Cara Promosi Online Yang Efektif Dan Efisien

Teknik atau cara melakukan promosi online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara promos Cara Promosi Online Yang Efektif dan EfisienTeknik atau cara melakukan promosi online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara promosi produk secara offline, dimana pada intinya kita sama-sama berusaha untuk membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kita jual. Tapi tentunya tetap ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di promosi offline, namun tidak bisa dilakuakn di promosi online, seperti permainan ekspresi wajah atau tatapan mata, jadi dalam promosi online memang membutuhkan trik khusus. Apa saja trik-trik promosi online tersebut ? silahkan Anda simak ulasannya dibawah ini.

Sebelumnya saya ingin membahas dulu pengertian tentang apa itu Cara Promosi Online Efektif dan Efisien :

  • Efektif adalah Ampuh (terbukti)
  • Efisien adalah Tepat (tidak mubadzir)

Jadi keenam Cara Promosi Online dibawah ini sudah terbukti dan juga bisa dipastikan tepat sasaran alias tidak akan membuang waktu Anda secara percuma.

Baca Juga
Teknik atau cara melakukan promosi online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara promos Cara Promosi Online Yang Efektif dan EfisienCara Bisnis Online

Artikel ini berisi informasi tentang bagaimana cara saya dalam memulai bisnis online tanpa modal, sangat cocok untuk Anda yang masih pemula sekalipun.

Cara Promosi Online


Gambaran singkat untuk Anda, ada 6 Cara Promosi Online yang akan saya bagikan di artikel ini, dari mulai mendapatkan kepercayaan dari consumer, sampai cara melakukan closing yang tepat. Daripada penasaran, langsung saja Anda simak keenam cara promosi online berikut ini.

1. Membangun Kepercayaan


Sebelum melakukan promosi online, maka ada baiknya Anda melakukan pendekatan terlebih dahulu, hal ini berguna untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli, dan jika Anda berhasil mendapatkan kepercayaan, maka Anda bisa jauh lebih mudah dalam menjual barang / jasa, karena pembeli sudah yakin 100%.

Cara mendapatkan kepercayaan pada calon konsumen sejatinya bukanlah pekerjaan yang mudah, karena memang dibtuhkan proses dan waktu sebentar, dan tips mendapatkan kepercayaan konsumen dibawah ini mungkin bisa membantu Anda.

  • Bangun Komunikasi Yang Baik
  • Berikan Bukti Nyata
  • Pastikan Produk Anda Berkualitas

Jika Anda berhasil menerapkan ketiga hal diatas kepada konsumen, maka dalam waktu dekat bisa dipastikan Anda akan mendapatkan kepercayaan penuh dari konsumen.

2. Memberikan Solusi


Produk / Jasa yang Anda tawarkan haruslah memberikan solusi, bukan malah menambah masalah. Misalnya jika Anda bergerak di bidang 'makanan kucing' maka dalam melakukan promosi, maka Anda wajib menyertakan deskripsi tentang produk Anda tersebut, dan disertai fungsi atau manfaat yang akan didapat oleh konsumen jika membeli produk Anda.

Selain itu terkadang Anda juga akan menemui pelanggan yang menganggap penawaran Anda terlalu mahal, maka solusinya adalah katakan kepada calon konsumen tersebut bahwa harga menentukan kualitas, intinya berikan solusi bukan polusi.

3. Mengutamakan Kualitas


Sudah menjadi rahasia umum bila kualitas jauh lebih baik ketimbang kuantitas, karena akan jauh lebih baik memiliki 1 konten viral yang disukai oleh target / audience Anda, daripada memiliki 1000 konten namun tidak ada yang menyukainya.

Konten yang berkualitas bisa dipastikan akan membuat produk Anda menjadi viral yang pada akhirnya akan dibaca, dibagi dan dibicarakan oleh banyak. Hal ini jelas lebih baik daripada 1000 konten yang hanya dibaca saja.

Untuk membuat konten promosi online yang berkualitas caranya cukup mudah, Anda hanya perlu :

  • Dengarkan apa yang dimau konsumen
  • Berikan nilai tambah pada produk tersebut
  • Fokus

Dengan memperhatikan ketiga hal diatas, akan membuat konten promosi online yang Anda lakukan menjadi lebih terarah dan pastinya akan jauh lebih berkualitas.

4. Menggunakan Teknik Funneling


Dalam promosi online kita juga harus menggunakan teknik khusus untuk menarik minat para pembeli, salah satunya adalah menggunakan Teknik Funneling, yaitu sebuah teknik menjual dengan harga murah terlebih dahulu dan perlahan menaikkannya.

Hal ini sangat ampuh untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan juga sekaligus menjadi teknik paling bagus untuk meningkatkan popularitas dari produk / jasa yang Anda jual karena dengan menawarkan harga murah, maka akan memancing rasa penasaran masyarakat.

5. Menggunakan Trik Cross Selling


Dibilang trik cross selling karena dalam teknik ini kita akan menawarkan barang secara silang. Jadi model dari promosi online ini seperti saling promosi, sebagai contoh Anda menjual Laptop, maka trik cross selling yang tepat adalah dengan menawarkan pula Mouse / Screen Protector.

Yang perlu dicatat dalam menggunakan trik promosi online cross selling adalah jangan sampai Anda menawarkan barang yang salah / tidak nyambung. Misalnya tadi Anda jual Laptop lalu menggunakan trik cross selling untuk menawarkan helm. Contoh pengimplementasikan trik yang salah.

6. Menggunakan Teknik Closing


Teknik yang terakhir dan sekaligus menjadi cara promosi online yang terampuh adalah dengan menggunakan teknik Closing, tujuan teknik adalah untuk membuat pelanggan atau lebih tepatnya calon pelanggan, masuk ke dalam zona 'URGENT' / zona 'GENTING' agar segera membeli produk Anda.

Contoh pengimplementasikan teknik closing :

Jadi gimana pak, mau beli mobil x, mobil y atau mobil-mobilan ? karena promo ini hanya untuk 5 pelanggan pertama kami pak ?

Nah, dengan begini seoalng-olah calon pelanggan dituntut untuk segera membuat keputusan ya atau tidak, tapi kemungkinan besar akan menjawab 'iya'.

Media Promosi Online


Selain menggunakan trik promosi online, pemilihan media / tempat yang tepat juga sangat berpengaruh pada sukses / tidaknya promosi onlin yang Anda lakukan. Jadi selain menggunakan trik, memilih tempat juga merupakan salah satu aspek terpenting untuk mensukseskan aktivitas promosi online.

Pertanyaanya adalah dimanakah tempat promosi online yang terbaik ?

1. Media Sosial


Sudah tidak bisa diragukan lagi, bahwa media sosial (terutama facebook) merupakan media yang paling tepat kita gunakan untuk mempromosikan produk. Karena dari muda - tua, kaya - kurang mampu, ganteng - kurang ganteng ada di Facebook, dengan kata lain apapun pasar Anda bisa ditemui di Facbook. Namun, dalam ber-promosi di Facebook juga ada etika promosi yang harus dijaga, seperti jangan spam dan juga jangan asal tag.

2. Online Shop


Tempat promosi online terbaik kedua adalah Online Shop. Disini kita bisa lebih leluasa, dalam artian kita bebas memasang produk sebanyak-banyaknya, dan untuk alasan kenapa saya menempatkan online shop diurutan kedua atau berada di bawah media sosial, diantaranya adalah karena soal biaya, tak bisa dipungkiri untuk membuat sebuah toko online tidaklah murah.

Menggunakan Online Shop juga disebut-sebut sebagai salah satu cara promosi online yang paling efektif dan efisien. Efektif karena bisa dipastikan pengunjung yang datang akan tertarget sesuai dengan produk / barang yang kita jual dan Efisien karena kita tidak perlu capek-capek promosi berkeliling seperti di Facebook.

3. Iklan Baris Online


Memasarkan produk atau mempromosikan produk dengan memanfaatkan situs iklan baris online juga bisa menjadi alternatif lain untuk Anda yang ingin pelanggan dengan cepat, karena rata-rata situs iklan baris online dikunjungi oleh lebih dari jutaan orang per hari. Jadi peluang iklan kita dibaca orang akan jauh lebih besar.

Jika bingung memilih situs pasang iklan online mana yang terbaik, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Daftar Lengkap Harga Pasang Iklan Baris Murah di Indonesia.

4. Instant Mesagging


BBM, WeChat, Line, Kakotalk dan Instagram merupakan lima dari ratusan aplikasi instant mesaaging terbaik yang bisa Anda gunakan untuk promosi online secara gratis. Alasan kenapa menggunakan Instant Mesaaging adalah karena promosi yang Anda lakukan bisa bersifat private artinya akan meningkatkan peluang terjadinya Closing.

Kata Kata Untuk Promosi Online


Berikut adalah beberapa kata yang bisa membantu untuk mempermulus pemasaran online yang Anda lakukan agar terjadi closing.

1. Gratis


Semua orang pasti menyukai hal yang berbau gratis.

Contoh kalimat promosi  : 'Beli 1 gratis satu, beli dua gratis dua, tidak beli juga tidak apa-apa'

2. Jaminan


Saat membeli produk, tentu semua orang ingin mendapatkan produk yang berkualitas dan terbukti.

Contoh kalimat promosi : 'Beli ebook SEO ini, dijamin Anda akan mendapatkan ranking 1 di kelas Google'

3. Mudah


Tiap orang tentu ingin hidup mudah, untuk itu tawarkan produk yang bisa mempermudah hidup mereka.

Contoh kalimat promosi : 'Dengan membeli software pencetak uang ini, Anda bisa mencari uang dengan mudah'

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa ada banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan penjualan online salah empatnya dengan menggunakan media promosi online yang saya sebutkan diatas, karena cara promosi online tersebut selain efektif dan efisien juga bisa Anda lakukan secara gratis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Promosi Online Yang Efektif Dan Efisien"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel