7 Manfaat Blog Bagi Para Pelaku Bisnis Online Shop

Manfaat Blog Bagi Para Pelaku Bisnis Online Shop 7 Manfaat Blog Bagi Para Pelaku Bisnis Online Shop

Membahas manfaat blog sama halnya dengan menghitung ikan di lautan. Ada banyak sekali manfaatnya, namun di artikel ini saya hanya akan fokus membahas manfaat blog di bidang bisnis, khususnya bagi para pelaku bisnis online shop.

Sesuai judul ditas, artikel ini sengaja saya fokuskan untuk membahas manfaat blog untuk para pelaku bisnis online bukan membahas tentang manfaat website, dan saya yakin Anda sudah paham perbedaan website dan blog, bukan ? jika belum silahkan baca perbedaanya disini.

Secara garis manfaat blog di bidang bisnis online dibagi menjadi dua, yaitu manfaat blog dari sisi penjual dan manfaat blog dari sisi pembeli. Jadi untuk mempermudah Anda dalam memahami artikel ini, maka saya akan menjelaskan dari kedua sisi.

Manfaat Blog untuk Pelaku Bisnis Online ( Penjual )


1. Mendapat Lebih Banyak Pelanggan

Dengan membuat blog, maka akan terbuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Tentunya pelanggan-pelanggan ini tidak datang dengan sendiri, melainkan harus dipancing.

Cara memancing calon pelanggan baru menggunakan blog sama halnya dengan cara mendapatkan pengunjung, jadi Anda harus menyiapkan artikel yang relevan dengan kata kunci yang sudah ditargetkan sebelumnya,

Perbedaan antara mencari pengunjung dan calon pelanggan ada pada penargetkan keyword :

  • Jika mencari pengunjung blog, maka fokuslah untuk mencari keyword dengan jumlah pencarian tinggi.
  • Jika mencari calon pelanggan, keyword yang ditargetkan haruslah berupa profitable keyword.

Secara sederhana, profitable keyword bisa diartikan sebagai kata kunci yang menguntungkan atau kata kunci yang mampu mendatangkan calon pelanggan, seperti "review (nama produk)", "kelebihan kekurangan (nama produk", dll.

2. Membantu Mengenalkan Produk Baru

Inilah salah satu manfaat blog bagi bisnis online yang cukup vital, yaitu untuk membantu Anda dalam mengenalkan produk-produk baru kepada calon pelanggan.

Seperti kita ketahui bahwa blog memiliki fitur Timeline yang artinya berita yang baru Anda publikasikan akan secara otomatis diletakkan pada urutan tertas.

Dengan blog pula kita tidak perlu takut kehabisan bandwitch atau diskspace, karena sebanyak apapun foto produk yang Anda upload, tidak akan mengurangi jatah resource, karena pada dasarnya blog menyediakan resource unlimited untuk penggunanya.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas erat kaitannya dengan kedekatakan, dengan blog maka loyalitas pelanggan kepada Anda akan semakin mudah terbentuk. Hal ini karena blog sifatnya adalah personal.

Jadi, apa yang Anda tulis di blog akan terasa lebih personal diibanding saat Anda menuliskannya di website toko online, jadi benar-benar perhatikan detail tulisan yang akan Anda publikasikan di blog.

4. Mengumpulkan Feedback Dari Pelanggan

Feedback sangat berperan penting bagi keberlangsungan bisnis online, karena dari feedback inilah nantinya kita akan mendapatkan berbagai informasi penting terkait perubahan apa yang sebaiknya dilakukan.

Dengan adanya blog akan membantu memudahkan Anda untuk mendapatkan feedback dari para pelanggan, karena blog sendiri termasuk dalam web 2.0 yang mengedapnkan komunikasi dua arah.

Dalam Feedback

5. Mendapatkan Lebih Banyak List Email

Memasang widget newsletter di blog akan sangat berguna untuk mendapatkan lebih banyak list email dari calon pelanggan.

Email-email tersebutlah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk keperluan promosi, namun pastikan bahwa pengiriman email tidak dilakukan secara membabi-buta.

Anda bisa memanfaatkan email client seperti :

  • MailChimp
  • GetResponse
  • Aweber

Yang perlu diketahui adalah, dalam berbagai kasus, mempertahankan list email jauh lebih susah dibandingkan membangun, jadi jangan sekali-kali melakukan spamming.

Manfaat Blog untuk Pelaku Bisnis Online ( Pembeli )


6. Memudahkan Pembeli Dalam Hal Komunikasi

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa blog sifatnya adalah personal, maka untuk proses berkomunikasi pun juga pastinya akan jauh lebih mudah.

Dimana pembeli hanya perlu meninggalkan komentar di blog tersebut, sekalipun tidak ada admin yang online, kemungkinan besar akan dibalas oleh oleh orang lain, jadi selain lebih mudah juga lebih cepat.

7. Mencari Informasi Menjadi Lebih Mudah

Blog adalah media yang up to date atau istilahnya dinamis, tidak seperti website yang bersifat statis, jadi untuk mendapatkan informasi terkini, blog jauh lebih unggul.

Informasi terdahulu, misalnya tentang promo pada bulan lalu, tetap akan terdokumentasikan dengan baik, hal ini jelas tak sama dengan website, karena pada website tidak memiliki fitur archive layaknya di blog.

Setelah membaca berbagai manfaat blog untuk bisnis yang sudah saya jelasan diatas, pastinya tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak membuat blog.

Jika memang membutuhkan panduan untuk buat blog baru, silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara membuat blog yang dilengkapi dengan video tutorial, jadi pastinya tutorial membuat blog tersebut akan mudah dipahami, oleh pemula sekalipun.

Semoga artikel singkat ini bisa memberikan informasi bagi para pelaku bisnis online tentang manfaat blog bagi kesuksesan bisnis online yang mereka jalankan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Manfaat Blog Bagi Para Pelaku Bisnis Online Shop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel