Daftar Bisnis Ukm / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan Daftar Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang MenjanjikanUsaha Kecil Menengah atau akrab kita singkat menjadi UKM merupakan salah satu jenis usaha yang mengandalkan kemandirian, karena sesuai namanya, UKM adalah bisnis dengan skala kecil yang cenderung hanya mengandalkan modal sendiri dan tidak bergantung investor, hal ini membuat UKM sangat berpotensi untuk bisa survive atau berkembang secara mandiri.

Banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak terbesar dalam perekonomian yang ada di suatu negara. Peran pemerintah dalam memperkokoh potensi pengembangan UKM sebenarnya sangat dibutuhkan dan dari pihak UKM Sendiri juga perlu untuk bisa 'menjemput bola' melihat peluang yang ada.

Saya sadari bahwa dalam pengaliasainnya untuk memulai Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) memang tidak mudah, lantaran modal yang kecil dan juga minimnya bantuan dari investor membuat para pelaku Bisnis UKM benar-benar dituntut untuk kreatif dalam memilih dan menjalankan Usahanya.

Namun, jangan khawatir, karena di artikel ini saya sudah merangkum beberapa Daftar / Jenis Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang menjanjikan saat ini dan tentunya bisa Anda jalankan dengan modal yang relatif kecil.

1. Bisnis UKM dengan membuka Restoran


Bisnis Restoran merupakan salah satu industri yang memiliki kecenderungan untuk tumbuh dengan laju yang paling cepat, hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat modern yang  lebih suka makan di restoran ketimbang memasak di rumah. Tak heran jika Bisnis Restoran menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Memulai Bisnis Restoran juga bukan pekerjaan mudah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti :

  • Menjaga biaya resep maksimal 50% dari harga jual
  • Pertimbangan jumlah stok dengan banyaknya permintaan
  • Pemilihan tempat yang strategis

Jika Anda mampu melakuakan ketiga hal diatas dengan baik, maka peluang Anda untuk bisa sukses dalam menjalankan Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di bidang Kuliner atau dalam hal ini adalah Restoran akan terbuka lebar, tetapi tentunya juga harus diimbangi dengan sebuah team yang solid.

2. Bisnis UKM dengan menjual Pakaian


Tidak akan ada yang menolak jika saya menyebut Bisnis UKM di bidang Pakaian adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan saat ini, karena siapapun itu pasti membutuhkan yang namanya pakaian (baju, celana). Pasar yang begitu luas juga membuat Bisns di bidang Fashion / Pakaian ini sangat diminati oleh para wirausahawan muda.

Cara memulai bisnis pakaian / bisnis fashion juga bukanlah pekerjaan yang mudah, karena kita harus pandai dalam memilih produk fashion yang akan kita jual, tak hanya itu strategi yang kita gunakan saat menjual pakaian tersebut juga harus tepat, lebih dari itu pemilihan tempat juga harus kita pertimbangkan, jangan sampai Anda menawarkan baju dengan harga jutaan kepada orang-orang yang memiliki gaji dibawah 1 juta.

Jadi kombinasi antara Barang, Strategi, Tempat dan Waktu sangat dibutuhkan untuk bisa sukses dalam menjalankan Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di bidang Fashion / Pakaian.

3. Bisnis UKM dengan membuka Bengkel


Pertambahan jumlah pengendara sepeda motor yang cukup cepat, bahkan terbilang sangat pesat, amembuat bisnis di bidang otomotif menjadi salah satu bisnis yang paling diminati. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, peningkatan jumlah kendaran bermotor di Indonesia tiap tahunnya hampir mencapai 7 juta unit, tercatat pada tahun 2011 jumlah kendaran bermotor adalah 68 839 341 dan di tahun berikutnya (2012) melonjak menjadi 76 381 183.

Dalam membuka Usaha Bengkel juga tidak bisa sembarangan asal buka, meskipun Anda mempunyai pengetahuan mesin yang handal. Karena masih ada faktor lain yang harus Anda pertimbangkan, seperti :

  • Menentukan lokasi bisnis yang strategis
  • Membuat manajemen bengkel yang baik
  • Memperkerjakan teknisis yang handal

Selain itu Anda juga bisa menggabungkan Usaha Bengkel Anda dengan usaha yang lain, seperti Usaha Cuci Helm / Usaha Cuci Motor. Jadi ibarat pepatah 'sekali mendayung dua tiga pula terlampaui'.

4. Bisnis UKM dengan menjual Pulsa


Salah satu bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan peminat terbanyak saat ini adalah bisnis pulsa, hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna ponsel, dan saking banyaknya pengguna ponsel di Indonesia, bahkan jumlahnya melampaui dari jumlah penduduk di Indonesia, menurut data statistik dari US Cencus Bureau, Indonesia memiliki 251 juta penduduk, dan jumlah pengguna ponsel adalah 281 juta, hal ini bisa terjadi karena 1 orang bisa memiliki lebih dari 1 ponsel.

Modal yang tidak terlalu besar, atau bahkan terbilang kecil juga menjadi salah satu alasan kenapa bisns pulsa memiliki peminat yang tinggi, selain itu, kemudahan dalam bekerja juga menjadi alasan kuat bisnis pulsa menjadi raja dari bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah).

Ada banyak cara untuk memaksimalkan keuntugan Anda dalam memulai bisnis jualan pulsa, diantaranya adalah :

  • Membuka konter
  • Menjual kepada tetangga terdekat
  • Menjual kepada teman sekolah

Jika masih kurang puas dengan penjualan yang didapat, Anda juga bisa menawarkan pulsa secara online, dan untuk pembayarannya Anda bisa memanfaatkan PayPal atau bisa melalui iBanking.

5. Bisnis UKM dengan memanfaatkan Internet


Seperti yang kita semua ketahui, internet menawarkan berbagai macam peluang bisnis beragam, yang menjanjikan. dan yang paling banyak diminati saat ini adalah Bisnis Marketing / Pemasaran Online, karena dengan internet kita tidak terbatas ruang dan waktu, dimanapun dan kapanpun kita bisa menggunakan internet untuk melakukan promosi.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi di Internet seperti misalnya :

  • Media sosial
  • Toko online
  • Pasang iklan di Iklan Baris Online

Dan masih bnyak lagi tempat-tempat lainnya yang bisa Anda coba untuk memasarkan produk.

5 Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang saya sebutkan diatas memiliki prospek atau peluang yang cukup menjanjikan di tahun yang akan datang, karena menurut riset kecil-kecilan yang saya lakukan, kelima bisnis ukm diatas memiliki jumlah peminat yang terus tumbuh / meningkat tiap tahunnya,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar Bisnis Ukm / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel