6 Cara Meningkatkan Alexa Rank Dengan Mudah Dan Cepat

 Setiap blogger tentu ingin mendapatkan Ranking Alexa yang kecil  6 Cara Meningkatkan Alexa Rank dengan Mudah dan Cepat

Setiap blogger tentu ingin mendapatkan Ranking Alexa yang kecil / ramping bukan ? kalau boleh jujur, sebenarnya untuk mencapai hal tersebut (alexa ramping) bukanlah pekerjaan yang susah, selama kita mengetahui bagaimana cara kerja Alexa Rank, atau minimal kita harus mengetahui indikator yang digunakan oleh Alexa dalam meranking suatu situs.

Seperti yang kita semua ketahui, Alexa menggunakan ranking yang terdiri dari Angka antara 1 - 30.000.000, semakin kecil ranking alexa yang diperoleh maka semakin baik pula blog / wesbite, selain dengan angka, Alexa juga menggunakan ranking No Data pada situs-situs yang baru dibua atau situs yang belum / tidak mendapatkan ranking (diatas 30 juta).

Sejauh yang saya tahu, Alexa Rank menggunakan indikator traffic untuk meranking suatu situs, selain traffic tentunya ada beberapa faktor lain. Faktor Lain inilah yang nanti akan kita bahas di artikel ini. Sebelum membahasnya saya akan menjelaska dulu mengenai pengertian Alexa Rank.

Apa itu Alexa Rank ?


Alexa adalah website yang berisi informasi mengenai data suatu situs yang ada di internet, mulai dari traffic, backlink sampai keyword terpopuler.

Alexa mempunyai algoritma yang bertugas untuk merannking suatu situs, yang disebut sebagai Alexa Rank.

Alexa Rank dibedakan lagi menjadi dua :

  • Alexa Global Rank
  • Alexa Traffic Ranks

Alexa Rank ( Alexa Global Rank ) ini sangat berbeda dengan Page Rank yang dikeluarkan oleh Google, dimana Alexa Rank sama sekali tidak ada kaitannya dengan SEO, jadi meskipun Ranking Alexa blog Anda ramping, tidak ada jaminan Blog tersebut mendapat nilai tambah dari Google, hal ini berbeda dengan Page Rank, dulu Page Rank (PR) merupakan indikator yang melambangkan kekuatan SEO dari suatu Blog, semakin besar = semakin kuat di SERP.

Berapa lama Alexa Rank di Update ?


Alexa Rank mengupdate ranking blog / website hampir setiap hari, tetapi juga tidak pasti, karena tergantung dari masing-masing situs, selama blog tersebut rajin update maka ALexa Rank pada blog akan terus terupdate. Dengan kata lain, cepat / lambatnya update Alexa Rank tergantung dari intensitas update dari suatu Blog.

Sementara untuk Alexa Traffic Ranks, sejauh yang saya tahu pihak Alexa mengupdatenya setiap 1 bulan sekali.

Bagaimana Cara Kerja Alexa Rank ?


Seperti yang saya katakan diaatas Alexa Rank memiliki algoritma sendiri untuk meranking suatu situs, yang didasarkan atas Jumlah Traffic, Intensitas Update dan Jumlah Backlink.

Meskipun ada faktor lain, namun yang pasti ketiga faktor diatas yang paling digunakan Alexa dalam menentukan ranking sebuah situs.

Jadi dari sini kita sudah punya sedikit gambaran tentang Faktor yang Mempengaruhi besar kecilnya Alexa Rank pada sebuah situs. Namun yang perlu dicatat adalah ketika Anda memperhatikan Alexa Traffic Rank sesungguhnya hal tersebut bukanlah jumlah traffic yang sebenarnya, karena Alexa Rank hanya menghitung berdasarkan orang yang menggunakan Alexa Toolbars.

Jadi baik itu Alexa Global Rank maupun Alexa Traffic Ranks, semuanya didasarkan atas tool dari Alexa itu sendiri, dalam hal ini adalah :

  • Alexa Toolbars, dan
  • Alexa Widget

Namun tentunya yang tahu pasti mengenai cara kerja / algoritma dari Alexa Rank hanya pihak Alexa sendiri yang tahu.

Apakah Alexa Rank itu Penting ?


Tergantung, dari sisi mana Anda melihatnya, jika Anda melihat dari SEO maka Alexa Rank sama sekali tidak ada hubunganya atau dengan kata lain di mata Search Enginge (google, bing, yahoo) Alexa Rank tidaklah penting, karena Alexa Rank tidak termasuk dalam Ranking Factors.

Namun, jika Anda melihatnya dari sisi Advertising (iklan) maka Alexa Rank sangat penting, dengan kata lain para Advertiser akan melihat Alexa Rank pada suatu blog / web terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk memasang iklan di blog / web tersebut.

Alexa Rank juga bisa menjadi senjata ampuh untuk mematok slot iklan dengan harga yang mahal.

Jadi, dari sini bisa diatarik kesimpulan bahwa Alexa Rank itu penting di mata Advertiser dan sama sekali tidak penting di mata Search Engine.

Bagaimana Cara Meingkatkkan Alexa Rank ?


Kita masuk pada pembahasan utama yaitu tentang cara meningkatkan alexa rank, dimana seperti yang sudah saya katakan diatas, secara garis besar, Alexa menggunakan tiga faktor utama yaitu :

  • Jumlah Traffic
  • Intensitas Update
  • Jumlah Backlink

Lebih dari itu tentu masih ada faktor / cara lain untuk meningkatkan alexa rank pada suatu blog / website. Sesuai janji saya diatas, maka saya akan menjelaskan faktor lain apa saja yang bisa untuk menignkatkan alexa rank, tentunya selain dari ketiga faktor utama diatas.

1. Pasang Alexa Toolbar di Browser Anda


Sudah menjadi rahasia umum bahwa Alexa Toolbar akan membantu mempercepat peningkatan ranking suatu blog / web yang dikunjungi. Jadi semakin banyak orang yang menggunakan Alexa Toolbar di browsernya (dan mengunjungi blog Anda tentunya) maka Alexa Rank pada situs tersebut akan semakin meningkat dengan cepat.

Jadi jika Anda ingin dnegan cepat meningkatkan Alexa Rank, maka silahkan Download dan Install Alexa Toolbar, selanjutnya biarkan Alexa Toolbar bekerja untuk Blog Anda.

2. Claim Situs Anda di Alexa


Dengan mengclaim situs di Alexa itu artinya Anda akan membantu Alexa untuk mentrack blog / web, jadi secara langsung hal ini akan membantu meningkatkan Alexa Rank, karena Alexa bisa dengan mudah mengenali situs yang sudah di claim, karena syarat untuk mengclaim haruslah memasang verification ID di bagian Head pada template.

Cara claim Alexa saya rasa sudah banyak yang mengetahui, namun jika belum Anda bisa mengunjungi http://www.alexa.com/siteinfo/berguruseo.blogspot.com (ubah berguruseo dengan alamat blog / web anda) lalu klik Edit Site Info, selanjutnya ikuti arahan dari Alexa dimana Anda dianjurkan untuk memasang Alexa Verification ID, jika sudah terpasang silahkan klik Verify.

3. Tambahkan Alexa Widget di Website Anda


Cara meingkatkan alexa rank yang ketiga adalah dnegan memasang Alexa Widget di web / blog Anda, saya rasa cara ini sudah banyak yang tahu, dan juga menjadi pro dan kontra, tapi sejauh survei yang saya lakukan lebih banyak pro dibanding kontra.

Jadi jika tertarik Anda bisa memasang Alexa Widget di bagian sidebar / footer pada blog Anda, cara memasang alexa rank pada blog / website sangat mudah, Anda hanya perlu memasang script ini <a href="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=yoursite.com"></script></a> di bagian dalam template Anda. (ganti yoursite.com dengan alamat situs anda).

4. Ajak Orang Lain untuk MeReview Website Anda


Silahkan Anda ajak orang lain untuk melakukan review pada Webiste Anda di Alexa, hal ini bisa dipastikan akan membuat Web / Blog Anda mempunyai reputasi baik di mata Alexa dan secara tidak langsung juga sangat ampuh untuk menignkatkan alexa rank pada Blog / Web Anda.

Cara mudah untuk mendapatkan banyak review di Alexa adalah dengan mengadakan salrev atau saling review, jadi misal Anda review blog / web orang lain, lalu selanjutnya orang lain tersebut harus mereview blog / web Anda, dengan membuat kesepakatan sebelumnya.

5. Rajin BlogWalking


Selain berpotensi untuk meningkatkan Alexa Rank, blogwalking juga ampuh untuk meningkatkan SEO pada Blog Anda, karena dengan Blogwalking akan ada duakeuntungan yang bakal Anda dapat :

  • Backlink
  • Visitor

Jadi ibarat pepatah, sekali mendayung dua tiga pulai terlampaui.

6. Rajin Posting


Ini adalah cara menignkatkan alexa rank yang terakhir dan sekaligus menjadi cara terampuh dan termudah untuk menignkatkan alexa rank, yaitu dengan rutin update minimal 1x dalam 1 hari. Jika Anda tidak bisa online setiap hari, maka bisa diakali dengan cara membuat beberapa artikel sekaligus dan menjadwalnya untuk diposting setiap hari.

Dijamin setelah 1 bulan Alexa Rank Anda akan meningkat drastis, dari yang No Data bisa langsung berada di kisaran jutaan ( < 10 juta ).

6 Cara Meningkatkan Alexa Rank yang saya sebutkan diatas, tentu bisa dengan Mudah Anda lakukan bukan ? dan jika masih kurang puas dengan keenam cara mingkatkan alexa rank blog / web tersebut Anda bisa mencoba cara pamungkas untuk merampingkan alexa rank, yang bisa Anda baca disini https://pekanpos.blogspot.com/search?q=cara-merampingkan-alexa-rank.

Itu saja dari saya, sekian dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Meningkatkan Alexa Rank Dengan Mudah Dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel