Cara Mengatasi Alexa Rank Blog Turun Menjadi No Data

Cara Mengatasi Alexa Rank Blog Turun Menjadi No Data Cara Mengatasi Alexa Rank Blog Turun Menjadi No Data

Penyebab alexa rank blog turun ada berbagai macam dan cara mengatasi alexa rank turun, tentu juga berbeda-beda karena harus disesuaikan dengan penyebabnya. Ranking yang turun terus menerus turun bahkan bisa mengakibatkan alexa rank blog tersebut menjadi No Data.

Jadi, ranking No Data pada Alexa bukan hanya dialami oleh blog yang baru dibuat atau domain yang baru dibeli, tapi juga seringkali terjadi pada blog tua yang lama tak diurus oleh pemiliknya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi alexa rank yang terus turun hingga akhirnya menjadi No Data ?

Mudah saja, 6 tips dibawah ini akan membantu blog Anda untuk terbebas dari ranking Alexa Rank yang No Data atau sekedar menaikkan Ranking Alexa blog yang turun.

Baca Juga
Cara Mengatasi Alexa Rank Blog Turun Menjadi No Data Cara Mengatasi Alexa Rank Blog Turun Menjadi No DataMembangun Blog Top 100.000 Versi Alexa

Melalui artikel ini saya ingin berbagi pengalaman dalam membangun blog baru hingga mampu masuk top 100.000 website terbaik versi Alexa.

Melalui Blog Sendiri


1. Update Artikel Secara Konsisten

Penyebab utama alexa rank turun yang paling sering saya temui adalah disebabkan oleh intensitas update artikel yang tidak dilakukan secara konsisten, idealnya sebuah blog diupdate 1 minggu sekali atau minimal 1 bulan sekali, jika lebih dari itu maka ada kemungkinan akan terjadi penurunan visitor yang akan diikuti dengan penurun alexa rank blog.

2. Cari Backlink Berkualitas

Ranking alexa blog turun juga bisa disebabkan oleh minimnya pasokan backlink yang didapat oleh blog tersebut, apalagi jika blog lawan-lawan Anda sering diberi makan backlink, maka bisa dipastikan ranking blog Anda di SERP akan terjun bebas dan pada akhirnya juga akan menyebabkan ranking alexa blog Anda menurun.

Melalui Web / Blog Lain


3. Tambahkan Internal Link Pada Setiap Artikel

Selain pemberian backlink (link dari luar situs) kita juga sebaiknya mencantumkan setidaknya 1 atau 2 internal link dalam setiap artikel yang kita buat, internal link berfungsi untuk meningkatkan bounce rate blog agar waktu kunjungan menjadi lebih lama, semakin lama pengunjung berada di suatu situs maka semakin baik pula reputasi blog tersebut di mata Alexa.

4. Tingkatkan Social Signal

Social signal dari situs media sosial juga bisa mengatasi ranking alexa blog yang turun. Jadi cobalah untuk membagikan artikel Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google+, karena disamping meningkatkan social signal kita juga akan mendapatkan backlink dan pengunjung.

Melalui Situs Alexa


5. Claim Blog Anda di Situs Alexa

Alexa menyediakan fitur claim, yang berfungsi untuk memverifikasi kepemelikikan asli suatu website / blog. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi http://www.alexa.com/siteinfo/namasitusanda.com lalu scroll kebawah dan klik tombol 'claim this site' selanjutnya silahkan ikuti panduan yang diberikan oleh Alexa.

6. Pasang Alexa Toolbar

Sudah menjadi rahasia umum jika konon katanya cara paling mudah untuk mengatsi alexa blog yang turun atau no data adalah dengan memasang alexa toolbar pada browser yang digunakan, jadi setiap kita melakukan kunjungan pada blog (misal blog kita sendiri) maka Alexa akan menghitungnya sebagai kunjungan yang valid. Meski demikian Alexa sudah mengkonfirmasi melalui blog resminya bahwa Alexa tidak menggunakan patokan Alexa Toolbar atau lebih jelasnya bisa kalian baca disini Myths About the Alexa.

Keenam tips singkat mengatasi alexa rank blog turun yang saya tulis diatas masing-masing terdiri dari 2 pengoptimalan yang bisa Anda lakukan dari dalam blog (update artikel & internal link), luar blog (backlink & social signal) dan dari situs alexa itu sendiri (claim & alexa toolbar).

Perlu diketahui bahwa ranking tiap website / blog yang disajikan di situs Alexa adalah ranking domain tersebut bukan ranking halaman artikel.

Baca juga Part 2 : Cara Meningkatkan Alexa Rank

Saya akui Alexa Rank memang tidak terlalu akurat, karena saya punya beberapa blog dan salah satu blog yang memiliki banyak traffic justru ranking alexanya dibawah blog yang trafficnya jauh lebih sedikit, tapi sebenarnya sangat menyenangkan jika kita bisa mendapatkan ranking tinggi di Alexa.

Menyenangkan dalam artian kita bisa menggunakan ranking alexa yang tinggi untuk menarik minat advertiser agar mau memasang iklan di blog atau bisa juga sebagai nilai tambah saat kita berniat untuk menjual blog tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Alexa Rank Blog Turun Menjadi No Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel