Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google Adsense

 Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis artikel di Blog, apalagi Blog tersebut bisa kita buat secara gratis (tanpa biaya hosting ataupun sewa domain). Semua itu bisa didapat jika kita telah menjadi Publisher di Google AdSense dan yang tak kalah penting juga harus memiliki Blog yang banyak pengunjung.

Jadi, disini saya ingin mengatakan bahwa kunci sukses dari bisnis Google AdSense adalah Pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang Anda dapat, maka semakin besar pula pendapatan yang akan Anda peroleh, atau mudahnya jumlah pengunjung di blog berbanding lurus dengan penghasilan yang akan Anda dapat.

Artikel ini saya persembahkan untuk Anda yang benar-benar masih pemula dalam Google AdSense, jadi sengaja saya kupas semuanya dari mulai menjelasakn pengertian Google AdSense, cara daftar AdSense agar diterima, sampai saya rela membagikan rahasia saya dalam meningkatkan pendapatan Google AdSense, atau lebih jelasnya mengenai apa yang akan kita pelajari bisa And lihat pada tabeli Index disamping.

Apa itu Google Adsense ? Sekilas Tentang Pengertian Google AdSense


Mungkin ada sebagian dari Anda yang masih belum mengetahui Apa itu Google AdSense, untuk itu saya akan menjelasakannya secara singkat dan jelas. Google AdSense adalah sebuah program yang didirikan oleh Google untuk melakukan kerjasama periklanan antara Publisher dan Google itu sendiri. Publisher sendiri adalah orang yang menerbitkan iklan di Blog atau si pemilik blog tersebut.

Sistem atau cara kerja Google AdSense sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan sistem PPC atau Pay Per Click. Artinya kita akan dibayar / dapat uang setiap iklan yang diklik oleh pengunjung Blog. Jadi skemanya seperti ini :

Banyak Pengunjung > Banyak Klik > Banyak Uang

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa kunci kesuksesan Google AdSense adalah tergantung berapa banyak pengunjung yang Anda dapat dan juga beberapa faktor lain yang nanti akan kita bahas dibawah.

Cara Mudah Mendaftar Google AdSense ( Full Approved )


Dulu, atau tepatnya sebelum tahun 2014, ada satu cara mendaftar Google AdSense yang benar-benar mudah (mudah diterima) yaitu dengan menggunakan Youtube, jadi kita daftar AdSense di Youtube, lalu memasangnya di Blog.

Namun sayangnya, kini cara tersebut sudah tidak bisa kita gunakan lagi. Tapi tenang saja, saya akan membagikan tips tentang bagaimaan cara mendaftar / membuat akun Google Adsense agar cepat diterima (full approved).

  1. Buatlah blog dengan niche HPK

    HPK adalah High Paying Keyword atau kata kunci yang setiap kliknya dihargai sangat mahal, untuk mengetahui kata kunci / keyword apa saja yang termasuk dalam HPK Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner, atau jika tidak mau repot saya sudah menyediakan Daftar Niche Blog Terbaik untuk AdSense.

  2. Tulis 2 - 5 artikel Original

    Sejujurnya saya tidak tahu pasti berapa artikel minimal yang harus kita buat, karena ada beberapa pengalaman teman saya yang diapprove hanya dengan dua artikel saja. Jadi intinya bukan berapa banyak artikel namun seberepa berkualitas artikel yang Anda buat.

  3. Gunakan TLD dengan KOD

    Peran TLD atau Top Level Domain dan KOD (Keyword on Domain) sangatlah penting untuk membantu Blog Anda bisa sukses daftar Google AdSense karena ini akan membantu Google untuk mengetahui niche apa yang Anda usung.

  4. Buat halaman Contact, About, Privacy dan Disclaimer

    Keempat halaman tersebut sangat disarankan untuk Anda buat, tujuannya tak lain dan tak bukan adalah agar Blog yang Anda buat terlihat profesional dan jelas siapa pemiliknya (bukan anonim).

Setelah semua jadi, silahkan tunggu beberapa hari (mungkn 1 - 2 hari saja) intinya tunggu sampai semua artikel terindeks di Google, setelah itu silahkan Daftar Google AdSense, saya yakin 99% akan diterima, karena Google itu sangat menyukai Blog yang spesifik, karena ini akan memudahkan mereka dalam mentargetkan iklan. Baca Tips Memilih Niche Blog yang Bagus dan Benar.

Jika Anda sudah melakukan keempat cara diatas namun tetap belum berhasil di approve oleh Google AdSense, maka Anda bisa mencoba panduan mendaftar AdSense yang lebih lengkap di artikel ini Cara Daftar Google AdSense Agar Diterima.

Cara Memasang Google Adsense Di Blog


Disini saya anggap Anda sudah berhasil mendapatkan akun Google AdSense dengan cara diatas, jadi sekarang kita lanjut untuk memasang iklan dari AdSense ke dalam Blog.

Sederhananya, untuk bisa memasang iklan Google AdSense di Blog, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat iklan di situs Google AdSense terlebih dahuli, barulah nanti kita akan memasukkannya ke Blog. Untuk lebih jelasnya bisa Anda ikuti langkah dibawah.

Cara Buat Iklan di Situs Google AdSense


Untuk membuat unit iklan baru di Google AdSense sejujurnya bukan hal yang susah, karena disini Anda bisa membuatnya secara otomatis melalui menu My Ads, atau lebih jelasnya Anda bisa mengikuti panduan membuat iklan baru di Google AdSense, dibawah ini.

  1. Silahkan buka Dashboard AdSense Anda

     Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

    Selanjutnya silahkan klik pada menu My Ads, letaknya pas disebalah kiri menu Home.

  2. Klik Ad New Unit

     Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

    Untuk membuat iklan baru, silahkan Anda klik tombol Ad New Unit, tunggu beberapa saat hingga muncul Pop Up.

  3. Masukkan Nama Iklan

     Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

    Nama iklan ini boleh Anda namakan sembarang, gunanya adalah untuk mengingatkan Anda, misal Anda bisa beri nama 'header' juga tidak apa-apa, selanjutnya pilih ukuran, warna, dan jenis iklan, biasanya saya membiarkan default, jika sudah klik Save and Get Code.

  4. Copy Code Iklan

     Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

    Akan muncul pop up yang berisikan kode iklan Google AdSense Anda, silahkan copy semuanya.

Selamat Anda sudah berhasil membuat satu iklan Google AdSense, jika Anda ingin membuatnya lagi, silahkan Anda ulangi langkah diatas dari awal, dan jangan lupa rubah ukuran iklan. Saya biasa menggunakan iklan 336x280, 300x250 dan 728x90. Intinya sesuaikan dengan template Anda, agar iklan bisa menyatu dengan template blog.

Cara Memasang Kode Iklan Google Adsense di Blog


Jika kita memasukkanya ke dalam template, maka kita wajib memparsenya terlebih dahulu, caranya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu mengunjungi situs unuk meng-encode kode iklan dari Google Adsense. Contoh situs yang bisa Anda coba gunakan :

  • http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php
  • http://www.htmlparse.com/

Masukkan kode iklan Google Adsense ke salah satu dari situs diatas, lalu silahkan Anda klik Parse. Setelah proses mem-parse atau meng-encode kan selesai, silahkan Anda copy semua kodenya, dan selanjutnya pasang kode tersebut ke dalam Template Blog Anda.

Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense


Tugas kita tidak hanya selesai sampai memasang iklan Google Adsense di Blog saja, melainkan masih banyak pekerjaan lain yang harus kita lakukan, salah satunya adalah meningkatkan / memaksimalkan penghasilan Google AdSense.

  • Posisikan Iklan di Tempat yang Strategis

    Dimanakah tempat yang strategis itu ? diatas judul dan dibawah artikel, sejauh ini kedua tempat itulah yang akan menghasilkan banyak klik. Penjelasannya sederhana, saat orang membuka atau membaca artikel kita, maka fokus pertama mereka pasti untuk membaca judul, nah dengan menempatkan iklan di dekat judul artikel maka peluang untuk diklik akan tinggi, sementara iklan di bawah artikel mentargetkan orang yang barus selesai membaca artikel Anda.

  • Gunakan Template yang High CTR

    Jika Anda tidak mau repot-repot mengedit Template, maka saya sarankan Anda untuk langsung Download Template Blogger yang high CTR. Template seperti itu sangat mudah Anda temui, dan bahkan jumlahnya ada banyak sekali di Internet dari yang gratis sampai yang berbayar, untuk yang gratis contohnya seperti template Brosense, sebuah mahakarya dari Mas Sugeng, atau cara lain adalah dengan membuat template versi Anda sendiri. untuk panduan lengkap membuat template silahkan baca disini Cara Membuat Template.

  • Tingkatkan Pendapatan per Klik (CPC)

    Setidaknya ada 7 Cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan CPC hingga 2x lipat (berdasarkan pengalaman saya) yaitu dengan memposting artikel dengan kata kunci yang masuk kedalam HPK Google AdSense Indonesia, selain itu masih ada 6 cara lagi untuk meningkatkan CPC AdSense, jika tertarik maka Anda bisa membacanya disini Cara Meningkatkan Pendapatan PerKlik (CPC) AdSense.

Cara mendaptkan uang dari Google AdSense sebenarnya lebih mudah ketimbang cara meningkatkannya, karena jika ingin meningkatkan penghasilan dari Google Adsense, maka kita perlu melakukan riset atau percobaan, jadi cara yang saya berhasil saya gunakan mungkin akan hasilnya tidak akan sama saat Anda gunakan. Jadi disinilah pentingnya melakukan eskperimen sendiri untuk mencari tahu mana cara paling tepat untuk meningkatkan penghasilan Google Adsense.

Cara Mencairkan Pembayaran Adsense Dengan Western Union


Setelah perjalan panjang dalam mendapatkan uang dari Blog, maka kini saatnya kita menikmati hasil dari kerja keras kita tersebut. Yap ini adalah saat yang paling ditunggu-tunggu para publisher Adsense yaitu masa-masa PIP/PI.

Disini saya akan mencoba membagikan pengalaman saya bagaimana cara mencairkan penghasilan kita dari Google Adsense menggunakan Wester Union atau sering disingkat WU.

  1. Pastikan akun Anda sudah memenuhi syarat minimum untuk bisa Payout

     Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

    Syarat minimumnya adalah $100, jadi jika akun Anda balance-nya masih dibawah $100 maka mohon maaf, Anda tidak bisa mencairkannya, namun jika penghasilan yang tertaksir sudah mencapai $100 atau diatasnya, maka selamat Anda bisa mencairkannya.

  2. Buka menu Payment

     Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

    Ini adalah menu pembayaran, jadi record atau rekam jejak pembayaran yang kita dapat tiap bulannya bisa dilihat pada menu Payment ini.

  3. Klik Automatic Payment

     Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

    Masih di menu Payment tadi, silahkan Anda klik maka akan terbuka halaman baru yang berisi informasi mengenai data diri Anda dan juga nomor MTCN dan jumlah dollar yang dikirimkan ke Anda.

Itu adalah proses untuk mendapatkan MTCN Google AdSense. selanjutnya kita akan mencairkannya melalui tempat-tempat yang mendukung pembayaran Western Union seperti Bank atau Kantor Pos.

  1. Kunjungi agen WU terdekat

    Anda boleh pilih mana saja, baik Kantor Pos ataupun Bank. Namun perlu Anda ketahui bahwa keduanya tidak sama, artinya saat mencairkan di Bank dan Kantor Pos, maka penghasilan yang akan diterima akan berbeda, ini dikarena sistem kurs yang digunakan juga berbeda. Tapi jangan khwatir, perbedaanya paling cuma Rp. 1 - 100.

  2. Isi kertas pengambilan WU

    Ada dua kertas disana, saya harap Anda tidak salah ambil kertas WU untuk pengiriman uang. Jadi pastikan Anda mengisi yang berwarna kuning (untuk pengambilan uang).

    Beberapa hal yang harus Anda isi adalah :

    • Nama Anda
    • Alamat
    • Nama Pengirim (isi Google Inc)
    • Alamat Pengirim (isi Dublin 4, Irlandia)

    Selanjutnya masukkan Nomor MTCN dan juga Nominal pendapatan Anda, jangan lupa isi juga tanda tangan Anda pada kolom paling bawah.

  3. Berikan surat tersebut ke mbak / mas CS

    Ini adalah langkah akhir pengambilan uang di WU, yaitu Cap Tiga Jari, sebagai bukti bahwa Anda adalah penerima uang yang sebenarnya.

Mudah bukan ? tidak sampai 5 Menit (jika tidak antre) maka nda sudah bisa merasakan hasil dari kerjas Anda selama bermain Google Adsense.

Alternatif Google AdSense


Jika cara mendaftar Google AdSense yang saya berikan tidak bekerja untuk Anda, dan di lain sisi Anda juga sudah menyerah untuk membuat atau mendapatkan akun Google AdSense (GA), maka Anda tidak perlu khawatir, karena perogram PPC didunia ini bukanlah GA semata, masih banyak Program PPC Alternatif GA seperti :

  • Media.Net
  • Clicksor
  • Adblade
  • Infolink
  • Kontera

Intinya selama Anda mempunyai pengunjung Blog yang banyak, maka Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara untuk memonetize atau menguangkan Blog tersebut, selengkapnya mengenai cara apa saja yang bisa Anda coba untuk mendatangkan uang dari Blog bisa Anda baca disini Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

Cara lain untuk mendapatkan uang dari Internet selain Google AdSense juga bisa Anda pelajari melalui artikel berikut ini Cara Mendapatkan Uang dari Internet.

AdSense Infographic dari Pemula untuk Pemula


 Siapa yang tak senang jika mendapat gaji jutaan rupiah dari Internet hanya dari menulis a Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google AdSense

Dengan begini maka selesai sudah rangkaian Tutorial seputar Google Adsense kali ini. Semoga apa yang saya bagikan diatas, bisa memberikn manfaat untuk teman-teman semua, khususnya yang ingin fokus Belajar AdSense.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Cara Agar Sukses Bisnis Google Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel