Download Buku Panduan Belajar Seo Gratis (Ebook Pdf) Part 2

 khususnya yang berkaitan dengan Backlink Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

Akhirnya selesai juga Ebook Belajar SEO Otodidak Gratis Part 2. Apa isi dari Ebook SEO Otodidak Part 2 ini ? Seputar SEO Off-Page, khususnya yang berkaitan dengan Backlink, seperti jenis-jenis backlink, teknik nge-backlink dengan anchor text, dan social signals.

Judul:SEO Otodidak 2Format:PDF
Penulis:Berguru SEOHarga:Rp. 0 (gratis)
Halaman:6 LembarMateri:SEO Off-Page

eBook Belajar SEO Otodidak sengaja saya split menjadi dua bagian karena sebenarnya, ebook ini masih beta. Kedepan saya ingin menyempurnakan lagi dengan memperbanyak materi, baik dari SEO On-Page maupun Off-Page. So, tunggu saja eBook SEO Otodidak Full Version di episode yang akan datang.

302 KB

 khususnya yang berkaitan dengan Backlink Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

 khususnya yang berkaitan dengan Backlink Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

3.1 Anchor Text


Di eBook SEO Otodidak Part 1 saya sudah menyinggung sedikit tentang Anchor Text pada SEO On-Page (internal link) dan di eBook Belajar SEO Otodidak Part 2 ini saya ingin membahasnya lebih dalam.

Secara garis besar ada 2 Jenis Anchor Text yang jamak digunakan :

  • Partial Match = Anchor Text yang berupa Keyword Utama
  • Exact Match = Kombinasi / Variasi dari Anchor Text Utama

Agar lebih mudah dipahami, saya akan memberikan contoh artikel dengan Judul ’Cara Menjahit Pakaian’ :

  • Partial Match = Cara Menjahit, Menjahit Pakaian, Jahit Pakaian
  • Exact Match = Cara Menjahit Pakaian

Dari kedua jenis / type Anchor Text mana yang terbaik ? menurut saya pribadi, kedua jenis Anchor Text tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi jika ditanya yang terbaik, keduanya sama-sama baik, dan kedua Anchor Text tersebut bukan pilihan, artinya Anda bisa menggabungkan keduanya.

Riset Anchor Text


Saya pernah melakukan riset (atau apalah namanya) kecil-kecilan tentang SEO yang terinspirasi dari salah satu post yang ada di situs Moz.com tentang Eksperimen Anchor Text. Dalam riset tersebut saya bereksperimen dengan 3 Blog baru, dengan nama domain yang hampir sama.

Blog1.com
Blog2.com
Blog3.com

Masing-masing Blog, saya berikan Backlink dari situs yang sama dengan variasi Anchor Text yang berbeda :

Blog1.com > Partial Match
Blog2.com > Exact Match
Blog3.com > Non-Exact Match

* Non-Exact Match adalah Anchor Text yang tidak mengandung Keyword

Hasilnya ? cukup mengesankan, posisi pertama ditempati Blog2 disusul Blog3 dan diposisi terakhir adalah Blog3.

* Riset ini saya lakukan tanggal 4-2-2014 – sampai domain coid, tidak ada jaminan akan sama hasilnya jika diterapkan pada era SEO 2015.

Meski demikian, seperti yang saya katakan diatas, tiap anchor text memiliki kelebihan dan kekurangan, Exact Match boleh unggul pada keefektifan meningkat ranking blog di SERP, namun rawan terkena penalty Unnatural Inbound Link (karena tidak ada variasi) dan untuk Partial mungkin tak seektif Exact Match, namun cukup aman untuk jangka panjang (bervariasi dan terlihat natural).

3.2 Contextual Link


Apa itu Contextual Link ? secara harfiah, pengertian dari Contextual Link adalah Link yang berada di dalam Konteks. Yang dimaksud konteks disini adalah pada bagian Artikel (body).

Menurut informasi yang saya dapat dari teman-teman Ads.ID, Google memberi nilai lebih pada Backlink yang diletakkan di dalam artikel. Menggabungkan Contextual Link + Exact Match Anchor Text bisa dipastikan akan menghasilkan Backlink yang super duper ampuh untuk mendongkrak SERP Blog kita.

3.3 Site Wide Link


Site Wide Link adalah link yang muncul di seluruh halaman web. Salah satu contoh Site Wide Link adalah link yang ditempatkan di bagian :

  • Header
  • Sidebar
  • Footer

Contoh nyatanya Anda bisa melihat link credit template yang berada di bagian footer, itulah yang disebut Site Wide Link.

Pertanyaanya, apa Site Wide Link ini baik untuk SEO ? jika ditanya baik atau tidak, maka saya akan menjawab Tidak Baik, tapi kalau Anda bertanya ampuh atau tidak, jelas saya akan menjawab Sangat Ampuh.

Site Wide Link & Kontes SEO


Saya anggap Anda paham maksud saya diatas, karena sejatinya Site Wide Link ini lebih sering digunakan oleh para pakar SEO saat mengikuti Kontes SEO, jadi hanya bersifat sementara, setelah posisi Blog naik di peringkat 1, selanjutnya Backlink akan dihapus untuk menghindari penalty dari Google.

3.4 Link Juice


Link Juice ini sebenarnya hanya sebuah istilah dalam SEO yang artinya hampir sama dengan Ranking Power atau kekuataan sebuah link. Jika Anda pernah mendengar para master seo indonesia mengatakan ’kasih aja link juice yang banyak’ itu sama artinya dengan ’kasih aja backlink yang memilik ranking power tinggi dengan jumlah banyak’.

Ada banyak situs yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan Link Juice, salah satu yang paling banyak digunakan adalah YouTube.

3.5 Link Wheel


Dari namanya saya yakin Anda juga sudah paham apa arti dari teknik SEO ini, bukan ? yap, sebuah Link Berputar yang dari kesemua Link tersebut diarahkan ke money site.


Inti dari teknik SEO Link Wheel ini hanyalah memutar Backlink dari Site 1, ke Site 2, dan seterusnya, barulah Backlink tersebut di arahakan ke Money Site atau Blog utama Anda.

 khususnya yang berkaitan dengan Backlink Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

4.1 Google Plus


Sengaja saya letakkan Google+ diurutan pertama karena dari sekian banyak media sosial yang ada, Google+ lah yang paling efektif. Pernyataan ini juga diiyakan oleh Moz, melalui Search Engine Correlation Data yang mereka kumpulkan.

 khususnya yang berkaitan dengan Backlink Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

Namun, bukan berarti hanya dengan memberikan +1 maka blog kita bisa pejwan. Bukan seperti itu, karena +1 hanya sebagian kecial dari ranking factor yang ada, jadi kita tetap perlu Backlink dan social signal dari situs social media lain seperti Facebook, Twitter, LinkedIn.

Untuk mendapatkan Backlink DoFollow dari Google+ caranya cukup mudah, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan link blog di bagian Intruduction ( Home > About > Introduction ).

4.2 Facebook


Entah kenapa Facebook berada dibawah Google+, padahal jika dilihat dari data yang ada, seperti jumlah pengguna, jumlah index page, dan tahun pembuatan tentu Facebook jauh lebih unggul, dan seharusnya hal ini jelas membuat nilai SEO dari Facebook lebih kuat dari Google+.

 khususnya yang berkaitan dengan Backlink Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

Meskipun tidak seampuh Google+, Facebook tetap saya anggap sebagai jejaring sosial terbaik untuk meningkatkan PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) pada Blog, karena ada Backlink DoFollow yang bisa kita dapatkan dalam jumlah banyak dari situs Facebook.

Untuk mendapatkan backlink DoFollow dari situs Facebook, kita perlu menambahkan Static HTML melalui https://apps.facebook.com/static_html_plus/ selanjutnya masukkan backlink pada index.html

4.3 Twitter


Saya tidak menemukan Twitter Share sebagai Social Signal pada data yang disajikan oleh Moz, namun saya tetap yakin bahwa Kicauan kita di Twitter bisa membantu meningkatkan ranking SEO Blog.

 khususnya yang berkaitan dengan Backlink Download Buku Panduan Belajar SEO Gratis (eBook PDF) Part 2

Karena, paling tidak dengan mebagikan link di Twitter, maka akan menambahkan inbound links pada situs blog kita.



Untuk mendapatkan hasil maksimal dari teknik SEO OFF-Page :

Cari Backlink dari situs dengan Link Juice tinggi, pasang Backlink tersebut di bagian Body (artikel) dan gunakan Anchor Text dengan jenis Exact Match lalu implementasikan Teknik SEO Wheel untuk memperkuat SEO pada setiap halaman sumber Backlink, yang terakhir perbanyak Social Share.

Jujur, untuk Belajar SEO sebenarnya tidak cukup hanya dengan Membaca, dimana kita juga harus Mempraktekkan lalu Menyimpulkan sendiri mana teknik SEO yang kita anggap sebagai yang terbaik.



Kemarin ada yang bertanya ke saya 'apa alasan membagikan ebook seo gratis ?' alasan utama karena saya merasa 'berdosa', menggunakan subdomain dengan nama SEO tapi hampir 2 bulan lebih saya tidak membagikan Trik & Tips / Tutorial SEO.

Nah, di tahun 2015 ini  sengaja saya jadikan sebagai ajang ntuk memperbaiki kesalahan di tahun 2014, salah satu caranya adalah dengan membagikan ebook belajar seo otodidak ini, doakan saja semoga saya bisa konsisten berbagi ebook seo gratis setiap bulan dengan materi yang berbeda pula tentunya ^_^.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Buku Panduan Belajar Seo Gratis (Ebook Pdf) Part 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel