Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Saya yakin sebagian dari Anda pernah menggunakan Ms. Office Excel bukan ? tapi saya yakin juga tidak semua dari Anda mengetahui bagaimana cara menggunakannya, dan itu wajar saja, karena untuk para pemula (seperti saya dulu) seringkali mengalami kesulitan dala menghafal rumus excel yang ada, dikarenakan memang ada banyak sekali rumus yang terdapat di Microsoft Excel.

Namun di artikel kali ini kita tidak akan membahas seluruh rumus di Microsoft Excel melainkan hanya sebagian saja, atau hanya yang dasar dan penting saja. Dan nanti jika sudah mahir rumus dasar Excel seperti penjumlahan dan seterusnya, maka kita bisa melanjutkan belajar microsoft excel ke tahap berikutnya (tingkat menengah).

Baik kita kembali ke topik, lantas bagaiamana cara menggunakan Microsoft Excel yang paling mudah ? kunci jika ingin mahir dalam menggunakan atau mengoperasikan Microsoft Excel ada pada kemampuan kita menguasai rumus yang ada, jadi semakin kita tahu banyak rumus Excel maka semakin mahir pula kita dalam mengguanakan software Microsoft Excel tersebut.

Jadi disini kita akan belajar rumus dan juga fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel :

Rumus Excel 1 ( penjumlahan / pengurangan / pembagian / perkalian )


Di tahap pertama (awal) ini kita akan belajar rumus dasar Excel yaitu mengenai penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Agar lebih mudah dalam memahami rumus dasar Microsoft Excel ini, saya akan memberikan contoh yang bisa langsung Anda coba / praktekkan.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Pada percobaan kali ini, kita akan melakukan menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada kolom E, F, G, H. Jadi rumus Excel yang akan kita gunakan nantinya adalah seperti ini :

  • Rumus Penjumlahan adalah =C5 + D5 (ketik pada cel E5)
  • Rumus Pengurangan adalah =C5 - D5 (ketik pada cel F5)
  • Rumus Perkalian adalah =C5 * D5 (ketik pada cel G5)
  • Rumus Pembagian adalah =C5 * D5 (ketik pada cel H5)

Jika Anda memasukkan rumus dengan benar, maka hasil yang didapat juga akan benar, contohnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Ada tips / trik Microsoft Excel yang patut untuk Anda ketahui, dimana kita tidak perlu mengetikkan satu per satu rumus pada setiap cel, yaitu dengan cara men-drag kotak berwarna hitam ke arah bawah (vertikal) atau ke arah samping (horisontal). Lebih jelasnya silahkan perhatikan screenshot dibawah ini.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Rumus Excel 2 ( sum / average / max / min / count )


Rumus Excel yang kedua ini sebenarnya sudah bisa Anda pahami dari namanya saja bukan ? karena memang pada dasarnya rumus di Excel hampir semuanya mengunaan bahasa inggris jadi tidak susah untuk menghafal / memahaminya. Namun, saya tetap akan menjelaskan kelima fungsi rumus tersebut.

  • SUM : rumus excel untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  • AVERAGE : rumus excel untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  • MAX : rumus excel untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  • MIN : rumus excel untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  • COUNT : rumus excel untuk mencari banyaknya data dari satu range

Agar lebih jelas ada baiknya kita langsung masuk ke dalam contoh saja. Agar rumus lebih komplit dan nyambung, maka kita akan menggunakan data pada Rumus Excel 1.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Yang akan kita lakukan disini adalah menjumlahkan, mencari rata-rata, mencari nilai tertinggi, mencari nilai terendah dan menghitung banyaknya data secara masal dari cel E5 sampai E9.

  • Rumus SUM : di sel E10 ketik =SUM(E5:E9)
  • Rumus AVERAGE : di sel E11 ketik =AVERAGE(E5:E9)
  • Rumus MAX : di sel E12 ketik =MAX(E5:E9)
  • Rumus MIN : di sel E13 ketik =MIN(E5:E9)
  • Rumus COUNT : di sel E14 ketik =COUNT(E5:E9)

Setelah Anda memasukkan rumus diatas, maka hasil yang akan didapat akan seperti ini. Jika mungkin terjadi error silahkan cek kembali apakah rumus yang Anda masukkan sudah benar atau belum.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Catatan Penting : Setelah memasukkan rumus klik Enter, dan jangan klik cel, karena hal tersebut dapat merubah rumus yang Anda tulis

Sementara itu dullu rumus dasar Microsoft Excel dan kedepan jika ada sempat akan saya usahakan untuk mengupdatenya agar rumus-rumus Microsoft Excel diatas menjadi lebih lengkap.

Seperti yang saya katakan diatas, kunci atau Cara Mudah Menggunakan Microsoft Excel adalah ada pada bagaimana Anda menguasai rumus, maka saya sarankan Anda untuk terus belajar dan memahami rumus-rumus Excel, dan selain menghafal Anda juga harus paham bagaimana prosesnya, jadi nantinya Anda bisa mengembangkan rumus-rumus yang ada, dan tidak hanya sekedar hafalan semata.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel