Dokumen Sistem Akuntansi Penggajian

Dokumen Sistem Akuntansi Penggajian - Dokumen yang dipakai dalam sistem akuntansi penggajian yakni (Mulyadi, 2001 : 375) terdiri dari:

a. Dokumen Pendukung Perubahan Gaji

Dokumen ini umumnya dikeluarkan oleh fungsi kepegawaian berupa surat-surat keputusan yang bersangkutan dengan karyawan.

b. Kartu Jam Hadir

Merupakan dokumen yang dipakai oleh oleh fungsi pencatat waktu untuk mencatat jam hadir setiap karyawan di Perusahaan. Catatan jam hadir karyawan ini sanggup berupa daftar hadir biasa, sanggup pula berbentuk kartu hadir yang diisi dengan mesin pencatat waktu.

c. Daftar Gaji Karyawan

Dokumen ini berisi jumlah honor setiap karyawan, dikurangi potongan-potongan berupa PPh pasal 21, utang karyawan, iuran untuk organisasi karyawan dan sebagainya.

d. Rekap Daftar Gaji

Dokumen ini dibentuk oleh fungsi pembuat daftar honor bersamaan dengan pembuat daftar honor yang berisi rincian besarnya honor beserta penggalan yang menjadi beban setiap karyawan.

e. Surat Pernyataan Gaji

Dokumen ini di gunakan sebagai catatan bagi setiap karyawan mengenai rincian honor yang di terima oleh setiap karyawan beserta potongan-potongannya.

f. Bukti Kas Keluar

Dokumen sistem akuntansi penggajian menyangkut bukti kas keluar ini merupakan perintah pengeluaran uang yang dibentuk oleh fungsi akuntansi kepada fungsi keuangan, menurut isu dalam daftar honor yang di terima oleh fungsi pembuat daftar gaji.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dokumen Sistem Akuntansi Penggajian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel