10 Kunci Keberhasilan Meraih Kesuksesan Dalam Bisnis



Kunci sukses bisnis adalah fokus. Kalimat tersebut mungkin sering kita dengar dalam berbagai seminar bisnis. Fokus memang kunci sukses dalam menjalankan bisnis, namun bukanlah satu-satunya. Dengan kata lain masih banyak variabel yang mempengaruhi keberhasilan atau kesuksesan bisnis.

Melalui artikel ini saya akan mencoba mengupas apa saja faktor yang menjadi kunci keberhasilan bisnis dan setidaknya ada 10 buah variabel yang sebaiknya Anda lakukan agar mampu meraih kesukses dalam berbisnis.


1. Mulai Dari Yang Disukai


Dalam menentukan jenis bisnis, bukan hanya soal profit atau uang, namun juga harus dipertimbangkan apakah bisnis tersebut sesuai dengan passion Anda atau tidak, karena tak jarang sebuah bisnis gagal karena tak ada kemauan keras untuk mengurus / menjalankannya.

Berbeda jika bisnis yang dijalankan adalah apa yang Anda sukai, maka dalam menjalankan bisnis, bisa dipastikan akan selalu bersemangat dan semangat inilah yang akan membawa kesuksesan dalam bisnis tersebut.

2. Miliki Integritas Yang Tinggi


Tantangan dalam bisnis bukan bagaimana cara menjadi sukses namun tantangan sebenarnya adalah bagaimana cara mempertahankan kesuksesan bisnis. Sebuah bisnis bisa runtuh dalam sekejap (hanya) karena hilangnya integritas.

Integritas atau karakter yang baik akan mempermudah Anda untuk mendapatkan rekan kerja, memperbanyak peluang dan menjauhkan Anda dari resiko kegagalan berbisnis.

3. Memelihara Relasi


Relasi kepada pelanggan sangat penting untuk dilakukan. Para pengusaha sukses selalu tau cara untuk memelihara relasi dengan para pelanggannya, itulah yang membuat bisnis yang mereka jalankan mampu meraih kesuksesan.

Relasi akan meningkatkan loyalitas pembeli dan bukan tidak mungkin akan menciptakan efek viral tersendiri bagi bisnis Anda, misalnya dipromosikan dari mulut ke mulut oleh si pelanggan loyal tersebut.

4. Tingkatkan Kemampuan Diri


Jangan segan untuk bertanya dan belajar dari orang lain khususnya para pengusaha lain yang lebih dulu sukses, karena hal tersebut akan membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan diri.

Jadi mulailah menambah pengetahuan dengan belajar dan terus belajar dari wirausahawan yang menggeluti bidang yang sama.

5. Inovasi dan Kreasi


Bisnis tak selalu manis, ada kalanya sebuah bisnis berada pada masa-masa sulit, masa dimana barang / produk yang Anda tawarkan sudah tidak lagi relevan dengan permintaan.

Untuk itulah dibutuhkan inovasi dan kreasi yang akan membantu mencegah sebuah bisnis agar terhindar dari keterpurukan. Disini Anda akan mengerti betapa mahalnya ide.

6. Cari Orang Yang Mau Mendanai


Carilah partner yang mampu membantu Anda utamanya dalam hal finansial atau sering disebut para investor, karena pada dasarnya setiap bisnis pasti memiliki resiko. Jika bekerja bersama dengan investor, maka Anda tidak akan menanggung resiko sendirian.

Para investor sebenarnya bukan hanya kaan membantu Anda dalam hal pendanaan saja, namun lebih dari itu juga akan memberikan kunci sukses dalam berbisnis karena pada dasarnya tidak ada investor yang mau melihat klien-nya rugi.

7. Rekrut Karyawan Dengan Jeli


Karyawan adalah partner atau rekan kerja Anda, jadi pastikan Anda melakukan proses rekrutmen dengan jeli. Jangan sampai Anda merekrut karyawan yang pada akhirnya justru menghalangi atau menghambat mencapai visi Anda dalam berbisnis. Jadi pastikan rekrut karyawan dengan hati-hati.

8. Buat Blog Bukan Website


Buatlah sebuah blog bukan website perusahaan. Anda pasti tahu kan perbedaan blog dan website ? ya, karena pada dasarnya blog memberi kedekatan yang lebih dibandingkan website.

Website memang penting untuk keperluan branding, namun tak ada salahnya Anda juga membuat blog untuk memelihara relasi dengan pelanggan Anda. Pelajari bagaimana cara membuat blog.

9. Miliki Prinsip 3M


3M adalah tips sukses bisnis yang digagas oleh Lina Thong, seorang CEO dari sebuah perusahaan penyedia jasa. 3M sendiri memiliki makna Mau, Mampu dan Money, dalam berbisnis Anda harus memiliki ketiga hal tersebut.

Mau berarti harus memiliki passion, mampu atau memiliki keahlian pada bidang bisnis yang digeluti dan money yang artinya memiliki dana cukup untuk memulai, mempertahankan dan mengembangkan bisnis.

10. Fokus Pada Tujuan Akhir


Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, maka bayangkan kesuksesan bisnis, dengan begitu Anda akan menjadi lebih fokus untuk menggapainya.

Membayangkan tujuan akhir atau dalam hal ini adalah kesuksesan, jelas dan nyata akan membantu bisnis yang kita jalankan menjadi lebih baik karena kita sudah memiliki tujuan atau fokus yang jelas.

Dengan memahami kesepuluh kunci sukses bisnis diatas saya harapkan Anda lebih percaya diri dalam memulai bisnis, karena tidak bisa dipungkiri bahwa resiko bisnis akan selalu ada dan kegagalan tidak boleh menghentikan langkah kita, bahkan seharusnya mampu kita jadikan sebagai sebuah pelajaran yang berharga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Kunci Keberhasilan Meraih Kesuksesan Dalam Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel