Cara Meningkatkan Penghasilan Bulanan Dengan Kerja Sampingan

Cara Meningkatkan Penghasilan Bulanan Dengan Kerja Sampingan Cara Meningkatkan Penghasilan Bulanan Dengan Kerja Sampingan

Jika pendapatan bulanan yang Anda dapatkan dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sekunder, maka itu artinya Anda sudah harus mulai mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan pada umumnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, baik dengan cara bekerja serabutan (mengerjakan apapun) atau bisa juga dengan kerja sampingan (kerja part time).

Beberapa ide bisnis dibawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin meningkatkan penghasilan bulanan dengan cara memulai bisnis sampingan, namun tentunya diperlukan ketrampilan untuk menjalankannya.

Dengan Memanfaatkan Hobi


Menghasilkan uang dari hobi mungkin belum banyak diasadari, padahal sudah banyak orang yang telah membuktikannya, sebut saja PewDiePie, salah satu artis YouTube yang sukses berkat hobinya bermain Game. Anda pun sebenarnya juga bisa memanfaatkan hobi yang Anda miliki dan menjadikannya sebuah pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan bulanan.

1. Fotografi


Hampir setiap orang pasti memiliki sebuah kamera, entah itu kamera digital maupun hanya sebatas kamera ponsel. Dengan sedikit kekreatifitasan, Anda bisa menggunakan kamera tersebut untuk mencari uang.

Terlebih bagi Anda yang memang memiliki hobi fotografi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mencari uang dari hobi Anda tersebut. Misalnya, dengan menjual karya foto Anda di microstock agency.

2. Mengembangkan Aplikasi


Diperlukan keahlian khusus untuk menjalankan bisnis ini dan keahlian yang saya maksud adalah programming. Jadi boleh dibilang bisnis aplikasi ini lebih cocok dikerjakan oleh mahasiswa jurusan Sistem Informasi namun tidak menutup kemungkinan pula jika dikerjakan oleh orang awam, asal mau belajar bahasa pemrograman.

Inti dari bisnis aplikasi ini adalah dengan sistem monetisasi, jadi kita buat aplikasi lalu memasangkan iklan di aplikasi tersebut. Dari iklan yang dipasang tersebutlah, nantinya si developer (pembuat aplikasi) akan mendapatkan uang.

3. Kreasi Masakan


Resep makanan kini bisa didapat dengan mudah melalui internet, hanya dengan mengetikkan kata kunci "resep (nama masakan)" di Google, maka akan muncul sederet blog dengan informasi resep masakan yang Anda cari.

Jika bicara peluang bisnis kuliner, bisa dibilang cukup potensial, karena yang namanya bisnis kuliner hampir setiap saat pasti dicari, karena seperti yang kita tahu, bahwa makanan merupakan kebutuhan primer bagi tiap orang.

4. Menulis Novel


Menjadi seorang penulis novel bisa Anda pertimbangkan sebagai pekerjaan sampingan. Untuk menjadi penulis ada dua hal yang harus benar-benar Anda miliki yaitu komitmen dan konsisten.

Tanpa komitmen, maka tidak akan tercipta sebuah tulisan dan tanpa konsisten maka mustahil novel tersebut akan selesai, jadi milikilah keduanya. Dan yang paling penting adalah rajin membaca karena dari proses membaca itulah si penulis akan belajar kata-kata baru.

Dengan Memulai Bisnis Online


Kerja sampingan yang paling pas dikerjakan saat waktu luang adalah bisnis online. Ada dua alasan kenapa saya mengatakan demikian, alasan pertama adalah karena bisnis online merupakan bisnis yang fleksibel, baik dari segi waktu maupun tempat, artinya kita bebas bekerja dimanapun dan kapanpun. Alasan kedua adalah bisnis online termasuk bisnis yang multitasking. Arinya kita bisa menjalankan berbagai model bisnis online dalam satu waktu.

5. Berkarya Dengan Video


Seiring bertambahnya jumlah pegakses situs berbagi video YouTube, maka ini menjadi peluang emas bagi para YouTuber untuk mendapatkan lebih banyak penonton dan secara tidak langsung akan berdampak pula pada kenaikkan pedapatan mereka.

Seperti yang kita ketahui bahwa YouTube memiliki program periklanan yang dinamakan AdSense. Secara sederhana, konsep periklanan AdSense adalah PPC (Pay Per Click) dan CPM (Cost Per Million) artinya Anda akan dibayar per klik dan per seribu view.

Masih belum paham ? jadi begini, Anda upload video lalu mengatifkan fitur monetize, jika fitur monetize sudah aktif, maka Video yang Anda upload di YouTube tersebut akan muncul sebuah iklan dan jika ada penonton yang mengklik iklan tersebut, maka akan ada sejumlah uang yang akan Anda dapatkan (berkisar antara $0,01 - $10).

Bisa disimpulkan bahwa, inti dari cara mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan mengupload, memonetisasi dan mempromosikan video.

6. Menjadi Makelar Online


Makelar online atau mungkin lebih sering kita dengar dengan istilah Dropship / Reseller / Affiliate bisa disebut sebagai pekerjaan sampingan yang paling menguntungkan, karena modal yang diperlukan terbilang kecil bahkan nyaris tidak ada.

Modal yang saya maksud disini adalah Komputer dan Modem, dimana saya yakin sebagian dari Anda pasti sudah memiliki keduanya, jadi untuk modal bisnis makelar online ini bisa dibilang nol.

Lantas bagimana cara memulai bisnis dropship online ini ? sistemnya hampir sama dengan menjadi makelar offline, dimana hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari supplier (mencari penyuplai barang) dan selanjutnya tinggal kita promosikan, baik melalui media sosial, forum, blog maupun toko online.

7. Menjual Karya Design


Untuk Anda yang memiliki keahlian desain grafis bisa mencoba kerja sampingan dengan menjadi desainer. Peluang bisnis designer terbilang cukup lebar, karena pasar / market dari bisnis desain sangat luas (tidak sebatas pasar indonesia).

Sebagai seorang desainer, maka ada berbagai macam peluang pekerjaan yang bisa Anda coba :

Yang pertama adalah dengan menjadi Freelance Designer, dengan menjadi freelancer, maka Anda bebas bekerja kapan saja dan dimana saja, dengan catatan pekerjaan yang Anda kerjakan harus selesai sebelum atau sesuai deadline.

Dan, yang kedua adalah dengan menjadi Desainer di perusahan game atau perusahaan yang bergerak di bidang kreatif.

Intinya ada berbagai macam pekerjaan yang menanti para desainer, karena memang skill desain ini tidak bisa dipelajari satu atau dua hari, melainkan membutuhkan waktu berbulan bulan.

Ide bisnis sampingan diatas hanya beberapa contoh pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba kerjakan untuk meningkatkn penghasilan, dan sebenarnya masih banyak lagi jenis pekerjaan lain yang bisa dikerjakan diwaktu luang atau kerja part time, namun tentunya tidak bisa saya bahas semua disini. Jadi jika Anda kurang puas silahkan baca artikel dibawah ini.


Intinya apapun kerja sampingan yang Anda pilih, usahakan untuk menyesuaikannya dengan kemampuan yang dimiliki dan yang lebih penting lagi jangan sampain pekerjaan sampingan tersebut menggangu pekerjaan utama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Meningkatkan Penghasilan Bulanan Dengan Kerja Sampingan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel