Kelebihan & Kekurangan Pada Sistem Pemasaran Online

 Kekurangan Pada Sistem Pemasaran Online Kelebihan & Kekurangan Pada Sistem Pemasaran Online

Sistem pemasaran online atau lebih kita kenal dengan istilah internet marketing merupakan kegiatan mempromosikan suatu produk / jasa melalui media internet dan merupakan satu dari 21 cara mendapatkan uang dari internet yang sudah tebrukti.

Profesi online sebagai pemasar online atau internet marketer (IMer) memang bukan hal yang baru di Indonesia, namun jumlahnya juga belum bisa dikatakan banyak, jadi peluang bisnis online untuk menjadi pemasar online tentunya masih terbuka lebar untuk Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk belajar bisnis internet marketing atau terjun menjadi seorang freelancer online, maka penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan internet marketing.

Baca Juga
 Kekurangan Pada Sistem Pemasaran Online Kelebihan & Kekurangan Pada Sistem Pemasaran OnlineStrategi Pemasaran Online

Pelajari bagaimana cara melakukan pemasaran online yang benar agar mampu meningkatkan penjualan hingga 3x lipat.

Kelebihan / Keunggulan Internet Marketing


1. Bisa dijalankan dimanapun dan kapanpun

Istilah kerennya adalah kerja online secara remote, jadi intinya dimanapun Anda berada, entah itu sedang piknik di luar kota atau pergi ke rumah nenek sekalipun, selama terkoneksi dengan internet maka Anda tetap akan bisa melakukan pekerjaan seperti biasa.

Waktu kerjanya pun juga sangat fleksibel, artinya Anda bisa bekerja pada pukul berapa saja. Entah itu pagi, siang atau malam sekalipun tidak akan ada yang melarang.

Inilah yang seringkali menjadi alasan kenapa para pekerja kantoran mengundurkan diri dari pekerjaan tetap mereka sebagai karyawan suatau perusahaan, karena dengan bekerja sebagai internet marketer, mereka bebas memilih jam / waktu kerja mereka.

2. Tidak terbatas ruang dan waktu

Siap menjalankan pemasaran online, itu artinya Anda harus siap pula melayani pelanggan dari belahan bumi manapun, karena nantinya pelanggan Anda tidak terbatas dari satu kota saja, melainkan berasal dari seluruh dunia.

Karena itulah pemasaran online seringkali disebut sebagai bisnis yang tak terbatas oleh apapun. Jadi potensi untuk berkembang akan jauh terbuka lebar dibanding pemasaran biasa (offline).

3. Biaya investasi yang murah

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis pemasaran online terbilang sangat kecil, karena yang Anda butuhkan hanyalah alat promosi berupa seperangkat laptop beserta modem dan paket internet.

Sementara untuk media promosi, Anda bisa menggunakan media gratisan seperti Facebook, Twitter, Instagram dan jejaring sosial lainnya atau jika ingin terlihat lebih profesional maka Anda bisa membuat toko online > selengkapnya silahkan baca cara membuat toko online.

Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu saja dibutuhkan modal yang lebih besar pula, misalnya modal tersebut bisa Anda gunakan untuk menyewa slot iklan di Blog atau memasang iklan di Facebook.

4. Lebih mudah dalam mencari target market

Mau mencari orang yang suka sepakbola untuk ditawari jersey atau para pecinta kPop untuk ditawari baju korea ? mudah saja bagi para pemasar online, caranya tinggal cari fanpage Facebook yang mempunyai konten sesuai dengan target market Anda.

Alternatif lain adalah dengan mencari calon pembeli dari mesin pencari seperti Google atau Bing dengan membuat blog lalu menargetkan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk yang kita jual.

Mencari pembeli dari mesin pencari memang lebih tertarget namun sekaligus juga menjadi cara yang paling sulit karena kita harus bersaing dengan para internet marketer lain yang mengejar kata kunci serupa.

Kekurangan / Kelemahan Internet Marketing


1. Sulit mendapatkan kepercayaan dari pelanggan

Membangun kepercayaan pelanggan memang bukan hal yang mudah, apalagi bisnis yang Anda jalankan masih seumuran jagung yang notabenya belum seorang pun mengenal brand Anda.

Inilah tantangan Anda sebagai seorang internet marketer, dimana Anda harus mampu menyakinkan pembeli dengan kalimat Anda bahwa mereka tidak akan rugi membeli barang yang Anda jual.

Memberikan foto dari berbagi sudut dan menyertakan screenshot testimoni dari para pelanggan Anda terdahulu, terbukti ampuh untuk menampah kepercayaan konsumen.

2. Rawan akan penipuan online

Penipuan dalam jual beli online bukan hanya dilakukan oleh seller atau penjual saja, namun dari sisi pembeli pun juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan penipuan.

Anda tentunya masih ingat salah satu kasus penipuan online yang dilakukan oleh salah satu pembeli, dimana ia menggunakan kedok mesin ATM Rusak lalu mencoba menduplikasi struk laporan pengiriman uang menggunakan catatan tangan.

Hasilnya memang konyol dan tentu saja penjual tidak mengirim barang sesuai pemesanan pembeli, karena bukti pembayaran dan dana pembayaran belum masuk ke rekening penjual.

Jadi, pastikan Anda benar-benar jeli dalam menjalankan pemasaran online, jangan sampai dana belum masuk namun Anda nekat mengirim barang.

3. Kendala waktu pengiriman barang

Komplain atas keterlambatan waktu pengiriman barang merukan makanan sehari-hari yang harus dirasakan oleh para penjual, karena memang tidak ada kepastian waktu tentang waktu ketibaan barang hingga ke tempat pembeli (hanya perkiraan hari).

Jadi disini Anda harus pintar menyiasati soal waktu pengiriman barang, misal jika pada daftar waktu pengiriman barang tertulis 3 - 4 hari, maka sebaiknya Anda bilang ke pembeli jika barang akan sampai dalam waktu 4 - 5 hari.

Dengan kata lain, lebihkan 1 hari, agar nantinya jika barang tidak sampai pada waktu yang dijanjikan oleh jasa pengiriman barang (3 - 4 hari) maka Anda masih bisa bernafas lega.

Sementara jika barang datang pada waktunya, maka Anda akan dianggap penjual yang profesional oleh pembeli tersebut.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa sistem pemasaran online tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan atau kelemahan inilah yang harusnya Anda jadikan perhatian khusus, karena jika dibiarkan maka bisnis online yang Anda jalankan bisa dipastikan akan sulit untuk berkembang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan & Kekurangan Pada Sistem Pemasaran Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel