6 Tips Dan Trik Melakukan Pencarian Efektif Di Google

Tips dan Trik Pencarian Efektif di Google 6 Tips dan Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google

Sampai saat ini diperkirakan ada lebih dari satu juta triliun informasi yang terdapat di internet. Untuk mencari informasi sesuai yang diinginkan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan mesin pencari (search engines) seperti Google. Meskipun faktanya terdapat banyak sekali mesin pencari selain Google seperti misalnya Bing, Yandex atau Baidu, namun tetap saja Google yang menjadi primadona, karena dianggap mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat.

Selain hasil pencarian yang akurat, Google juga memiliki kelebihan lain, yaitu adanya fitur Search Operator. Sesuai namanya fitur Search Operator ini befungsi untuk membantu para pengguna mendapatkan hasil pencarian akurat dengan cara menambahkan operator (perintah) dalam bentuk syntax.

Tips & Trik Pencarian dengan Google


Melalui artikel inilah saya akan mencoba berbagi tips dan trik dalam melakukan pencarian yang efektif menggunakan search operator untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan keywords / kata kunci yang kita ketikan.

1. Around

Around akan membantu kita untuk mencari kata yang berada di bagian tengah suatu kalimat. Sebagai contoh, saya ingin mencari kata yang terdapat di lirik lagu bintang kecil.


SyntaxContoh
"query1" around(n) "query2""bintang kecil" around(3) "biru"

Dari contoh diatas, Google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan situs yang mempunyai format atau pola kalimat sebagai berikut "bintang kecil (kata1) (kata2) (kata3) biru".



2. Quotation

Jika Anda ingin mencari informasi mengenai suatu kalimat, maka Anda perlu mengunakan search operator quotation, agar hasil pencarian sesuai yang Anda inginkan.

SyntaxContoh
"query""presiden ri pertama adalah"

Pada contoh diatas, Google hanya akan menampilakn hasil pencarian terhadap situs yang di dalam artikelnya mengandung kalimat diatas (urut).



3. Site

Fitur Search Operator Site berfungsi untuk memfokuskan hasil pencarian Google pada satu situs. Hal ini sangat bermanfaat untuk digunakan pada situs yang tidak dilengkapi dengan fitur search / pencarian.

SyntaxContoh
"site:url""site:berguruseo.blogspot.com"

Seluruh artikel dan juga halaman static pada blog berguruseo akan ditampilkan pada hasil pencarian Google.



4. Hyphen

Hyphen atau tanda penghubung memiliki fungsi untuk mengecualikan sebuah kata, agar situs yang mengandung kata tersebut tidak ditampilkan pada hasil pencarian.

SyntaxContoh
"-query""jakarta -banjir"

Untuk mencari informasi tentang kota jakarta namun Anda tidak ingin mencari informasi yang berkaitan dengan banjir di jakarta, maka gunakan hyphen pada kata banjir.



5. Filetype

Filetype merupakan search operator yang bisa kita gunakan untuk mencari jenis / format / extension file di Google. Beberapa contoh format yang bisa Anda gunakan adalah “.pdf”, “.docx”, “.ppt” atau “.xls”.

SyntaxContoh
"filetype:format""dasar seo filetype:pdf"

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan ebook gratis tentang SEO atau tentang apa saja adalah dengan menambahkan filetype:pdf di akhir pencarian ebook yang ingin Anda download.



6. Allintile

Allintile akan membantu kita untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan. Karena hanya situs dengan judul artikel yang mengandung kata kunci (query) lah yang akan ditampilkan.

SyntaxContoh
"allintile:query1 query2 query 3""allintile:panduan memulai bisnis"

Pada contoh diatas hanya situs yang memiliki artikel dengan judul "panduan memulai bisnis" yang akan ditampilkan di hasil pencarian.

Cara Menggabungkan Search Operator Google


Trik untuk melakukan pencarian yang efektif selanjutnya adalah menggabungkan berbagai search operator yang terdapat pada Google. Jadi utnuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat kita bisa menggabungkan 2 atau lebih search operator sekaligus dalam 1 pencarian.

Contoh
site:google.com filetype:pdf allintile:belajar bisnis -online

Syntax diatas akan menampilkan hasil pencarian pada situs Google yang berkaitan dengan bisnis offline karena kita mengecualikan kata online dan hanya halaman yang berisi pdf saja yang ditampilkan di hasil pencarian.

Saya rasa itu dulu tips dan trik agar efektif dalam melakukan pencarian google yang saya ketahui, selebihnya jika ada

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Tips Dan Trik Melakukan Pencarian Efektif Di Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel