan baca selengkapnya melalui artikel Mencari Keyword Populer di Google Trends.



6. Google Search


Produk dari Google itu ada banyak sekali jumlahnya dan kabar baiknya hampir seluruh produk Memaksimalkan SEO Blog Dengan Berbagai Produk Google

Google Search adalah salah satu produk Google yang digunakan hampir seluruh pengguna internet, namun sayangnya belum banyak yang tau cara memaksimalkan penggunaan Google Search, ibaratnya kita hanya memakai namun tidak memahaminya secara penuh.

Ada fitur menarik dari Google Search yang mungkin belum banyak yang tau fitur tersebut Google Search Operator atau ada juga yang menyebutnya Google.

Inti dari fitur tersebut adalah untuk memaksimalkan hasil pencarian yang kita lakukan menjadi lebih spesifik dan mencari informasi yang mungkin tidak ditampilkan secara default, seperti contohnya pengguna search operator link:namasitusdotcom maka hasil pencarian akan menampilkan link yang mengarah ke situs namasitusdotcom tersebut.

SyntaxContoh
"link:url""link:www.google.com"

Search Operator lain yang juga sering saya gunakan adalah penggunaan simbol bintang (*) dan menyisipkannya di tengah-tengah kata, hasilnya akan tercipta riset keyword yang sangat sempurna yang mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan di tool manapun.

Masih banyak search operator lain yang selengkapnya bisa Anda baca disini 6 Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google.

Cara Memaksimalkan SEO Blog dengan menggunakan berbagai produk Google ini sebenarnya akan memakan banyak waktu Anda, tapi saya yakin hasilnya juga akan maksimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memaksimalkan Seo Blog Dengan Berbagai Produk Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel