Kunci Sukses Bisnis Dari Wirausaha Terkenal Di Dunia

Kunci Sukses Bisnis dari Wirausaha Terkenal di Dunia Kunci Sukses Bisnis dari Wirausaha Terkenal di Dunia

Pengusaha atau wirausahawan adalah orang yang mampu memanfaatkan sebuah peluang usaha untuk dijadikan suatu bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan.

Sudah selayaknya seorang wirausahawan atau pengusaha memiliki kemampuan dalam mengola atau memanfaatkan sumber dana dan sumber daya yang dimiliki untuk dimaksimalkan dalam berbisnis.

Selain itu, prinsip yang harus dipegang wirausaha / pengusaha dalam menjalankan usahanya adalah keberanian dalam menanggung resiko, namun bukan berarti mengabaikan resiko dalam berwirausaha.

Dari penjelasan singkat mengenai wirausaha diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian wirusaha adalah orang yang mampu memanfaatkan sumber dana & sumber daya yang ada untuk menjalankan usaha atau bisnis, serta berani menanggung resiko yang diambil.

Salah satu cara menjadi wirausaha adalah dengan belajar wirausaha dari ahlinya atau dalam hal ini adalah para tokoh wirausaha terkenal yang lebih dulu sukses berwirausaha.

Kita tidak harus belajar secara langsung (bertemu), tapi kita bisa mempelajari kunci sukses bisnis yang mereka (wirausaha terkenal) pegang. Hal tersebut bertujuan untuk mencari ide wirausaha dan membantu kita dalam mencari tahu serta memahami bagaimana karakteristik wirausaha sukses.

Ada banyak contoh wirausaha terkenal dari seluruh Dunia yang bisa kita contoh dan jadikan panutan dalam meraih kesuksesan,  beberapa diantaranya adalah :

  1. Jack Ma
  2. Mark Zuckerberg
  3. Chairul Tanjung

Saya yakin, ada sebagian dari nama-nama tokoh wirausaha sukses diatas yang masih asing di telinga Anda, untuk itu disini akan saya coba jelaskan siapa dan apa kunci sukses para wirausahawan kaya tersebut.

1. Jack Ma



Jack Ma adalah adalah wirausaha sukses asal negeri cina, kesuksesannya dalam berbinis bermula dari situs Alibaba, ya dia merupakan pendiri situs Alibaba sebuah perusahaan perdagangan online yang sudah mendunia dan sahamnya bahkan sudah diperjual belikan di bursa saham New York.

Alibaba Group berbasis di kampung halaman Ma, Hangzhou. Perusahaan itu didirkan pada 1999 oleh Ma dan 17 temannya. Rentang 15 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2014 setelah melantai di Bursa New York, nilai Alibaba Group menjadi US$231,44 miliar, jauh di atas Amazon dengan US$150 miliar dan eBay dengan US$67 miliar.

Bermodalkan kemampuan bahasa inggris dan gelar sarjana inggris dari Hangzhou Normal University, sukses mengantarkannya menjadi dosen di Hangzhou Dianzi University, namun karena honor yang diterima sangat kecil, memaksa dia untuk mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan, naasnya beberapa kali melamar kerja (salah satunya mendaftar sebagai karyawan di Kentucky Fried Chicken / KFC) selalu ditolak.

Siapa sangka, dari berbagai penolakan tersebut justru membuat Ma semakin kreatif dan memutar otak untuk mencari cara mendapatkan uang yang pada akhirnya bersama 17 orang temannya, Ma mendirikan Alibaba.com, dan memulai bisnis jual beli onlinenya.

Kunci sukses bisnis Jack Ma berawal dari kecintaannya akan bahasa inggris dan kemampuannya dalam melihat peluang usaha.

“When Though Days Come, Think of Your First Day’s Dream”
-Jack Ma-

2. Mark Zuckerberg



Mark Zuckerberg adalah pendiri situs Facebook, sebuah situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbesar saat ini dan menjadikan Mark sebagai wirausaha muda terkaya saat ini dengan total kekayaan mencapai US$17,5 miliar atau setara dengan Rp175 triliun (kurs Rp10.0000).

Miliarder yang berasal dari kota White Plains, New York, USA. Ia sudah menuai sukses sejak usianya masih muda. Kesuksesan Mark Zuckerberg bukanlah tanpa halangan, ia sempat dihadapkan pada pilihan yang sulit antara melanjutkan pendidikan atau melanjutkan proyek bisnis jejaring sosial Facebook. Dengan optimis Mark memilih untuk melanjutkan binis untuk mengembangkan Facebook bersama rekan-rekannya.

Pilihan Mark untuk DO dari Harvard University untuk menjadi pengusaha internet (internet entrepeneur) dan mengembangkan projek Facebook ternyata berbuah manis, terbukti dari jumlah pengguna Facebook terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan kini penggunanya telah yang kini telah mencapai 1 milliar pengguna aktif.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah sukses Mark Zuckerberg, diantaranya adalah sukses tanpa pendidikan itu mungkin. Namun tentunya harus memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan.

Salah salah satu kunci sukses dalam berbisnis yang dipegang Mark adalah keberanian dalam mengambil resiko, itu terlihat ketika dia memilih untuk melanjutkan projek startup Facebook ketimbang melanjutkan kuliahnya.

“In a world that's changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.”
-Mark Zuckerberg-

3. Chairul Tanjung



Chairul Tanjung adalah pengusaha sukses yang berasal negeri Indonesia tercinta. Kesusesan dalam memimpin CT Corp membuat namanya dikenal luas dan sekaligus menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes.

Kita harus bangga dengan Pak CT (panggilan akrab Chairul Tanjung), kekayaan yang ditaksir mencapai USD 4 miliar atau setara dengan RP 40 Triliun (kurs Rp 10.000) sukses menghantarkan pak CT menempati orang terkaya posisi nomor 375 dunia.

Kisah menggapai sukses yang dilalui Pak CT telah dimuat dalam buku berjudul "Chairul Tanjung Si Anak Singkong" yang ditulis oleh Tjahja Gunawan. Buku biografi tersebut sengaja dijual 'murah' atas permintaan Pak CT kepada penerbit. Dimana pihak Penerbit tidak usah sepeser pun royaltinya dari hasil penjualan buku tersebut.

“Tidak pernah ada orang sukses yang tidak hormat pada orangtuanya.”
-Chairul Tanjung-

Kunci Sukses Wirausaha


Dari ketiga kisah sukses para wirausaha terkendal diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa kunci sukses wirausaha adalah sebagai berikut :

Keahlian dalam Menjalankan Usaha / Bisnis


Secara garis besar ada 3 keahlian atau skill yang harus dikuasai seorang wirausaha jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis, ketiga skill tersebut adalah Managerial skill (kemampuan dalam mengorganisasikan semua faktor produksi), Technical skill (keahlian yang bersifat teknis) dan Organizational skill (keahlian dalam memimpin berbagai usaha). (kunci sukses dari Mark Zuckerberg)

Mengembangkan Potensi Bisnis Domestik


Kembangkan potensi bisnis dimana tempat Anda berada, jangan hanya terfokus pada ekspor, karena sejatinya jika pasar luar sedang mengalami penurunan, maka bisnis yang Anda jalankan akan mati. (kunci sukses dari Jack Ma)

Berkomitmen Menjadi Orang Sukses


Komitmen tinggi terhadap hal yang dilakukan jadi kunci utama dalam meraih kesuksesan. Cita-cita / impian untuk sukses juga akan memberikan Anda kekuatan, orang yang tidak mempunyai impian akan 'diam di tempat'. (kunci sukses dari Chairul Tanjung)

Baca juga artikel selanjutnya : Contoh Wirausaha Modal Kecil

Kunci sukses bisnis yang sesungguhnya adalah berani untuk bermimpi, yakini, imani apa yang Anda kerjakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kunci Sukses Bisnis Dari Wirausaha Terkenal Di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel