7 Persiapan Yang Wajib Dilakukan Sebelum Memulai Usaha

persiapan wajib dilakukan sebelum memulai usaha 7 Persiapan Yang Wajib Dilakukan Sebelum Memulai Usaha

Persiapan untuk memulai usaha bisa dibilang cukup sederhana, karena yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan ide bisnis serta dana untuk memulai usaha dan jika kedua hal tersebut sudah terpenuhi, maka bisnis pun sudah siap untuk dijalankan.

Memang terlihat sederhana, namun jika Anda mengharapkan usaha yang Anda jalankan bisa sukses dan berkembang, maka masih ada beberapa poin lain yang juga harus Anda persiapkan sebelum memulai usaha, kabar baiknya di artikel ini saya akan berbagi informasinya kepada Anda.

1. Cari Bidang Usaha Yang Potensial dan Prospektif


Mencari ide usaha adalah langkah awal dan sekaligus menjadi poin terpenting sebelum memulai usaha, karena pada tahap inilah prospek bisnis Anda akan ditentukan.

Dalam memilih bidang usaha, setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu dari segi Permintaan, Persaingan dan Prospek.

Jika bidang usaha yang Anda pilih mempunyai indikator positif dari ketiga hal diatas, maka bisa saya katakan bahwa usaha yang Anda jalankan merupakan bidang usaha tepat karena termasuk dalam bisnis prospektif dan potensial.

2. Buat Pembukuan / Catatan Keuangan


Untuk menjaga perputaran uang dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih transparan serta jelas, maka dibutuhkanlah pembukuan mengenai catatan keuangan.

Bisnis skala kecil atau biasa disebut Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) mungkin masih bisa ditangani oleh Anda sendiri, namun jika bisnis tersebut sudah cukup besar dan Anda merasa sudah tidak dapat menanganinya-nya, maka itu artinya Anda membutuhkan peran jasa akuntan.

3. Persiapkan Nama Merk


Merk (brand) merupakan identitas produk, itu sebabnya merk yang akan Anda pilih setidaknya harus mampu mereprentasikan brand pada bisnis yang Anda jalankan.

Nama, desain logo, serta pemilihan warna sebaiknya juga benar-benar Anda perhatikan. Nama merk yang dipilih pastikan memiliki arti atau makna, desain logo sebaiknya tidak perlu terlalu ribet agar mudah diingat dan dalam pemilihan warna usahakan tidak memilih warna yang mencolok.

Baca juga : Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

4. Temukan Target Pasar


Menemukan target pasar penting dilakukan untuk membantu mensukseskan proses pemasaran, karena tanpa adanya market yang jelas, maka bisa dipastikan proses pemasaran tidak akan berjalan dengan maksimal.

Target pasar juga akan membantu Anda dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat, sederhananya jika target pasar pada usaha Anda adalah anak kecil maka cara promosinya pun bisa dipastikan akan berbeda dibanding mereka yang memiliki usaha dengan target pasar remaja / orang dewasa.

Baca juga : Ide Wirausaha Untuk Mahasiswa Muda

5. Maksimalkan Koneksi Yang Anda Miliki


Hal ini penting dilakukan, tujuannya untuk meningkatkan korelasi. Karena bisnis yang besar adalah bisnis yang dijalankan oleh banyak orang bukan perorangan.

Jadi sebelum memulai usaha, tidak ada salahnya untuk mencari koneksi sebanyak-banyaknya serta membangun kerjasama usaha dengan para wirausaha sukses agar nantinya usaha yang Anda jalankan bisa berkembang dengan pesat serta mengurangi resiko kegagalan dalam berwirausaha.

Semakin besar koneksi yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang untuk mencapai kesuksesan, itu sebanya koneksi disebut sebagai kunci kesukesan dalam berbisnis.

6. Menentukan Lokasi Bisnis Yang Strategis


Diawal artikel saya meminta Anda untuk menemukan target pasar, hal tersebut bertujuan untuk membantu dalam menemukan lokasi bisnis, karena pada dasarnya lokasi bisnis yang strategi adalah yang berlokasi di sekitar / berdekatan dengan target pasar.

Selain itu, lokasi bisnis yang Anda pilih sebaiknya memiliki akses yang mudah dan usahakan berada pada lokasi yang mudah terlihat dan sering dilalui oleh transportasi umum.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

7. Pikirkan Tentang Strategi Pemasaran Yang Efektif dan Efisien


Hal yang tak kalah wajib untuk Anda perhatikan sebelum memulai usaha adalah penentuan strategi pemasaran. Jika diatas saya katakan bahwa memilih jenis usaha merupakan dasar dari bisnis, maka pemasaran merupakan ujung tombak dari bisnis.

Memikirkan strategi pemasaran yang tepat merupakan persiapan yang wajib dilakukan sebelum memulai usaha, karena fase inilah yang akan menjadi penentu apakah produk yang nantinya Anda tawarkan akan terjual / tidak.

Bicara mengenai strategi pemasaran sebenarnya sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, jadi sepertinya tidak perlu saya bahas panjangan lebar disini, jika Anda tertarik untuk mempelajari strategi pemasaran yang efektif silahkan pelajari melalui artikel berikut ini cara promosi yang efektif dan efisien.

Strategi pemasaran online juga sebaiknya Anda pertimbangkan, karena potensi pembeli bisa ribuan kali lebih besar dibanding promosi offline. Selain itu promosi dengan media online juga terbilang lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan promosi menggunakan media cetak.

Baca juga : 5 Peluang Usaha Modal Kecil

* menjalankan usaha tidak harus dengan model besar, dengan modal kecil pun juga bisa dilakukan asal ada niat dan kemauan.

Itulah ketujuh persiapan yang wajib dilakukan sebelum memulai usaha. Secara singkat bisa disimpulkan bahwa hal terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha adalah :

Mencari bidang usaha > Membuat catatan keuangan > Menemukan target pasar > Memaksimalkan koneksi > Menentukan lokasi bisnis > Menentukan strategi pemasaran

Jika Anda sudah mempersiapkan ketujuh poin yang saya sebutkan diatas, maka bisa dikatakan bahwa usaha yang Anda pilih tersebut sudah siap untuk dijalankan dan tentunya memiliki potensi yang tinggi untuk mencapai kesuksesan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Persiapan Yang Wajib Dilakukan Sebelum Memulai Usaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel