Google: Mengapa Tidak Blog Dalam Bahasa Melayu Saja?

 Saya baru tahu ada pesan dari Google pada dashboad blogger Google: Mengapa Tidak Blog Dalam Bahasa Melayu Saja?

Saya baru tahu ada pesan dari Google pada dashboad blogger, entah sejak kapan pesan ini muncul tapi yang jelas saya baru tahu hari ini. Pesan yang berbunyi 'mengapa tidak blog dalam bahasa melayu saja?' seolah mengeaskan bahwa pesan ini berisi ajakan untuk para blogger agar membuat blog dengan bahasa Melayu.

 Saya baru tahu ada pesan dari Google pada dashboad blogger Google: Mengapa Tidak Blog Dalam Bahasa Melayu Saja?

Kenapa harus bahasa Melayu ? menurut analisa saya (ceileh), publisher atau para blogger Melayu jumlahnya masih sedikit, hal tersebut bisa dibuktikan dengan cara menuliskan beberapa kata kunci dalam bahasa Melayu pada mesin pencari Google dan silahkan Anda lihat dan bandingkan hasilnya dengan bahasa lain (Indonesia misalnya)

Atau lebih mudah begini saja, kita akan melakukan eksperimen dengan mengambil contoh kata kunci 'bisnis online' lalu kita lakukan pencarian di Google dan hasilnya sebagai berikut :

 Saya baru tahu ada pesan dari Google pada dashboad blogger Google: Mengapa Tidak Blog Dalam Bahasa Melayu Saja?
About 1,250,000 results (0.30 seconds)

Lalu selanjutnya kita translate kata kunci 'bsnis online' ke dalam bahsa melayu menggunakan Google Translate dan menghasilkan kata kunci baru yaitu 'perniagaan dalam talian', selanjutnya lakukan langkah yang sama yaitu melakukan pencarian di Google Search, hasilnya :

 Saya baru tahu ada pesan dari Google pada dashboad blogger Google: Mengapa Tidak Blog Dalam Bahasa Melayu Saja?
About 507,000 results (0.38 seconds)

Jumlah index artikelnya jauh dibawah artikel dengan bahasa indonesia, dari eksperimen kecil ini sudah cukup membuktikan bahwa blog dengan konten bahasa melayu masih sangat sedikit, jadi melalui pesan yang kita temui di dashboard blogger tersebut tujuannya sudah sangat jelas untuk meningkatkan jumlah blog dalam bahasa melayu di hasil pencarian Google.

Saya tidak tahu apakah pesan ini muncul di semua akun blogger atau hanya sebagian saja, namun yang jelas pesan dari Google tersebut bersifat persuasif atau ajakan :

Dengan lebih dari 220 juta pembicara di seluruh dunia, dan pemirsa yang berkembang pesat, konten Melayu bisa menjadi kesempatan Anda berikutnya untuk mendapatkan pembaca baru. Anda sekarang dapat menggunakan akun baru atau akun AdSense yang ada untuk memonetisasi konten Melayu Anda. Mulailah sekarang.

Jika kita baca dengan teliti pesan dari Google, maka diakhir pesan tersebut ada kata AdSense yang berarti jika disimpulkan tujuan dari Google mengajak para blogger untuk ngeblog dengan bahasa melayu bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan index blog dalam bahasa melayu tapi juga untuk membantu para advertiser malaysia yang menggunakan layanan Google AdWords, karena mungkin saja jumlah penayang iklan jauh lebih banyak dibanding para penerbit iklan.

Ini adalah kesempatan emas bagi blogger Indonesia, mengingat Bahasa Melayu tidak jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia, jadi saya rasa tidak terlalu sulit untuk membuat artikel dalam bahasa Melayu.

Lantas, siapakah Anda untuk mendapatkan lebih banyak dollar melalui program AdSense dengan membuat blog dalam bahasa Melayu ? Belum tahu bagaimana caranya ? dua artikel ini akan membantu Anda, artikel pertama tentang Cara Membuat Blog dan artikel kedua tentang Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Google: Mengapa Tidak Blog Dalam Bahasa Melayu Saja?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel