Cara Meningkatkan Semangat Ngeblog Berdasarkan Penyebabnya

 Tidak ada yang bilang menjadi blogger itu mudah Cara Meningkatkan Semangat Ngeblog Berdasarkan Penyebabnya

Tidak ada yang bilang menjadi blogger itu mudah, malas merupakan salah satu hambatan terbesar dalam ngeblog. Jika seseorang sudah terjangkit penyakit malas dan larut didalamnya, maka selesai sudah karir blogger tersebut. Penyakit malas ini bukan hanya diderita oleh blogger pemula saja, namun blogger senior sekalipun saya yakin pernah mengalaminya juga.

Untuk menghilangkan rasa malas dan meningkatkan kembali semangat ngeblog, maka kita perlu mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab munculnya kemalasan tersebut atau dalam hal ini adalah penyebab hilangnya semangat ngeblog.

Secara garis besar, ada 9 penyebab utama yang membuat semangat ngeblog hilang. Dan sekaligus akan blog Berguru SEO berikan solusi / cara meningkatkan semangat ngeblog yang hilang tersebut.

1. Menurunnya Jumlah Pengunjung


Tak bisa dipungkiri, bahwasanya salah satu penyebab utama semangat ngeblog drop adalah turunnya jumlah pengunjung. Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh pepatah blogger 'jumlah pengunjung berbanding lurus dengan semangat ngeblog'. Artinya, jika pengunjung blog naik maka semangat ngeblog juga akan naik, dan sebaliknya, jika pengunjung blog turun maka semangat ngeblog bisa dipastikan juga akan turun.

Cara Mengatasi : Pelajari bagaimana Cara Meningkatkan Pengunjung Blog.



2. Melakukan Hal Yang Monoton


Melakukan hal yang sama secara berulang dan dilakukan setiap hari, tentu akan membuat siapa saja merasa bosan dan menjadi malas untuk melakukannya lagi. Hal seperti ini pada akhirnya akan berimbas pada hilangnya semangat ngeblog. Jadi, jika selama ini Anda hanya menulis lalu mempublish, maka saran saya cobalah hal yang baru untuk menigkatkan kembali semangat ngeblog.

Cara Mengatasi : Cobalah hal baru, misal Belajar Cara Edit Template Blog.



3. Tidak Mempunyai Alasan Ngeblog


Ini dia masalah terbesar yang paling sering dihadapi blogger, khusunya blogger pemula, dimana mereka tidak memiliki apa yang dinamakan tujuan atau alasan kenapa mereka harus ngeblog. Suatu hal yang wajar, karena saya pribadi pernah mengalaminya, saat dimana saya sama sekali tidak punya semangat untuk membuat artikel, karena seperti tidak ada kewajiban dalama diri saya untuk membuatnya.

Cara Mengatasi : Perbanyak membaca motivasi dan kisah Blogger Indonesia Sukses.



4. Tidak Punya Waktu Ngeblog


Saya paham bahwa tidak semua orang memiliki waktu luang setiap hari, yang bisa mereka gunakan untuk menulis artikel di blog. Masalah seperti ini sering kali dialami oleh para pekerja kantoran yang sulit membagi antara waktu untuk kerja dan waktu untuk ngeblog. Jika masalah susah memanajemen waktu menjadi penyebab Anda malas ngeblog, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan menjadwal posting.

Cara Mengatasi : Di saat weekend, atau hari dimana Anda sedang tidak sibuk, cobalah untuk membuat 3 - 5 artikel sekaligus, lalu jadwal artikel tersebut untuk di publish setiap 2 / 3 hari sekali, jadi selama 2 minggu kedepan Anda tidak perlu menulis artikel lagi.



5. Tidak Mendapatkan Hasil Dari Ngeblog


Jika tujuan awal Anda ngeblog adalah untuk mencari uang dan selang beberapa hari Anda tidak kunjung mendapatkan uang dari blog, maka hal tersebut bisa dipastikan akan membuat semangat ngeblog menjadi drop, bahkan tak jarang yang memutuskan untuk berhenti ngeblog lantaran menganggap ngeblog tidak memberikan hasil sama sekali.

Cara Mengatasi : Pelajari terlebih dahulu ilmu dan teknik SEO untuk meningkatkan pengunjung, jika penunjung sudah cukup banyak, cobalah untuk memonitize blog dengan memasang iklan dari Google AdSense, jika tidak tahu AdSense, silahkan pelajari bagaimana Belajar Bisnis Google AdSense.



6. Tidak Menemukan Ide Tulisan


Tak heran jika orang menyebut 'ide itu mahal harganya'. Saya pribadi sangat setuju dengan pernyataan tersebut, karena dalam bidang apapun, termasuk dalam hal blogging, ide itu sangat penting, tanpanya kita tidak akan berdaya (ceileh). Ini serius, tanpa ide kita merasa bingung bagaimana cara membuat artikel yang baik atau untuk para blogger desain tidak akan bisa menciptakan atau membuat template.

Cara Mengatasi : Sejatinya tidak ada hal atau ide yang benar-benar baru, karena pada dasarnya semua yang baru terinspirasi dari yang lama. Jadi untuk mendapatkan ide / inspirasi, maka cobalah untuk mengunjungi blog para blogger senior yang setopik.



7. Tidak Bisa Fokus


Dari seluruh ebook tentang cara menjadi orang sukses yang pernah saya baca, hampir semua isinya sama yaitu sama-sama menjelaskan bahwa kunci sukses adalah Fokus. Jadi jika saat ini Anda sudah menentukan profesi sebagai blogger maka fokuslah pada pekerjaan tersebut, jangan sampai karena melihat penghasilan internet marketer lain yang lebih, lantas Anda ikut-ikut.an juga, dan meninggalkan profesi Anda sebagai seorang blogger. Hal ini jelas akan membuat Anda tidak fokus dan hasilnya penghasilan yang didapat juga tidak akan maksimal.

Cara Mengatasi : Fokus jika diibaratkan rumah adalah pondasi, jadi jika Anda kehilangannya, maka runtuhlah sudah apa yang Anda bangun selama ini. Untuk itu jangan mudah tergiur dengan apa yang didapat oleh orang lain, karena Anda tidak tahu betapa keras perjuangan mereka untuk mendapatkannya.



8. Mendapat Cibiran Sana-Sini


Masyarakat awam mungkin akan mencibir, jika Anda mengatakan bahwa profesi Anda adalah Blogger. Tidak perlu dimasukkan ke dalam hati, masukkan saja dalam perut lalu buang melalui (isi sendiri). Mereka mungkin juga akan mengatakan 'ngeblog mulu mana hasilnya ?' atau 'percumah ngeblog kalau duit yang kamu hasilin cuma segini'.

Cara Mengatasi : Tidak usah peduli apa yang dikatakan orang lain, karena pemenang ialah mereka yang tertawa di akhir bukan di awal cerita, jadi tetap semangat dan buktikan bahwa profesi blogger tak kalah kerennya dibanding profesi dokter.



9. Lelah, Letih, Lesu dan Lunglai


Penyakit seperti ini jamak menyerang para Full Time Blogger, bayangkan saja siapa apa yang tidak capek jika hampir seharian penuh duduk dan menatap layar monitor ? sebagai manusia biasa, tentu akan merasa sangat lelah jika dihadapkan pada situasi seperti ini.

Cara Mengatasi : Solusi untuk mengembalikan semangat ngeblog dengan masalah seperti ini ya cuma satu, yaitu Istirahat / Tidur jangan terus dipaksakan, karena kita bukanlah robot.

Jika disimpulkan cara meningkatkan semangat ngeblog adalah yang pertama tentu saja adalah dengan menentukan tujuan dan mencari alasan ngeblog, lalu fokus untuk mencapai tujuan tersebut, dan jadikan cibiran sebagai semangat untuk semakin membangkitkan semangat ngeblog Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Meningkatkan Semangat Ngeblog Berdasarkan Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel