10 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

 Bisa dapat uang dari hobi itu sesuatu yang menurut saya sangat menyenangkan 10 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Untuk Pemula

Bisa dapat uang dari hobi itu sesuatu yang menurut saya sangat menyenangkan, terlebih uang yang bisa didapat memiliki nominal yang cukup besar, bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah, dan hobi yang saya maksud tersebut adalah ngeblog / blogging.

Bagi sebagian orang, blogging mungkin hanya menjadi ajang untuk menyalurkan apa yang ada di dalam pikiran menjadi sebuah tulisan, namun bagi sebagian lainnya, hobi blogging justru dimanfaatkan untuk mencari uang atau dari internet.

Nah, tujuan utama saya menulis artikel ini adalah untuk memberikan informasi kepada Anda yang ingin menghasilkan uang dari blog melalui hobi Anda tersebut, yaitu Blogging.

Saya rasa cukup basa-basinya, jadi disini saya akan memberikan 10 cara mendapatkan uang dari blog dengan mudah, cepat, gratis dan pastinya sudah terbukti, tetapi sebenarnya judul yang paling tepat untuk artikel ini 10 langkah mendapatkan uang dari blog, dimana saya tidak hanya memberikan informasi mengenai tempat / situs untuk mencari duit dari blog, melainkan juga saya berikan step / langkah-langkah untuk bisa mendapatkannya dari awal, dengan tujuan artikel cara mendapatkan uang dari blog ini bisa dengan mudah dipahami untuk pemula sekalipun.

Langkah 1. Buat Blog


Ada banyak situs yang menyediakan layanan microblogging seperti misalnya Tumblr, Wordpress, Blogger dan Mywapblog. Dari keempat situs tersebut, tentu mereka memberikan pelayanan / fasilitas yang berbeda-beda, misalnya :

Tumblr dengan fitur Post Feed
Wordpress memiliki fasilitas Social Share yang menarik
Blogger yang kaya dengan template, atau
Mywapblog yang mempunyai tampilan Mobile Friendly

Jadi semua memiliki kekurangan dan kelebih masing-masing, namun dari sekian banyak penyedia layanan blogging yang ada di internet, Blogger lah yang terbaik dan paling cocok untuk pemula. Jadi saya sarankan jika Anda masih bingung meilih untuk buat blog dimana, maka saran saya cobalah untuk menggunakan Blogger, dan tutorial lengkap untuk membuat blog dari Blogger juga sudah saya jelaskan secara detail menggunakan gambar dan video yang bisa Anda baca disini Cara Membuat Blog.

Langkah 2. Menentukan Niche


Saya harap sampai sini, minimal Anda sudah memiliki 1 blog (lebih banyak lebih baik), jadi langkah selanjutnya adalah menentukan niche atau tema dari Blog yang Anda buat tersebut. Ada banyak sekali niche yang bisa Anda coba, dan yang berikut beberapa contoh niche yang paling populer / paling banyak dipilih oleh blogger indonesia :

  • Gadget / Internet
  • Kesehatan
  • Kecantikkan
  • Bisnis
  • Resep Masakan

Kelima niche diatas juga bisa Anda jadikan referensi dalam menentukan niche blog. Alasan kenapa 5 niche tersebut sangat populer di kalangan blogger adalah karena CPC / Nilai per klik dari kata kunci yang ada pada niche tersebut sangat tinggi, penjelasan mengenai apa itu CPC akan kita bahas dibawah.

Baca juga : 7 Niche Blog Terbaik

Langkah 3. Tulis Artikel Berkualitas


Setelah selesai memilih niche blog, maka langkah selanjutnya adalah membuat artikel yang berkualitas dari niche yang Anda pilih tersebut. Artikel berkualitas tidak selamanya harus panjang atau harus lebih dari 500 kata, itu tidak perlu, yang terpenting adalah artikel yang Anda buat haruslah memberikan inspirasi atau minimal mampu membantu memberikan penyelesaian dari masalah yang sedang mereka cari.

Jadi tidak peduli berapaun jumlah kata yang ada di artikel tersebut, karena patokan untuk menentukan apakah artikel tersebut berkualitas atau tidak bukan dilihat dari banyaknya kata, melainkan dari seberapa manfaat artikel yang Anda buat.

Menulis artikel berkualitas saya akui memang tidak mudah, namun saya punya trik untuk membantu Anda agar lebih mudah dalam menulis, masalahnya trik tersebut cukup panjang dan tidak mungkin saya jelaskan disini, jadi silahkan Anda baca triknya di artikel ini

Artikel terkait : Cara Menulis Artikel Yang Disukai Pengunjung

Langkah 4. Promosikan Blog Anda


Media Sosial merupakan salah satu tempat yang paling tepat untuk mempromosikan blog Anda, selain karena gratis, jumlah pengguna yang mencapai ratusan juta juga menjadi salah satu alasan mengapa media sosial menjadi tempat terbaik untk berpromosi.

Sampai saat ini ada 3 media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Dalam mempromosikan blog di media sosial juga ada etikanya, jadi tidak bisa asal membagikan link seenaknya.

Tips untuk yang ingin mempromosikan blog di Facebook, pertama buatlah Fanpage dengan nama yang menarik misalnya Komunitas Blogger, bingung cara membuat fanpage silahkan baca cara membuat fanpage, selanjutnya masukkan deskripsi dan link blog Anda, jika sudah jadi tulis artikel bermanfaat, lalu undang teman Anda untuk menyukai fanpage tersebut, jika fans (orang yang like) fanpage tersebut sudah banyak, maka itu artinya Fanpage sudah siap digunakan untuk mempromosikan Blog.

Langkah 5. Buatlah Strategi Pemasaran


Pemasaran / Marketing merupakan cara terbaik untuk membuat blog, agar bisa berkembang dan menjadi besar dengan cepat, bangun hubungan yang harmonis dengan banyak orang. Intinya disini kita akan membuat sebuah network / jaringan yang akan memudahkan kita dalam mengenalkan blog kita kepada umum.

Salah satu caranya adalah dengan mencari rekan kerja (partner) sesama blogger, jadi Anda bisa bertukar pikiran dengan partner Anda tersebut untuk mencapai tujuan besar bersama.

Selain itu sering-seringlah berinteraski dengan banyak orang di media sosial, itu akan membantu Anda untuk memperluas jaringan.

Artikel pendukung : Belajar Internet Marketing

Langkah 6. Membangun Daftar Email


Membangun Daftar Email atau sering disebut sebagai email list, merupakan salah satu cara yang cukup penting untuk dilakukan jika Anda ingin sukses dalam mengelola blog. Jadi peran email dalam marketing atau membesarkan blog juga sangat penting.

Dengan memiliki email list yang banyak maka kita bisa menggunakanya untuk berbagai hal, misalnya untuk berpromosi, atau jika sewaktu-waktu Anda ingin pindah blog / migrsi, maka email list ini sangat berguna untuk memberitahukan kepada subcriber Anda tentang blog baru yang Anda buat tersebut.

Tak hanya itu, sifat email yang pribadi, juga bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa / produk ekslusif, jadi harga yang Anda patok bisa sedikit dimahalkan, karena sifatnya yang ekslusif.

Langkah 7. Dapatkan Feedback dari Pengunjung


Feedback sangatlah penting untuk membantu blog Anda menjadi lebih baik. Karena dengan adanya feedback maka kita bisa mengetahui apakah blog yang kita buat sudah berjalan di jalan yang benar sesuai yang diinginkan pengunjung atau tidak.

Dan semua itu hanya bisa didapat dari Feedback pengunjung. Jadi usahakan untuk memberikan halaman About yang menjelaskan dimana mereka bisa mengubungi Anda, atau jauh lebih baik jika Anda menyediakan Contact Form.

Langkah 8. Meningkatkan Konten Blog


Tingkatkan kualitas konten yang ada di Blog Anda dari waktu ke waktu, ini berguna untuk mempertahankan dan sekaligus meningkatkan kunjungan.

Jadi kita wajib untuk konsiten dalam menulis artikel. Jika kita fokus dalam mengembangkan konten maka, perlahan tapi pasti blog yang Anda buat akan terlihat profesional dan yang pasti akan mempermudah Anda dalam mendapatkan pengunjung.

Langkah 9. Menguangkan Blog Anda


Ini adalah tahap dimana kita siap untuk menghasilkan uang dari blog, yap tahap Monetize / Menguangkan Blog. Disini saya akan memberitahukan 2 Cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan uang dari Blog :

  • AdSense

     Bisa dapat uang dari hobi itu sesuatu yang menurut saya sangat menyenangkan 10 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Untuk Pemula

    AdSense adalah program kerjasama periklanan yang diselenggarakan oleh Google. Jadi peran Google disini adalah sebagai Network yang menjembatani antara Advertiser (pengiklan) dengan Publisher (penerbit iklan). Dan peran kita disini adalah sebagai Publisher yang akan memasang iklan daru Advertiser ke blog kita.

    Penghasilan yang akan kita dapat tergantung dari jumlah klik yang kita peroleh, semakin banyak orang yang klik iklan di blog kita, maka penghasilan atau uang yang akan kita dapat juga akan semakin besar, sistem inilah yang dinamakan CPC (cost per click).

    Panduan lengkap dari mulai cara mendaftar adsense, meningkatkan cpc adsense, sampai cara mencairkan pemabayaran dari Google AdSense sudah saya bahs semuanya disini Belajar Google AdSense.

  • Amazon

     Bisa dapat uang dari hobi itu sesuatu yang menurut saya sangat menyenangkan 10 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Untuk Pemula

    Untuk mendapatkan uang dari Amazon kita bisa mencoba sistem Affiliate Marketing, cara kerjanya sanat sederhana, dimana tugas kita hanyalah menjadi perantara (affiliate) antara penjual & pembeli. Dan jika kita berhasil mempertemukan penjual dengan si pembeli melalui link affiliate kita, maka akan ada profit yang bakal kita dapat (beberapa persen dari harga barang).

    Salah satu tips agar bisa dengan mudah sukses dari Bisnis Online Affiliate Marketing di Amazon adalah dengan menawarkan produk mengggunakan video, jadi cara kerjanya kurang lebih seperti ini.

    1. Buat video promosi
    2. Upload ke situs web berbagi video seperti YouTube / Vimeo
    3. Masukkan link affiliasi Anda di deskripsi blog

    Alasan kenapa harus menggunakan video adalah karena orang zaman sekarang lebih suka menonton ketimbang membaca, selain itu gambar bergerak lebih disukai ketimbang deretan teks yang monoton.

Selain kedua cara diatas, tentu masih banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk menguangkan blog, namun sejauh ini dua cara diatas lah yang paling digemari saat ini, karena uang bisa dihasilkan dari kedua situs diatas sangat menggiurkan. Namun jika Anda meminta cara memonetisasi blog yang lain, maka silahkan baca artikel saya sebelumnya yang menjelaskan bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet.

Langkah 10. Pelajari, Ulangi, Modifikasi


Jika Anda sudah berhasil mengembangkan dan menghasilkan uang dari Blog, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengingat dan sekaligus mempelajari apa yang sudah Anda lakukan dari awal, kemudian mengulangi, dan memodifikasi untuk diterapkan di Blog baru.

Mempelajari kembali cara Anda mengembangkan Blog pertama dan membuatnya menjadi lebih baik di Blog kedua. Ini adalah jalan atau cara terbaik untuk melipat gandakan uang yang akan Anda dapat dari blog. Namun sekaligus menjadi cara yang cukup melelahkan, karena mau tak mau Anda harus konsisten menulis di kedua blog.

Kesimpulan


Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa cara mendapatkan uang dari blog itu ada banyak sekali, namun saya tidak menganjurkan Anda untuk mencoba semuanya, fokus pada satu teknik monetize sampai expert, selanjutnya barulah coba cara yang monetize yang baru. Satu hal yang perlu diingat bahwa untuk bisa menghasilkan uang dari blog itu butuh waktu dan tidak bisa instan. Jadi semua butuh proses yang tidak cepat, jadi jika saat ini Anda belum mendapatkan uang dari blog maka teruslah mencoba, namun pastikan Anda tidak hanya kerja keras tetapi juga kerja cerdas, karena dalam dunia bisnis akan ada banyak tantangan yang dihadapi, masalah yang menghalangi, ibarat jalan, kita harus pintar melihat celah mana harus kita lewati, dimana harus berputar, bahkan dimana harus berhenti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel